Archives

Atraksi lumba2

Field trip kali ini kakang sama sekolahnya nonton atraksi lumba2 di lanud Atang sanjaya.
Ga begitu jauh sih dari rumah, kira2 6km aja. Sebenernya ga perlu ikut juga sih, tapi gw pengen aja ajak zazu nonton lumba2.

Yang mana hari ini ayah juga berangkat ke malang sama paguyubannya.
Jadi deh nunggu ayah pergi baru gw sama zazu berangkat juga nyusul.
Nyampe sana tempatnya yang mana lapangan doang kebayang panasnya terik. Anak2 udah sampe dari jam 8 pagi dan baru dibuka jam 1/2 10 aja.
Tanya kenapa bisa salah datang jauh dari jam buka.
Kesian deh anak2 udah mandi keringet kan panas matahari pagi walopun sehat tetep aja panas cyiiiin.

Begitu masuk juga gerah banget deh dalemnya.
Karna barengan sekolah bayarnya lebih murah drpd kalo kita pergi sendiri.
HTM normal 25rb anak diatas 2 tahun bayar. Zazu amaaan hahahaha.
Berhubung paket sama sekolahan jadi HTMnya hanya 15rb aja buat gw pendamping, untuk kakang 30rb udah sama transportnya.

Langsung selfie kita berdua karna kakang pengennya duduk sama temen2nya di jajaran sebelah.

IMG_6561.JPG

IMG_6556.JPG

Dan kakang duduk sama temen2nya

IMG_6572.JPG

Selama pertunjukan zazu ga begitu rewel padahal keringetan banget.
Daaaan kita foto sama lumba2 looooh.

IMG_6576.JPG

Dan ternyata cetak foto yang harganya 40rb itu cuma selembar aja tanpa bingkai. Kita emak2 rempong Ibu2 protes dong karna pas ditawarin dia nunjukin foto yang udah pakai frame loh. Sudahlah drpd ribut ga jelas kita cetak aja fotonya ke baju hahahaha lebih masuk akal harganya cm 20rb aja. Bahan kaosnya? Ya kaya kaos2 partai lah hahahahaha.

IMG_6587.JPG

Pertunjukan ini berlangsung dari 16 oktober s/d 16 november 2014.

Jadi saran aja :
• kalo mau kesana mending pertunjukan paling pagi atau paling sore sekalian. Pertunjukan terakhir jam 5 sore, panas mungkin tapi ga mungkin sepanas siang jam 11-12 lah.
• Bawa kipas buat geber2.
• Bawa minum air dingin sendiri karna dimanapun tukang jualan ditempat kaya gitu harga pasti jadi 2x lipat.
• Pakai baju yang nyerap keringet.
• Kalo pakai jilbab pake yang simple ga usah turban atau shawl yang njelimet deh bisa sakit kepala dibuatnya.
• bawa cemilan sendiri.
• ga perlu pake high heels kalo heelsnya ga mau nancep ditanah yang merah dan basah 😖
• langsung pulang masuk mobil/angkot atau anak lo akan jerit2 banyak mainan diluar pertunjukan.

Advertisements

Porseni TK Al Kalam

20140406-105001.jpg

Rada basi sih hehehe, cuma mau share ke gelanggang samuderanya aja. Cerita tentang porseninya udah di postingan sebelumnya yang hectic banget saking banyak banget orang.

Pergi dari bogor jam 1/2 7 sampe ancol jam 9.15 seperti biasa macet di tol kota aja
Begitu sampai langsung cari toilet dong. Masyaallah kotor dan bau banget toiletnya, padahal ya ada yang stand by loh mba2 nya.
Lalu kakang lomba dan juara 1.

Kelar itu kita makan siang sebelum jalan ke gelanggang samudera.
Untuk tiket masuk karna ini rombongan sekolah dan hari biasa tiket 90rb/orang. Paket dari sekolah sih 250rb sudah sama bis dari sekolahan dan makan siang.

Wahana yang kita tonton pertama kali yaitu lumba2 dong for sure.

.

20140407-205708.jpg

Muka udah mateng banget yaa hahahaha.

>

20140407-205856.jpg

20140407-210424.jpg

Lalu gerah dan berdesakan bikin laper dan keleyengan! Makan bakso bersama lalat hijau yang bikin gw dirawat hahahaha.

Pertunjukan selanjutnya putri duyung dan lumba2.

