Archives

Komunikasi yang efektif dalam pengasuhan anak

Jadi setiap bulan disekolahan kakang itu ada acara parenting. Dulu waktu gw menjabat hoek   sebagai ketua POMG rutin banget. Nara sumbernya ya dari kita2 ibu2 yang punya keahlian yang bisa dishare ke yang lain.

Alhamdulillah tahun ini ganti pengurus acara parenting tetep ada, tapi ya gitu deh isinya lo lagi lo lagi alias kita pengurus lama, dan juga ibu2 orangtua murid lainnya yang mana ibu2 TK B.
TK A nya cuma 3 orang!! Walah, piye iki?

Pengisi acara kemaren adalah Pa Oni Kelana alias Pak Oke.
Langsung aja ya ke materi. Kemarin itu bagus menurut gw materi yang dia bawain, berhubungan banget sama keseharian kita para orangtua yang sulit berkomunikasi sama anak2 kita.

Dalam keluarga penting banget mengadakan kegiatan bersama seperti sarapan dan makan malam. Karena di saat2 itulah kita bisa berkomunikasi dengan anak2 kita, entah soal kegiatannya disekolah, atau apa yang dia lakukan seharian.
Kadang sehari2 kita sibuk sama gadget ketika sedang bersama keluarga. Makanya ada pepatah, gadget, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.
Komunikasi itu sangat penting. Dari hal kecil aja kita perhatikan anak2 kita.
Dimulai dari keluarga, dalam sebuah keluarga itu kita harus bangun cinta, agar anak2 kita tumbuh menjadi anak yang ceria dan bahagia.

Kita harus jadi orangtua yang narsis. Ko narsis sih?Iya narsis disini bukan #selfie ya, tapi lebih ke percaya diri agar bisa menciptakan generasi yang takwa. Kalau orangtuanya percaya diri, anak percaya diri anak akan memiliki intelegensi yang akan menjadikan anak kompetensi.

Cara anak berkomunikasi adalah dengan 2 cara:

1. Verbal
2. Bahasa tubuh

Bagaimana cara kita berkomunikasi dengan pola pikir anak?karna kalau salah akan terdapat hambatan.
Ini berhubungan dengan otak kiri dan otak kanan. Karna anak usia 0-9 tahun didominasi oleh otak kanan sedangkan kita selalu mengajarkan secara step by step. Ga akan ketemu. Selalu hargai sekecil apapun prestasi anak. Apresi kita sangat penting untuk si anak.

Cara kita berbicara dengan anak :

1. Tidak bicara tergesa-gesa.
Sebab :
– Kemampuan anak menangkap pesan masih terbatas.
– Tidak memberi kesempatan pada anak untuk menganalisa pesan
Akibatnya :
Anak tidak memahami pesan yang disampaikan dan orang dewasa menjadi emosi.

Contoh :
Kita menyuruh anak untuk cepat2 pakai kaos kaki dan sepatu karna takut kesiangan kesekolah, anak belum sarapan.
Yang ditangkap anak hanya kata2 kita yang terakhir. Apalagi kalau anak kita laki2. Karna anak laki2 kemampuan menangkap pesan lebih sedikit dibandingkan dengan anak perempuan.

2. Membaca Bahasa tubuh anak
Sebab :
– Bahasa tubuh tidak pernah bohong
– titik artikulasi belum tepat
– komunikasi belum sempurna
Akibatnya :
– tidak akan memahami anak
– anak akan mudah sekali emosi

Contoh : kita memaksa anak untuk menghabiskan makanan karna takut si anak sakit, padahal bahasa tubuh si anak sudah seperti ingin muntah.

3. Mendengarkan perasaan.
Kalau anak bercerita dengarkan.
Caranya :
– tandai pesan jangkau rasa. Supaya dia bisa menyalurkan emosi. Saluran emosi yang positif akan menjadikan      anak memiliki kemampuan verbal yang meningkat.
– buka komunikasi dengan emosi.
Kita ikut berekspresi terhadap emosi si anak. Kita harus responsif.
contoh : si anak bersemangat cerita kalau tadi dia bikin pesawat terbang dari dus bekas disekolah, ekspresi kita
harus lebih bersemangat dari si anak, maka si anak akan merasa bahwa dirinya dihargai, dan ditanggapi.
Karna di usia golden age saluran otak anak berkembang lebih pesat. Anak sedang masanya mencari tahu.
Tatap matanya, berhadap2an, face to face.

4. Mendengarkan aktif
Untuk :
– membangun hubungan sosial.
Sejak kecil apabila kedua orangtuanya pendiam kemungkinan besar si anak pun akan menjadi anak yang pendiam. Karna pada saat usia golden age tidak ada memory tentang hubungan sosial dengan orangtua maupun orang lain yang tersimpan di long term memorynya.
– membangun percaya diri
Anak ekspresif lalu kita merespon, si anak menjadi percaya diri kemudian anak akan berprestasi.
Mulai dari rumah kita harus bangun hubungan sosial yang  baik. Karna kalau tidak anak akan mencari dari luar rumah kenyamanan yang seharusnya didapat dari keluarga.
Kita harus hati2 dengan mendidik anak di era global seperti sekarang ini, betapa dunia maya sangat jahat. Prefrontal cortex anak akan diracuni dengan hal2 seperti pornografi, kemampuan spiritual anak dikikis. Pada saat seseorang mendapatkan kenikmatan/kenyamanan saat menonton film yang berbau pornografi, hormon dopamin dilepas tetapi prefrontal cortex si anak belum tau atau belum bisa memutuskan/siap kalau itu salah atau benar.
Bagaimana anak mau mendengarkan kalau kita bicara? ya bangun komunikasi yang baik sejak anak usia dini.
Caranya :
Menjadi cermin yang memantulkan perasaan anak kemudian anak akan merasa dihargai.

5. Tentukan masalah siapa
Sebab:
– karna tidak semua anak butuh bantuan kita/membutuhkan bantuan yang diperlukan oleh anak.
Akibatnya :
– anak tidak terbiasa mengatasi masalahnya sendiri.
– anak menjadi ketergantungan
– anak tidak memiliki ketahanmalangan
– anak tidak terlatih untuk mengambil keputusan.