>

20140407-210801.jpg

>

20140407-210828.jpg

Dari situ kita ke 4D. Ngarep yang diputer transformer ternyata kebagiannya dora the explorer. Tapi kakang happy dan adek zazu terus nenen.

>

20140407-211025.jpg

Abis itu cuman bisa liat 10 menit tengah2 pertunjukan singa laut karna udah ditunggu bis lebih dari 1/2 jam huahahaha, udah bagus yee ga ditinggal.

>

20140407-211149.jpg

Karna pertunjukan masing2 berlangsung kurang lebih sekitar 15-20menit dan jalan dari 1 wahana pertunjukan ke wahana lain makan waktu 5menit jadi waktu yang 4 jam hanya bisa dipakai nonton 4 wahana aja dipotong makan siang.

Tips yang mau ke ocean dream dan bawa anak2, apalagi perginya sendiri ga pake tour atau rombongan, berikut beberapa tips dari pengalaman gw kemaren.
– bawa bekal makanan lebih banyak dan banyakin makanan berat atau cemilan yang mengenyangkan yaa. Karna anak2 kalau kena panas dan ga mau diem energinya cepet abis dan biar ga lemes kudu makan* yaeyalah malih*
– baju ganti
– sendal jepit
– obat2an : sakit kepala, maag, antimo anak, penurun panas anak.
– stroller kalau bawa anak dibawah 5 tahun lumayan bakal dia tidur atau nampung tas tinggal dorong
– uang jajan buat beli oleh2 😂😂😂
– tissue basah dan kering
– portable potty
– air putih kalau bisa gendong galonnya karna disana air putih sangat berharga dan jadi mahal banget hahahahaa
– topi besar biar muka ga item

Usahakan pegang kalau perlu iket pake harnest itu ya anak2 apalagi kalau bertepatan sama acara sekolahan yang rempong emak2nya apalagi beberapa sekolah kmrn pake tour, meuni riweuh pisan.

Dan kalau mau pergi dihari biasa jangan weekend pastikan ga bentrok sama acara anak sekolahan, bisa ditlf dulu ke CS ancolnya kali yaa.

Selamat berlibur*ngimpi*;

Bakso bulat segede bola tenis..

Selain masakan sunda yang identik sama pedas gw juga mengidolakan bakso. Dimanapun, kapanpun ngeliat tukang bakso, entah yang rumahan atau gerobak mangkal maupun yang muter dan paling sedep kalo nemu tukang bakso yang dipikul. Gw dan temen sesama pencinta bakso menamakan itu bakso kampung.

Dulu tinggal disukabumi tempat nongkrong paling asoy di mang jai. Disitu terkenal baso besarnya yang emang gede banget segede bola tenis. Bakso mang jai juga dipenuhi remaja2 gaul sukabumi loh. Hihihihi. Alamatnya di jl ir H. Juanda alias dago.
Selain disitu ada juga bakso elka. Kenapa namanya elka karna tepat mangkal didepan apotik elka farma pada jaman dulu. Baksonya pindah juga tetep aja namanya bakso elka. Skrg bisa ditemuin di selamat toserba lantai 2.
Udah gt ada juga bakso benteng adanya di pengkolan benteng dan cm satu2nya bakso jadi gampang dicari. Terakhir baru tau kalo bakso depan moci kaswari itu enaaaak.

image

Sebenernya masih banyak bakso fav disukabumi.

Pindah ke bandung ga menyurutkan kecintaan akan bakso. Emang dasar cewe kebanyakan hobinya ya ngebakso. Ngekos di geger kalong nemu bakso malang terendeus sejagat raya. Dia mangkal depan vemeer, mulai habis magrib. Sekali makan bisa 2 mangkok minimal karna emang porsinya kecil. Ada juga bakso lalat/runtah(sampah) Ih menjijikan ya dengernya? Kenapa sih? Ya karna selain makan bakso kita juga harus piawai mengusir lalat yang pengen ikutan ngicipin. Itu baksonya ngantri edan2an deh. Enak banget karna kaya akan tetelan.
Di belakang BTM di jalan lapan ada bakso lapan. Baksonya lebih gede ukurannya dr bola tenis isinya daging giling yang kalo dipotong keluar minyaknya*glek*.