6. Gunakan pesan saya.
Untuk : melatih memahami perasaan oranglain.
Caranya misalnya :
Bunda perasaan kita takut kalau kode perilaku anak kakang naik2 ke jendela, karena nanti bisa jatuh konsekuensi yang ditanggung anak.

Apa yang harus dihindari :

1. Memojokan dengan rasa bersalah
Kondisi :
Meminta/membuat anak merasa bahwa dalam posisi orangtua resiko mengucilkan anak2nya dari mereka sendiri.
Harusnya :
membangun komunikasi dengan bertanya alasan dan kenapa, lalu beri dia dukungan. Jadi dia punya alasan kenapa tanpa ada rasa bersalah.
contohnya :
Anak bermain disekolakan, biarkan. Kalau sudah puas, tanya seru ga?dapet ikan?lalu sampaikan kalau disekolan itu banyak kuman, kotor tempat saluran pembuangan, kalau main didalam selokan kumannya bisa bikin sakit perut. Nanti ketika temennya ngajak main lagi masuk kedalam selokan maka si anak sudah tau resiko yang akan dia dapat kalau bermain didalam selokan.

2. Jangan menggunakan kata sarkasme atau sindiran
Kondisi :
Mengatakan hal yang berlebihan
Dampak nya anak akan sakit hati.

3. Menguliahi.
Kondisi : terlalu mengarahkan dan menyetir, anak tidak akan mendengar malah akan melakukan sebaliknya
Dampaknya anak akan kehilangan rasa percaya diri.

 

Jadi intinya dalam membangun komunikasi dengan anak kita harus apresiasikan apapun yang anak lakukan, buat hubungan sosial yang baik, komunikasi yang baik dengan anak agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

Advertisements

Demam dan penanganannya (1)

Sabtu, 28 april kemaren ikutan pesat 3 Bogor. Mudah2 an sharing gw tentang Demam, Common problems dan antibiotik dibawah bermanfaat ya man tereman. Gw akan rangkum per topik ya man tereman supaya bacanya ga boaring dan ga kepanjangan. Bahasanya maaf kalo ga teratur yak.

Pembicara pertama mba Putri Suhendro, katanya sih dia smart parents dari milis sehat nya dokter wati. Ehm tapi ngejelasinnya kurang yahud, jadi poinnya emang semua udah ada dimateri, dia cuma baca ulang aja materinya.

Topik pertama : Demam&Penanganannya

Demam merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai sama semua ibu dalam membesarkan anak. Ga ada deh kayanya anak kecil yang ga pernah demam, diseluruh dunia juga anak kecil pasti pernah demam. Ketika anak sakit yang panik udah pasti ibunya lah ya, nah biasanya yang keluar itu rasa cemas, khawatir, takut. Seringkali nih kalo udah gitu biasanya overtreatment, entah itu salah kasih obat, atau kasih obat tapi berlebihan, ujung2nya bukannya sembuh malah makin parah.

Demam itu anugerah. Reaksi tubuh, sinyal bahwa akan timbulnya suatu penyakit, suatu kondisi dimana tubuh kita lagi memerangi infeksi, walopun timbulnya demam belum tentu ada infeksi ya. Demam berfungsi sebagai alarm untuk memberitahukan bahwa tubuh kita ini lagi terjadi sesuatu, entah mau flu, atau memang kecapean, kurang tidur.

Tubuh kita ini sebenernya canggih, gimana ga udah diset sama Tuhan dilengkapi sama mekanisme pengaturan, termasuk suhu tubuh. Pusat pengaturan ini adanya di otak, yang ngatur adalah hipotalamus(termostat), dia ini bagian terkecil di otak kita dan pusat pengaturan suhu tubuh supaya tetep konstan, suhu normal tubuh manusia adalah 37’C. Gimana cara kerjanya si hipotalamus ini?tergantung input si termostat ini membentuk panas atau justru membuang panas/dingin.

Kalau suhu udara diluar dingin maka si hipotalamus bikin supaya kita ga kedinginan, caranya dia bikin set point nya naik, nah tugasnya si pyrogen( zat pencetus panas) jadi suhu tubuh kita naik, kita akan menggigil dan mengerutkan pembuluh darah. Jadi kalo musim dingin atau musim hujan kita akan menggigil dan tampak pucat.

Sebaliknya kalau udara diluar panas, maka tugas si hipotalamus menurunkan suhu tubuh kita,panas dikeluarkan maka kita akan berkeringat, pembuluh darah kita melebar dan pernafasan lebih cepat. Makanya kalo kita kepanasan, idealnya pasti kita keringetan dan tampak merah kaya kepiting rebus, hahahaha.

Yang sering terjadi dimasyarakat anak demam segera minum obat atau bawa ke dokter. Padahal kalo kita tahu, demam itu sinyal, sebaiknya hal yang pertama kita lakukan adalah:

  • Ukur suhu dengan thermometer bukan tanganmeter.
    Thermometer yang disarankan yaitu yang digital, bukan yang pake air raksa, kalo pecah air raksanya berbahaya kalo kehirup. Bukan juga yang ditempel di kuping, kalo ga pas juga ga akurat.
    Jangan ukur suhu anak ketika dia kelar mandi, karna suhu tubuhnya belum stabil. Khusus oral jangan ukur suhu setelah anak makan/minum panas/dingin, tunggu 20-30 menit kemudian baru ukur.
  • catat pola demam, cari penyebabnya, demam disertai apa?
  • perhatikan perilaku anak, kalo udah lemos2 sih yang paling penting jangan sampe kurang minum takutnya malah jadi dehidrasi.
  • Kompres air hangat.

Demam adalah kondisi dimana otak mematok suhu diatas suhu normal tubuh kita yaitu diatas 37’C. Nah bisa dibilang demam kalo tubuh kita suhu panasnya diatas 38,5’C selama 24 jam terus menerus. Oleh karena itu tubuh kita akan memanas karna peningkatan suhu tadi. Fasenya itu menggigil sampe kita mencapai suhu tubuh kita tinggi, lalu menetap baru turun.

Tadi gw sebut zat pencetus panas itu si pirogen. Apa yang menyebabkan peningkatan pembentukan pirogen? Banyak hal, kaya adanya infeksi, radang, keganasan, alergi, teething dll. Kita urai satu2 ya.

Inflammation/Radang

Radang itu penyebabkan bisa karna tubuh kita ini ada infeksi, atau juga bukan karna infeksi. Kalo radang disebabkan karna infeksi udah pasti penyebabnya tak lain dan tak bukan itu si kuman/bakteria, bisa juga infeksi karna virus, jamur, parasit. Tapi kebanyakan yang timbul pada anak2 bayi, batita dan balita itu ya penyebabnya virus.

Nah lalu penyebab radang tapi bukan karna ada infeksi itu bisa karna alergi, trauma, tumbuh gigi atau karena penyakit autoimun. Autoimun ini terjadi karna ada kesalahan “program’ didalam tubuh dimana organ tubuh dikira jadi “musuh” dan diserang oleh sistem imun.

Infeksi itu apa sih? Infeksi itu kejadian masuknya jasad renik atau micro organisme terkecil yang ga bisa diliat sama mata telanjang*aaaw* ke dalam tubuh kita, efeknya bisa nimbulin kita sakit kalo daya tahan tubuh kita lagi ga bagus, tapi kalo sistem imun kita lagi bagus malahan si masuknya microorganisme ini akan ngebentuk zat kekebalan atau antibodi.

Nah pada saat kita demam tentunya si tubuh harus membasmi infeksi dong, caranya mengerahkan sistem imun tadi. Pasukan komando buat ngelawan infeksi adalah sel darah putih, supaya si sel darah putih ini tepat sasaran dibutuhin si pirogen. Pirogen tugasnya disini  mengerahkan sel darah putih atau leukosit ke lokasi infeksi dan menimbulkan demam yang bisa membunuh virus karena si virus ini ga tahan disuhu tubuh yang tinggi, virus tumbuh subur disuhu rendah.
*ooo manggut2 pas seminar, jadi kenapa kalo anak batuk/flu terus demam eh malah bagus, jadi virusnya cepet enyah dah*
Jadi kalo anak demam, demamnya jangan dihilangkan atau dihambat, tapi cari penyebabnya.

Terus biasanya kan kita suka panik kalo anak panas kan, apalagi kalo rewel terus ga mau makan, makin mumet deh ini kepala. Kita kan suka kasih obat penurun panas kan? Peran si obat panas ini kerjanya menghambat ensim Cox(cyclo-oxygenase) peningkatan suhu tubuh. Jadi obat penurun panas samasekali tidak mengobati si penyebab demam itu sendiri  

Home treatment bisa dilakukan pertama kali salah satunya dengan perbanyak intake cairan, bisa air putih, jus, sup, asi, es krim. Ruangan juga jangan sampai panas tapi juga jangan terlalu dingin. Pakein baju yang longgar, ga usah yang tebel*Jadi inget jaman dulu kalo gw demam sama nyokap di selimutin tebel, yang ada kepala makin pusing karna badan makin panas*. Kalo anak masih bayi bisa skin to skin. Makan sesukanya anak ya emak2, jangan dipaksa*ngaca* kita aja orang gede kalo sakit mana mau makan*gw mau ah = rakus*

Jelas kan jadinya demam itu justru dibutuhin sebagai salah satu bentuk perlawanan tubuh terhadap si infeksi ini. Tapi ada juga sisi negatif yang ditimbulkan demam.

  • Dehidrasi – waktu demam kan terjadi peningkatan suhu tubuh, yang ngakibatin peningkatan pengeluaran cairan tubuh juga.
  • Kejang demam. Kemungkinannya sangat kecil, anak usia 6 bulan s/d 5 tahun, umumnya anak laki2 lebih banyak terkena kejang demam ini. Kejang demam terjadi pada hari pertama demam, serangan pertama jarang terjadi pada usia dibawah 6 bulan atau diatas 3 tahun. Faktor genetik juga kuat, jadi kalo yang ibu bapanya waktu kecil suka kejang demam ada kemungkinan besar anaknya juga akan kejang demam.
    Gejalanya  anak tidak sadar, kejang terjadi sangat singkat antara 1-2 menit pertama. Umumnya ga bahaya dan ga nimbulin kerusakan otak.
    *Beda ya antara menggigil dan kejang demam, yaitu tadi gejala yang paling jelas ga sadarin diri kalo kejang demam.*Penanganan kejang demam :
     Anak harus dibaringkan ditempat datar, posisinya nyamping, bukan terlentang untuk menghindari bahaya tersedak.
     Jangan letakan apapun kedalam mulut, itu justru menyumbat jalan nafas.
     Jangan memegangi anak untuk melawan kejang, bisa2 patah tulang.*amit2*
    Kalo kejang lebih dari 5-10 menit langsung  bawa kerumah sakit/dokter terdekat ya.  

Nah tadi kan ditulis mekanisme obat penurun demam. Berikut macam obat penurun demam.

  1. IbuProphen.
    Efek : Nyeri, demam, radang.
    Dosisnya : 5-10mg/kg
    Efek samping nya : Iritasi lambung/saluran cerna(pendarahan), gangguan ginjal.
  2. Acetaminophen
    Efek : Demam, nyeri
    Dosis : 10-15mg/kg
    Efek samping : bila overdosis bisa menyebabkan kerusakan hati.
  3. Acetosal
    Efek : nyeri, demam
    Efek samping : Sindrome reye(gangguan otak dan hati), iritasi lambung. Tidak dianjurkan untuk anak dibawah 16 tahun atau inveksi karna virus.
  4. Metamizole
    Efek : nyeri, demam, radang
    Efek samping : Bonne marrow suppresion/ reaksi alergi.