image

image

Pindah ke bogor ada bakso seuseupan di bantar jati. Itu enak juga karna pake keringan gaji. Juga ada bakso PMI yang isi daging endeus juga. Belum nemu si dibogor ini bakso yang nyes dihati dan endang bangbanh gurindang macam disukabumi dan bandung.
Kalo maen ke depok nemu bakso pakde yang muter. Udah 2 bulan setiap kedepok ga ketemu sama bakso pakde ini. Eh dasar rejeki si utun kmrn lagi laper2nya mangkal dia didepan rumah mertua. Ga ba bi bu langsung turun pesen baksonya.

image

Tapi ada tukang bakso jarang banget lewat depan rumah. Kalo beruntung ya bisa dapet sumsumnya. Baksonya juga enak sih.

image

Dengan maraknya yang beredar kalo bakso skrg pake daging babi, ngeri?jd ga mau makan bakso?ga juga sih. Soalnya selama ini makan bakso lama2 jadi kenal sama tukang baksonya dan jarang dari mereka beli lagi baksonya kebanyakan bikin sendiri. Ya insyallah kalo makan baca bismillah dan kita udh tanya bener2 sama pedagangnya mudah2an terhindar dari hal buruk yaitu bakso dari daging babi.
Ngomongin bakso jadi laper. Mari kita makan siang yuu.

Yayasan putri bunda bogor.

Alhamdulillah setelah sekian lama nyari panti asuhan di bogor nemu juga yayasan putri bunda. Itupun hasil nanya sama inda tempo hari.

Jujur aja kayanya udh lebih dr 1tahun kebelakang nyari panti asuhan itu susah banget. Sempet ketemu beberapa panti tapi ternyata anak2nya ga tinggal disitu.

Inda kasih tau sih 2 panti dan udh ditlf juga kmrn 22nya cm yg nama2 jalannya rada familiar sama kita ya patokan dan jalan ke panti bunda ini. Maklum lah gw sama ayah rada gagap peta hahahaha.

Akhirnya setelah tlf tanya patokan2nya perginya kita kesana. Sayangnya ujan gede banget nget ga bisa gw foto patokan2nya.

Petunjuknya kurang lebih mudah2an jelas yaa :

Gw jelasin dr arah parung aja ya.
Alamat lengkapnya jl kebon genep kampung carangpulang rt 3/6 kecamatan dramaga kab bogoe jawa barat.

★ Ambil jalan ke arah atang sanjaya terus sampai nemu perempatan lampu merah, kita ambil belokan kekanan arah dramaga ya, yang kalau belok kiri keyasmin, lurus cilendek.

★ Sampe ketemu perempatan masih lurus patokannya sebelah kiri pegadaian syariah dan sebrang jalan ada dealer yamaha.
Begitu ketemu pertigaan pertama kita ambil belokan ke kanan, sebenernya ada plang jalan alternatif ipb cm ketutup sama rambu jalan, yang jelas ada plang cifor.

★ Terus lurus sampe melewati kompleks taman firdaus sebelah kiri, rumah makan katineung sebelah kanan kira2 200 meter ada pertigaan kita ambil belok kiri. Lagi2 petunjuk jalannya dicorat coret pake pylox.

★ Ikutin aja jalannya rada berbelok2 tar ketemu sama gapura rw 03 situ gede dan nanti sebelah kanan kelurahan situ gede tepat didepannya ada belokan kekiri petunjuk arah jalan alternatif ipb kita belok kiri. Ga jauh dr belokan sebelah kanan ketemu pesantren al-quran al hadis kita terus. Kira2 500meter yayasan putri bunda sebelah kanan.

Dijalan itu lebih dari 3x kita bolak balik tlf ibu panti karna ga nemu petunjuk yang beliau kasih ke gw, sempet nyasar ke penangkaran rusa segala mana ujan super gede kiri kanan jalan pohon2 gede banget kita ga berani nerusin jalan, dan memang kelewat jauh banget.
Sampe ibu pantinya maaf2 pas kita dateng karna salah kasih petunjuk.
Pertama kali masuk gw langsung berdecak kagum, halamannya yang gede banget, bangunan yang asri, suasananya hommy banget, bersih dan apik. Diluar pohon2 jati berderet rapi. Begitu masuk rumah ibu panti gw langsung betah banget. Jadi bangunan ibu panti dan anaknya terpisah.

image

image

Ibu pantinya ramah banget usianya hampir 70 tahun. Dia tinggal sendiri dan mengurus panti sendiri. Jadi dia cerita adiknya yang punya panti itu dan dia sebagai ketua yayasan.
Panti ini dibangun tahun 2010. Baru mulai bulan maret 2011. Anak2 panti itu dia cari dengan susah payah, dari jumlahnya yang hanya 1-2 orang skrg alhamdulillah sudah berjumlah 24 orang.
Beliau cerita jumlah anak yatimnya 10 orang sisanya duafa yang bener2 ibu sudah datangi rumahnya dan memang ga layak mereka benar2 tidak mampu. Mereka pengen banger bersekolah tapi ga punya biaya.