– jangan kasih 2 jenis obat sekaligus
– jangan campur acetaminophen dgn luminal
– jangan kasih aspirin pada anak dibawah usia 12 tahun. Pada infeksi virus, aspirin malah meningkatkan resiko gangguan otak dan hati.

Sebenernya ga ada obat yang ga ada resiko efek sampingnya. Pemakaian jangka panjang efeknya bisa terjadi pendarahan saluran cerna.

Kesimpulan :
Kita harus pintar dan cerdik kalo ngadepin anak demam, yang paling penting mengetahuin penyebab demamnya, bahwa obat tidak selalu merupakan jawaban atas gangguan kesehatan yang sedang dialami, karena tahu pada dasarnya semua obat bisa ngeracunin tubuh.

DEMAM DENGUE DAN DEMAM BERDARAH DENGUE

Demam dengue dan demam berdarah dengue disebabkan oleh virus dengue. Ada 3 komponen dalam penularan infeksi termasuk infeksi  virus dengue, yaitu host(manusia dan nyamuk sebagai vektor perantara), agent (virus) dan environment(lingkungan). Virus dengue ditularkan pada manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

si nyamuk2 nakal

Jika nyamuk aedes mengigit manusia sakit yang didalam darahnya mengandung virus dengue yaitu 2 hari sebelum panas sampai 5 hari setelah demam timbul, virus akan masuk ke kelenjar liur nyamuk dan berkembang biak dalam waktu 8-10 hari sebelum dapat ditularkan kembali ke manusia pada gigitan berikutnya*kupreeeet dasar nih nyamuk*

Virus di tubuh nyamuk betina juga dapat ditularkan kepada telurnya*nah loh beranak pinak doi*, namun perannya dalam penularan virus kecil. Sekali virus masuk dan berkembang biak di tubuh si nyamuk ini, dia bisa nularin virus seumur hidupnya. *jadi kalo nemu nyamuk wajib dimatiin ya ibu2*

Pada suhu 28’C-32’C kelembaban tinggi, nyamuk aedes bisa tetep idup buat jangka waktu yang lamaaaa. Di indonesia karena suhu udara dan kelembaban ga sama disetiap tempat, jadi pola waktu terjadinya penyakit agak beda buat waktu dan tempat. Di pulau jawa umumnya infeksi virus  dengue terjadi di awal januari, terus ningkat sampe kasus terbanyak bulan april-mei, waspadalaaah waspadalaaah, bulan2 sekarang mulai musim ujan nih. Sedia kelambu dan raket nyamuk.

Infeksi vius dengue tergantung faktor yang mempengaruhi daya tahan tubuh masing2 orang dengan faktor2 yang memperngaruhi penularan virus. Infeksi virus dengue bisa menyebabkan keadaan bermacam2, mulai dari tanpa gejala, demam ringan yang ga spesifik, demam dengue atau bentuk yang lebih berat yaitu demam berdarah dengue.

DEMAM DENGUE(DD)

Diagnosis DD berdasarkan gejala klinis dan pemeriksaan menunjuang kaya periksa darah dan tidak ditemukan adanya perembesan plasma. Kriterianya demam akut selama 2-7 hari, disertai 2 atau lebih gejala kaya nyeri kepala, nyeri belakang bola mata, misalnya kalo kita rolling eyes*bahasa chating bajet yak*  itu sakit banget, nyeri otot/tulang/sendi, timbul ruam, pendarahan dan leukopenia(lupa apa ini artinya*nyengir), timbul mual dan muntah, pendarahan dari hidung(mimisan bukan pipisan*kriuk*).

Pasien DD bisa berobat jalan, ga perlu sampe dirawat. pada fase demamnya dianjurkan pasiennya bedrest selama demam, dianjurkan minum obat jenis antiperik yaitu parasetamol(10-15mg/kg BB/kali). Tidak dianjurkan minum asetosal/salisilat maupun ibuprofen. Ga perlu antibiotik  Kalo suhu turun biasanya itu tanda penyembuhan. Tapi tetep harus observasi terhadap komplikasi selama 2 hari, soalnya sulit ngebedain DD sama DBD pada fase demam.

DEMAM BERDARAH DENGUE(DBD)

Gejala klinisnya sama kaya DD, tapi selain tadi gejala DD diatas terdapat memar pada kulit, pendarahan hidung, pendarahan saluran cerna(muntah darah atau tinja berwarna hitam), pendarahan saluran kemih, trombositopenia(jumlah trombosit dibawah 100rb/ml), terdapat minimal satu tanda kebocoran plasma yaitu antara lain : peningkatan hematokrit diatas 20% dibandingkan standar, penurunan hemtokrit diatas 20% setelah mendapat terapi cairan dibanding nilai hematokrit sebelumnya.

Periode kritis terjadinya syok adalah waktu transisi, yaitu waktu suhu turun pada umumnya hari ke 3-5 fase demam.

Perbedaan DD sama DBD adalah penderita DD tidak dijumpai kebocoran plasma(ditandai peningkatan hemnatokrit) walaupun jumlah trombosit menurun, sedangkan penderita DBD ditemukan kebocoran plasma yang dibuktikan adanya peningkatan hematokrit. Perbedaan akan sangat jelas waktu suhu turun, kalo penderita DD akan terjadi proses penyembuhan sedangkan pada penderita DBD terdapat tanda awal kegagalan sirkulasi(syok). Komplikasi pendarahan bisa juga terjadi pada penderita DD tanpa disertai syok. Tapi kalo dalam 2-3 hari demam turun tidak perlu observasi lebih lanjut.

Pencegahannya:

  • Bersihkan tempat penyimpanan air sekurang2nya seminggu sekali. Ganti air vas, tempat minum burung, akuarium yang terbuka, semua tempat yang dapat menampung air aja pokonya.
  • Tutup rapat2 tempat penampungan air supaya si nyamuk ga bisa bertelur dan berkembang biak.
  • Kubur kaleng, botol2, ban bekas, asal jangan bekas pacar, hahahahaha.
  • Tutup lubang2 yang kira2 bisa nampung air.
  • Lipat baju, jangan gantung baju terlalu banyak dibelakang pintu, biar nyamuk ga banyak ngumpet disitu.
  • Buat tempat yang kira2 susah buat dikuras kaya sumur taburin aja bubuk ABATE ke dalam air. Ulangi setiap 2-3 bulan sekali.

Nah semoga sharingan ini bermanfaat yak.

Kode plastik(aman atau ga?)

Di milis mpasirumahan ada yang share tentang Kode nomer dibawah kemasan plastik, botol mineral, botol susu dan kemasan lainnya. Kayanya kebetulan nyimpen gambar kode-kode plastik ini udah lama ada dilaptop, etapi ko pas dicari-cari ko malah ga nemu ya*garuk2 kepala*.
Akhirnya tanya si mbah deh, nemu gambar2nya diambil dari sini.

Dan berikut penjelasannya dan rangkuman dari emailnya Anggun-Ibunya Hanif, ijin copy ya bun.

Anda sering menggunakan lagi botol bekas air mineral? sebaiknya segera hentikan, karena botol seperti itu hanya untuk sekali pakai. Lebih baik anda berhati-hati dengan barang-barang yang menggunakan bahan dasar plastik, kenali tanda segitiga yang biasanya ada di bawah kemasan atau dibalik tutup botol, karena tanda inilah yang menentukan daya tahan dan tingkat keamanannya.
1. PET

PET Plastic

Plastik dengan kode 01 atau PET (Polyethylene Terephthalate) direkomendasikan hanya sekali pakai. biasanya banyak dipakai untuk botol kemasan air mineral, botol minyak goreng, jus, botol sambal, botol obat dan botol kosmetik. Kode 01 umumnya bercirikan berwarna bening atau jernih (transparan), semakin lama isinya berada didalam kemasan tersebut maka kandungan kimia yang terlarut semakin banyak pula, apalagi jika digunakan untuk menyimpan air hangat akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol akan meleleh dan menghasilkan zat bernama Karsinogenik (jika dikonsumsi dalam waktu lama dpt menyebabkan kanker).

Jika anda membeli air mineral dijalanan dan rasanya sudah berasa sesuatu (biasanya karena terlalu lama terkena panas matahari) lebih baik segera hentikan mengkonsumsinya. Ciri fisik plastik tipe PET adalah keras dan mengkilat, jika dibakar akan menimbulkan bau buah atau manis.

2. HDPE

HDPE Plastic

Plastik dengan kode 02 atau HDPE (High-density Polyethylene) direkomendasikan juga hanya sekali pakai. biasanya digunakan untuk botol obat, jerigen pelumas, botol kosmetik dll, ciri fisiknya berwarna putih susu, buram, terasa keras dan tidak mengkilat, jika dibakar akan berbau wax.

Bahan plastik ini memang dapat mencegah terjadinya reaksi kimia dengan makanan/minuman yang dikemasnya, tetapi seiring waktu pelepasan senyawa antimoni trioksida dapat terus meningkat. Jadi lebih baik jangan digunakan terlalu lama/sering tipe plastik berkode 02 ini.

3. PVC

PVC Plastic

Plastik dengan kode 03 atau PVC (Polyvinyl Chloride) merupakan zat yang paling berbahaya dan sulit didaur ulang, biasanya dipakai untuk selang air, pipa bangunan, mainan, taplak meja dari plastik, botol shampo dll. ciri fisiknya lebih lunak dibanding plastik lainnya dan mengkilat, jika dibakar akan menimbulkan bau klorin.

Jangan membungkus makanan yang panas dan berminyak dengan plastik tipe ini, karena berpotensi berbahaya untuk ginjal dan hati.

4. LDPE

LDPE Plastic

Plastik dengan kode 04 atau LDPE (Low-density Polyethylene),tipe plastik ini baik untuk menyimpan makanan. ciri fisiknya lunak dan fleksible, jika dibakar akan menimbulkan bau wax, biasanya digunakan untuk kantong kresek, tutup plastik, plastik pembungkus daging beku, dan berbagai macam plastik tipis lainnya.

Sifat mekanisme jenis plastik LDPE adalah:

– Kuat
– Agak tembus cahaya
– Fleksibel dan permukaan agak berlemak.
– Pada suhu di bawah 60’C sangat resisten terhadap senyawa kimia
-Daya proteksi terhadap uap air tergolong baik
– Kurang baik  bagi gas-gas yang lain seperti oksigen
– Plastik ini dapat didaur ulang, baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat, dan memiliki resistensi yang baik
terhadap reaksi kimia. Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

5. PP

PP Plastic

Plastik berkode 05 atau PP (Polypropylene atau Polypropene), adalah bahan terbaik untuk tempat makanan dan minuman. ciri fisiknya adalah mengkilat, transparan tetapi tidak jernih atau berawan. Biasanya digunakan untuk gelas plastik, tutup botol, botol susu, botol minuman, mainan anak, dll.

Jadi carilah produk plastik yang menggunakan kode 05 untuk menyimpan makanan atau minuman anda.

6. PS

PS Plastic

Plastik berkode 06 atau jenis PS (Polystyrene), jika makanan berminyak dipanaskan dalam wadah ini menghasilkan zat bernama styrene yang dapat berpindah kedalam makanan, styrene juga bisa dihasilkan oleh asap rokok dan asap kendaraan, zat ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker, menggangu kesehatan otak, mengganggu hormon estrogen pada wanita yg berakibat pada masalah reproduksi, menggangu pertumbuhan dan sistem syaraf. Bahan bertipe ini juga sulit didaur ulang.

Biasanya digunakan untuk kotak CD, sendok dan garpu plastik, gelas plastik atau tempat makanan dari styrofoam dan tempat makanan plastik transparan. jangan sekali-kali menggunakan bahan ini untuk membungkus makanan yang panas.


7. Other atau Lain-lain

Other Plastic

Plastik berkode 07 atau Other (O), dan jenis plastik lainnya selain dari no 01 – 06. Plastik tipe ini termasuk Polycarbonate yang mengandung Bisphenol-A yang berpotensi merusak system hormon juga berbahaya bagi tubuh. Tetapi ada juga bahan yang baik untuk lingkungan karena dapat diurai yang disebut bioplastik yang terbuat dari tepung jagung, kentang, atau tebu.