Ngedenger ceritanya betapa mulia kerjaan yang skrg dijalanin sama ibu sumarningsih ini. Sementara kadang gw masih suka ngeluh ini itu, padahal hidup gw jauh lebih enak drpd anak2 panti.
Sedikit2 gw kasih nasihat sama kakang bahwa dia jauh lebih beruntung drpd kakak2 yang ada disini, pengen susu kotak aja harus nunggu ada orang yang dateng beliin, sementara kakang bisa minta kapan saja, bisa minum kapan saja jadi harus dihabiskan, selalu inget temen2 disekitar kita yang kurang beruntung. Tentu aja ga sekaligus gw omonginnya ga akan masuk lah. Hehehe.
Dan kakang ga mau pulang hahahaha sempet pup segala disana betah dia, karna si ibu panti juga piara bebek buat jaga rumah. Jadi dia cerita kalau sering ada maling masuk. Astagfirullah masih ada aja ya orang mau maling sudah jelas2 itu panti asuhan. Tsk. Manusia makin lama makin ilang akal sehatnya.

Kondisi pantinya masih bagus karna mungkin masih baru yaa. Tapi fasilitas untuk anak2nya lengkap.

image

Karna dikebun belakang luas banget ibu panti mengajarkan anak2 berkebun juga. Kemaren liat ada tomat, bayam kemangi. Didepan panti pun ada pohon duren.

image

Jadi kalo kalian ada sedikit rejeki panti ini masih butuh  untuk disantuni yaa, mudah2an rejeki yang kita sharing sama mereka bermanfaat untuk mereka semua, amiiin.

Berikut nomer rekening apabila ingin donasi tapi ga memungkinkan untuk datang ke lokasi dan juga nomer tlf ibu yayasan ya.

image

image

Agrowisata gunung mas

Tanggal 23 mei 2012 kemaren sekolahnya kakang ngadain acara kaya darmawisata gitu kepuncak. Tadinya udah males bgt buat ikutan, cuma gara2 bujuk rayu mama2 yang lain yasu deh, pun udah berbekal ijin dari sang suami.

Malemnya karna cape banget kelar ngehias kue langsung tidur. Dan tumben2an bangun dari jam 4 lebih. Jam 7 kita sudah siap berangkat dan dianter sama ayah. Dari sekolah anak murid disuruh pake seragam olahraga, dan orangtuanya pake training. Emang dasar udh lama bgt ga pernah jogging,celana trening jaman dulu pun udh gw kasihin ke nyokap, jdlah gw ngubek2 tumpukan celana ayah. Namanya pun punya suami kurus,langsing singset nan semampai, sang istri pun pake celana trening suaminya, hasilnya perut sesek dan kedodoran bawahnya, hahaha.
Seperti biasa kebiasaan orang indonesia pada umumnya, tertulis jam keberangkatan jam 7 pagi, yaelah baru pergi jam 9an, dan yg bikin kesel pada pake baju pergi, gw serasa dateng ke pesta pake baju olahraga, ah tak apalah si ayah udh kasih tau kemungkinannya cuaca panas bgt kl untuk jalan2 ke kebun teh,udah pas kostum km ko bun, aaaah suamiku kau sungguh menyejukan jiwa dan raga*ngok*

Baru banget bayar karcis masuk sang anak gw yg emang menurunkan kebiasaan emaknya, karna byk makan snack dibis menjeritlah dia “bundaaa aku pengen puuuup”
Oke dan semua anak2 pun pada turun ikut2an kebelet pipis lah. Dan airnyaaa dingiiiiin bgt bok, gw rasa kl tinggal disitu mandi senen kemis kali yaa, hahaha. Kejadian kakinya ngebelesek ke cubluk lah nih anak, gggrrrrr.