Lebih baik hindari botol susu bayi atau alat makan untuk bayi yang menggunakan kode 07.

Tertera logo daur ulang dengan angka 7 ditengahnya, serta tulisan “OTHER”

Untuk jenis plastik 7 other ini ada 4 jenis, yaitu”

1. *SAN* – styrene acrylonitrile

2. *ABS* – acrylonitrile butadiene styrene

3. *PC* – polycarbonate

4. *nylon*

Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minuman olahraga, suku cadang  mobil, alat-alat elektronik, dan plastik kemasan. SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan, dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi, sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. Plastik dengan jenis 7 yaitu SAN dan ABS merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman.

Bagaimana jenis plastik dengan kode 7 serta tulisan PC? PC atau nama PolyCarbonate dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak balita(*Sippy cup*), botol minum polikarbonat dan kaleng kemasan makanan dan minuman, termasuk kaleng susu formula. Dapat mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A kedalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon, kromosom pada ovarium, penurunan produksi sperma dan mengubah fungsi imunitas.
Dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman. Ironisnya botol susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan, entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave, atau dituangi air mendidih atau air panas.


Kesimpulan :

1. Gunakan hanya sekali pakai khususnya kode 1,3, 6, dan 7 (PC)

2. Akan aman bila menggunakan plastik dengan kode 2, 4, 5 dan 7 (SAN atau ABS)

 

Baru tau juga kalo tupperware dan sejenisnya berkode nomer 2, yang artinya cuman boleh dipake sekali aja, jd gmn dong?Ya kudu lebih cermat memilih peralatan makanan yang berbahan dasar plastik ya temans. Semua pilihan kembali ke masing2.

Indigo

Mau ngerangkum tweetnya @keluargahypno lagi tentang indigo.

Anak #indigo tidak selalu memiliki indera ke-enam atau Extra Sensory Perception, namun banyak hal yg lebih penting tentang mereka. #Indigo diambil dari nama warna, yaitu warna antara biru tua dan ungu yang dikenal dengan warna nila. Warna  #indigo adalah warna aura yang dimiliki seseorang, dimana akhirnya dikenal dengan anak/orang indigo. Aura adalah pancaran energi spiritual seseorang yang bersumber dari 7 pusat energi di tubuh manusia. Pusat warna #indigo terletak di dahi, tepatnya diantara kedua mata (disinilah muncul istilah mata ketiga). Lakukan foto aura untuk memastikan apakah anak anda #indigo atau bukan.. Atau perhatikan karakternya sehari-hari. Anak #indigo banyak bermunculan karena masa ini adalah generasi mereka, yaitu tahun 2000 ke atas. Indigo bukan suatu kelainan dan tidak ada yg perlu diatasi, sebaliknya berbanggalah jika anak anda ternyata #indigo. Indigo adalah anugerah. Anak #indigo membutuhkan pola asuh berbeda, dimana orang tuanya-lah yang harus dapat memahami karakter anaknya. Bimbingan yang salah terhadap anak #indigo akan berdampak negatif pada hidupnya sehingga ia tertekan dan menderita.

Beberapa anak #indigo dianggap autis, beberapa dianggap memiliki ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau hiperaktif, karena masih banyak kesalah pahaman. Penampilan anak #indigo tidak ada yang aneh karena mereka anak2 biasa, tetapi batin-nya berbeda dan lebih tajam intuisinya. Anak #indigo umumnya lebih dewasa dari umur mereka, cerdas sekali dan beberapa memiliki indera keenam yang sangat tajam. Ada 4 tipe anak #indigo yang paling umum, yaitu humanis, konseptual, artis dan interdimensional.
#indigo humanis memiliki karakter yang ceria, ramah, senang bersosialisasi, empati yang tinggi, mudah iba, sensitif.
#indigo konseptual memiliki karakter pemikir, pandai membuat rencana, tidak mudah putus asa, tekun, dan senang hal2 yang rumit.
indigo artis memiliki karakter dengan jiwa seni tinggi, kreatif, senang memikirkan hal baru, mempunyai jalan hidup sendiri.
#indigo interdimensional memiliki karakter dengan indera ke-enam, intuisi sangat tinggi, mampu membaca pikiran, merasakan energi lain.

Terkadang, dalam seorang anak bisa memiliki lebih dari 1 tipe #indigo, bahkan sekaligus memiliki 4 tipe tersebut. Anak #indigo bukanlah cenayang atau paranormal, sebaliknya seorang cenayang atau paranormal belum tentu indigo. Anak #indigo memiliki nilai intelegensia (IQ) di atas 120 jika dilakukan tes IQ. Anak #indigo memang cerdas, tapi bukan berarti mereka akan juara kelas. Bahkan bisa saja mereka tidak naik kelas. Memang belum ada data statistik dan peneliitan yang benar2 valid mengenai #indigo, tapi tidak ada salahnya jika kita paham. Dalam pandangan beberapa agama yang percaya adanya reinkarnasi, mereka beranggapan #indigo adalah reinkarnasi dari orang2 bijak. Seringkali anak #indigo terlihat sibuk atau berbicara sendiri sehingga kadang dianalisa sebagai autis. Perbedaan #indigo dengan autis, anak #indigo bisa berinteraksi dan bersosialisasi secara konsisten dan teratur. Jika anak #indigo terlihat berbicara sendiri, ia mungkin sedang berkomunikasi dengan mahluk lain. Seringkali anak #indigo terlalu cepat berpindah kegiatan dan terlihat aktif, sehingga dianalisa sebagai hiperaktif atau ADHD. Bedanya #indigo dengan hiperaktif, anak #indigo tidak destruktif melainkan konstruktif. Ia mudah bosan, karena ia cepat paham.