Sampe tujuan langsung baris dan kita jalan naik ke atas, keperkebunan teh.

image

1. Bergaya setelah pup selesai,”aaaah legaa” *cubit gemes*
2. Dimulai dengan tanjakan yg bikin ngos2an.
3. Pemandangannya bagus banget deh bener, tempat ini emang cocok bgt buat piknik keluarga.
4. Ciiiiiss.
5. Nyureng kepanasan.
6. Cari tempat buat duduk dulu, padahal yaaa jalan juga belum ada 500 meter.
7. Yaaaa ngasooo duluuu.
8. Foto bersama sebagian orangtua murid, yg sebagian duduk2 manis ditempat istirahat*benci akuh*

Asli cuacanya pas, ga terlalu panas tapi juga ga mendung, pemandangan lukisan sang pencipta alam semesta sungguh sempurna,subhanallah. Gw ga berenti berdecak kagum sm pemandangan alam disini, yaa maklumin yaa dari kecil diajak jalannya ketempat keramaian terus, jd pas dibawa deket sama alam yaaa kaya monyet baru nemu pohon*manjat2*.

Dan usia pun ga bisa boong, ngejar anak yang lari ketanjakan ya ampyuuun bunda tak sanggup nak, tunggu aja bunda dipengkolan yaa*minum air segalon* *panggil tukang ojeg*
Tapi ada untungnya buat gw seorang narsis bisa foto2 ngabadiin moment keindahan alam walopun ga byk karna terlalu sibuk ngejar anak kecil yang kayanya doyan bgt diajak ke alam terbuka ky gini.

image

Kaya adegan film2 india gw pun berfoto disemak2 puun teh. Dasar kakang juga narsis nemu batu gede, “bunda foto dong aku”. Dan teman2nya pun ikut2an, hahahaha.

Dan lo tau pemandunya udah tuaaa, sekitaran umur 60 tahunan dan nyantai aja nanjak, ya dia udah biasa yaa, maklum kita2 ibu2 udah mah ga pernah olahraga pun jagain anak2, dan makannya byk, hahahaha jdnya byk lemak dan susah gerak.

Sampe ditempat awal dibagiin makan siang dan ga napsu deh, mcd. Nyuapin kakang dulu lumayan lah habis 3/4 dr porsi. Dan gw pun tergiur bgt sm sotomie yg nongkrong persis sebelah tiker kita, banyakin sambel, banyakin jeruk, segeeeeeer bgt deh,enaaaak. Apapun judulnya kl udah asem pedes urusan jd enaaak aja.

image

Perlombaan dimulai, kakang nolak ikutan lomba makan kerupuk. Gw dengan semangat ikutan lomba balap karung,bakiak dan tarik tambang. Tentu saja urusan loncat2 gw pemenangnya,hahaha kata mamanya caca “lo stuntmannya pocong ya, gila loncat lo cepet bener” -_-. Kamfreeetooo looo. Gw jawab aja “emang lo udh pernah liat pocong loncat2 secepet ini,ih gw sih ogah” hahaha.
Buat lomba bakiak kalah krn pas puter balik sepatu mamanya namira ketinggalan aja dong, bwuahahahaha, hampir aja gw ngompol ketawa2 ituh.
Lomba tarik tambang juga kalah, gmn ga lawannya ada bokapnya si enriel yg badannya 11-12 sama ade rai*tepok jidat* yg ada gw dpt memar2 karna jatuh.

Di bis miss2nya pada inisiatif ngadain kuisdpt hadiah langsung. Lumayan dpt 2 hadiah buku dan talenan+pisaunya.

Kalo mau kesana jangan lupa bawa tiker, bekal makanan kecil secukupnya, baju ganti, anduk, sejadah buat yang muslim krn mushola jauh jd kaya gw kmrn terpaksa solat beralaskan shawl gw, lotion anti nyamuk buat jaga2, baju renang yg mau menikmati air es.

HTM : 10000/ orang.
Bis*krn kmrn dateng pake bis* : 15000
Kolam renang : 15000
Berkuda : 15000
Soto mie : 10000

Ada tukang sate ayam, burger dan jajanan lainnya.*fokusnya makanan*

image

review mix grill steak nya suis butcher

Kalo ke bandung ga mampir ke suis butcher bukan kita namanya. Hehehe, steak andalan sejak jaman kuliah dulu. Selain porsinya yang buanyak dan besar, harganya juga bersahabat dikantong anak kuliahan.
Sekarang suis butcher buka cabang di jl riau alias RE martadinata.
Fav gw adalah mix grill. Karena isinya terdiri dari tenderloin steak, chicken steak, tbone dan lamb steak. Asik kan?hahahaha. Trs kita juga bisa request mashed potato, di menu kan kentang goreng.
Pelayanannya cepet, ga perlu nunggu lama, tempatnya cozy, disedian juga high chair(penting banget buat yang punya anak) tapi kmrn lebih milih disofa karna kakang tidur, hehehe.