Anak #indigo tidak akan menghormati seseorang hanya karena ia lebih tua atau petinggi. Mereka akan hormat jika orang itu layak. Jika anak anda #indigo, anda sebagai orang tuanya harus dapat menunjukkan bahwa anda layak dihormati olehnya. Anak #indigo tidak dapat menerima otoritas absolut sekalipun itu dari orangtuanya sendiri. Contoh : jika anda menyuruhnya makan sayur, tapi ia melihat anda tidak makan sayur, maka ia tidak akan menghormati anda. #indigoAnda tidak bisa menyuruh anak #indigo duduk diam tanpa dijelaskan alasannya sampai ia menerima alasan tersebut. Terkadang, anak #indigo memiliki kemampuan yang muncul sendiri tanpa ia perlu belajar. Umumnya anak #indigo tidak mudah bergaul dengan anak lain seumurnya, ia akan cenderung sangat memilih temannya. Hal ini dikarenakan anak #indigomerasa tidak cocok bergaul dengan anak lain yang dianggapnya tidak dewasa.

Simak 21 tweet berikut, dan kumpulkan semua jawaban “Ya” dari pertanyaan2 tsb untuk mengindikasi karakter anak anda apakah #indigo:

1. Apakah anak anda sering bersikap seperti bangsawan?
2. Apakah anak anda merasa bahwa ia pantas diterima dalam lingkungannya?
3. Apakah anak anda merasa bahwa dirinya dapat dimengerti (dan semua orang harus mengerti dia)?
4. Apakah anak anda sulit menghadapi disiplin maupun kekuasaan?
5. Apakah anak anda sering menolak jika disuruh mengerjakan hal2 yang sudah pasti dan tanpa alasan?
6. Apakah anak anda tidak suka mengantri (terutama di dalam barisan)?
7. Apakah anak anda tidak menyukai sistem yang sudah ada, terutama dengan hal – hal berbau ritual (tradisi)?
8. Apakah anak anda memiliki cara lain yg lebih baik dalam mengerjakan sesuatu di sekolah ataupun di rumah?
9. Apakah anak anda tidak mudah diajak berkompromi?
10. Apakah anak anda tidak takut pada ancaman?
11. Apakah anak anda mudah bosan saat melakukan suatu pekerjaan?
12. Apakah anak anda terlihat memiliki gejalan seperti anak Hiperaktif? (mudah bosan, rentang fokus yang rendah, aktif bergerak)
13. Apakah anak anda kreatif ?
14. Apakah intuisi anak anda tajam?
15. Apakah anak anda memiliki empati yang tinggi terhadap keadaan sekelilingnya ataupun orang lain?
16. Apakah anak anda memiliki pikiran yang abstrak dan sering berpikir diluar hal2 yang umum (think outside the box)?
pikiran abstrak:dia gambar matahari warna hitam. Saat ditanya dia jawab,”matahari silau, buatku tdk bisa dilihat, jadi hitam”
17. Apakah anak anda cerdas?
18. Apakah anak anda memiliki indera ke-enam (bakat spiritual)?
19. Apakah anak anda sering berkhayal?
20. Apakah pancaran mata anak anda terlihat seperti orang dewasa?
21. Apakah anak anda memiliki kecerdasan spiritual (bijaksana, dewasa dalam pemikiran2nya)?

Alhamdulillah kakang cuman 9*nyengir*

Hitunglah ada berapa jawaban “Ya” yang mewakili karakter anak anda dari 21 pertanyaan di atas untuk melihat apakah ia #indigoJika jawaban “ya” mencapai 10-14, ada kemungkinan ia #indigo. Cobalah lakukan foto aura atau berkonsultasi dengan ahlinya. Jika jawaban “ya” mencapai 15 ke atas, dapat dipastikan bahwa anak anda adalah #indigo

foto aura bisa dilakukan di @provclinic dengan bpk. Tom Suhalim, lanjut konsultasi dgn dr. Erwin Kusuma SpKJ tlp:02153674555.

Berikut adalah tips untuk membimbing anak #indigo anda :

  • Hargailah mereka karena jika anda tidak menghargainya, maka ia juga tidak akan menghargai anda.
  • Dengarkanlah pendapat mereka, jadilah pendengar yang baik karena mereka harus tau bahwa anda peduli padanya
  • Kembangkan kemampuannya dan biarkan ia berfikir sendiri, memilih, mencari solusi atas masalahnya, dsb.
  • Bekerjasamalah dengannya, dan jangan memerintah. Anak #indigotidak suka diatur tapi mereka mampu bekerjasama dengan baik
  • Mereka mudah frustasi, karena itu bantulah dalam kegiatannya jika mereka mulai terlihat frustasi (misal : pekerjaan sekolahnya).
  • Bantulah mereka agar bisa mengembangkan kreatifitasnya dengan lebih berekspresi. Jangan menghentikan khayalannya.
  • Mengertilah dengan emosi anak #indigo yang kadang ekstrim, biarkan ia banyak minum air putih dan melakukan hal yg membuatnya rileks
  • Berikan penjelasan mengenai segala hal dalam hidupnya. “Mengapa begini… ” “Karena begini….” dsb.

Walau anak #indigo sulit untuk disiplin, bukan berarti tidak bisa. Saat anda mendapatkan rasa hormat darinya, ia mudah menuruti anda. Peluklah anak #indigo sesering mungkin karena ia perlu tau bahwa anda menyayanginya. Anak #indigo juga sangat sensitif terhadap energi anda, sehingga saat anda memeluknya dengan tidak tulus, ia akan sadar. Banyak2lah menghabiskan waktu dengannya karena energi anak #indigo sangat besar sehingga butuh penyaluran energi ke hal yg positif. Metode hypnoparenting adalah salah satu metode paling tepat untuk membimbing anak #indigo anda. Kesimpulannya, anak #indigomemiliki karakter yang berbeda dan mungkin membuat anda pusing dalam membimbingnya, karena mereka sangat unik.

Jika anak anda #indigo, maka anda-lah yang harus banyak belajar, mengerti dan bersikap tenang, bukan mereka yang harus berubah.

Contoh foto dari anak ber-aura #indigo warnanya cenderung biru tua/indigo (yang ini dengan campuran ungu).