Harganya worthed banget, mix grill seporsi itu 39500.
Kenyang, puas, senang.

Alpukat dan manfaatnya.

 

Alpukat, Si Lembut Bernutrisi Tinggi


BAYANGKAN, bila saat berbuka puasa Anda ditemani oleh semangkok minuman es teller. Wuiih, rasanya pasti nikmat sekali. Ada kelapa muda yang lembut terasa lezat di lidah. Rasa manis dari gula dan susu sungguh membuat badan menjadi bugar. Aroma wangi dari nangka membuat selera minum menjadi bergairah. Es batunya yang dingin membuat tenggorokan terasa segar. Dan yang tak kalah lezatnya… buah alpukatnya. Rasanya yang gurih, lezat, dan lembut dengan aroma khas membuat kita selalu ketagihan. Sayangnya, banyak orang terutama para wanita yang khawatir makan alpukat. Takut menjadi gemuk katanya. Benarkah?

Buah ini mempunyai nama latin persea gratissima gaertn dengan sinonim persea americana, mill. Di tatar Pasundan biasa disebut dengan apuket, alpuket, atau jambu walanda. Berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Diperkenalkan kepada penduduk Eropa oleh Martin Fernandez de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol pada tahun 1519. Sejak itulah, alpukat banyak dikenal oleh penduduk dunia. Sedangkan Belanda memperkenalkan ke Indonesia pada abad ke-19. Saat ini, negara-negara produsen penghasil alpukat adalah Amerika Serikat, Hawai, Australia, Kuba, Argentina dan Afrika Selatan.

Kandungan dan manfaat

Dalam buah alpukat terdapat berbagai zat dengan nutrisi yang sangat tinggi. Setiap buah alpukat memiliki kandungan 11 vitamin dan 14 mineral yang meliputi protein, niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), vitamin C, kalium. Kadar asam lemak jenuh pada buah alpukat tergolong rendah sehingga dapat dimakan oleh siapa saja dan berapa pun jumlahnya. Alpukat tergolong buah yang memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Buah alpukat mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin E dan Vitamin D. Kandungan terbanyak adalah vitamin A.

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) dan asam oleat yaitu suatu zat yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kanker termasuk kanker payudara.

Buah ini juga dikenal sebagai sumber lemak yang sangat tinggi, yaitu 14,66g per 100g. Kandungan lemak ini melebihi durian, yaitu mencapai dua kalinya. Hal itulah yang menyebabkan sebagian masyarakat menjadi khawatir untuk mengkonsumsinya, terutama kaum wanita dengan alasan takut menjadi gemuk. Faktanya, alpukat memang mengandung lemak yang tinggi tetapi umumnya terdapat dalam bentuk lemak tidak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid =MUFA).*penting banget nih buat kita para cewe yang takut makan alpukat*
Kandungan asam lemak jenuh pada alpukat adalah 2,13g/100g sedangkan lemak tidak jenuh tunggalnya (MUFA) mencapai 9,8g/100g. Mengonsumsi asam lemak dalam bentuk MUFA, seperti yang ada dalam alpukat, justru dapat memperbaiki kadar kolesterol dan memproteksi kerusakan arteri (pembuluh darah). Lemak alpukat juga mengandung asam lemak tidak jenuh ganda (PUFA) dengan kadar 1,82g/100g daging buah. Manfaat PUFA pada alpukat sama dengan yang ada pada ikan laut. Konsumsi MUFA dan PUFA dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan yang optimal bagi tubuh.

Bila Anda menderita sariawan, ambillah buah alpukat yang sudah matang. Beri 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Untuk yang kulit mukanya kering, ambil buah alpukat yang masak, lumatkan seperti bubur. Oleskan pada muka sebagai masker. Setelah mengering, basuh dengan air. Mudah kan? Masih takut makan alpukat? Rugi, lo!**

Toto Suhendro
Pendiri Istana Tanaman Obat TOGAPURI di Cilembu, terapis holistik berbasis herba, petani tanaman obat, mantan Ketua ASPETRI Jawa Barat.
**