Jadi setiap anak intinya memang unik, apapun dia, gimanapun dia, perlakukan secara istimewa ya.

 

Alpukat dan manfaatnya.

 

Alpukat, Si Lembut Bernutrisi Tinggi


BAYANGKAN, bila saat berbuka puasa Anda ditemani oleh semangkok minuman es teller. Wuiih, rasanya pasti nikmat sekali. Ada kelapa muda yang lembut terasa lezat di lidah. Rasa manis dari gula dan susu sungguh membuat badan menjadi bugar. Aroma wangi dari nangka membuat selera minum menjadi bergairah. Es batunya yang dingin membuat tenggorokan terasa segar. Dan yang tak kalah lezatnya… buah alpukatnya. Rasanya yang gurih, lezat, dan lembut dengan aroma khas membuat kita selalu ketagihan. Sayangnya, banyak orang terutama para wanita yang khawatir makan alpukat. Takut menjadi gemuk katanya. Benarkah?

Buah ini mempunyai nama latin persea gratissima gaertn dengan sinonim persea americana, mill. Di tatar Pasundan biasa disebut dengan apuket, alpuket, atau jambu walanda. Berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Diperkenalkan kepada penduduk Eropa oleh Martin Fernandez de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol pada tahun 1519. Sejak itulah, alpukat banyak dikenal oleh penduduk dunia. Sedangkan Belanda memperkenalkan ke Indonesia pada abad ke-19. Saat ini, negara-negara produsen penghasil alpukat adalah Amerika Serikat, Hawai, Australia, Kuba, Argentina dan Afrika Selatan.

Kandungan dan manfaat

Dalam buah alpukat terdapat berbagai zat dengan nutrisi yang sangat tinggi. Setiap buah alpukat memiliki kandungan 11 vitamin dan 14 mineral yang meliputi protein, niasin (vitamin B3), riboflavin (vitamin B2), vitamin C, kalium. Kadar asam lemak jenuh pada buah alpukat tergolong rendah sehingga dapat dimakan oleh siapa saja dan berapa pun jumlahnya. Alpukat tergolong buah yang memiliki kadar lemak dan kalori yang tinggi. Buah alpukat mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin B kompleks, Vitamin E dan Vitamin D. Kandungan terbanyak adalah vitamin A.

Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal (lemak baik) dan asam oleat yaitu suatu zat yang dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kanker termasuk kanker payudara.

Buah ini juga dikenal sebagai sumber lemak yang sangat tinggi, yaitu 14,66g per 100g. Kandungan lemak ini melebihi durian, yaitu mencapai dua kalinya. Hal itulah yang menyebabkan sebagian masyarakat menjadi khawatir untuk mengkonsumsinya, terutama kaum wanita dengan alasan takut menjadi gemuk. Faktanya, alpukat memang mengandung lemak yang tinggi tetapi umumnya terdapat dalam bentuk lemak tidak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acid =MUFA).*penting banget nih buat kita para cewe yang takut makan alpukat*
Kandungan asam lemak jenuh pada alpukat adalah 2,13g/100g sedangkan lemak tidak jenuh tunggalnya (MUFA) mencapai 9,8g/100g. Mengonsumsi asam lemak dalam bentuk MUFA, seperti yang ada dalam alpukat, justru dapat memperbaiki kadar kolesterol dan memproteksi kerusakan arteri (pembuluh darah). Lemak alpukat juga mengandung asam lemak tidak jenuh ganda (PUFA) dengan kadar 1,82g/100g daging buah. Manfaat PUFA pada alpukat sama dengan yang ada pada ikan laut. Konsumsi MUFA dan PUFA dalam jumlah yang cukup akan memberikan manfaat kesehatan yang optimal bagi tubuh.

Bila Anda menderita sariawan, ambillah buah alpukat yang sudah matang. Beri 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Untuk yang kulit mukanya kering, ambil buah alpukat yang masak, lumatkan seperti bubur. Oleskan pada muka sebagai masker. Setelah mengering, basuh dengan air. Mudah kan? Masih takut makan alpukat? Rugi, lo!**

Toto Suhendro
Pendiri Istana Tanaman Obat TOGAPURI di Cilembu, terapis holistik berbasis herba, petani tanaman obat, mantan Ketua ASPETRI Jawa Barat.
**

Penyimpanan obat dan kadarluarsanya

Diambil dari tweetnya @diahapt gw ringkes disini ya, penting banget nih. Sumber dari milis sehat.

Biasanya kalo punya anak balita obat yg sering ada dikotak obat itu sirup parasetamol,nah sampe kpn sirup ini bs digunakan?
Penyakit balita tdk jauh2 dr commoncold (CC),gastroenteritis (GE),&simple wound,jd obat d kotak obat ckp sirup parset,oralit,lar antiseptik,NaCl
krn anak2 bs tiba2 demam,jd sedia sirup parset sgt membantu utk membuat mereka nyaman saat rewel,Sampe kpn sirup parset bs digunakan?
—> Kalo sirup blm dibuka samsek,msh tersegel.maka obat bs digunakan sampe masa kadaluarsanya/exp.date.

Bila botol sirup sdh pernah dibuka,maka penggunaannya 2minggu-2bln,yg paling penting amati organoleptiknya.
Apa itu organoleptik?
—> Organoleptik : rasa,bau,warna, bila ada perubahan lebih baik jangan digunakan kembali.

Sirup bs disimpan di suhu ruang,tp tdk boleh terpapar sinar matahari, Obat btk sirup bs disimpan di kulkas,sebaiknya dibungkus kertas ato kantong plastik hitam 🙂 . Tp obat tdk boleh disimpan di freezer.cukup di chiller nya aja.
Kalo bentuk suspensi,misalnya sirup antibiotik,max 2minggu,sebaiknya tdk lbh dr 7hr,krn stlh 2mgg efektivitas antibakterinya menurun drastis
Kalo bentuk tablet/kapsul,selama blm terbuka blister ato strip nya boleh digunakan sampe exp.date,dg catatan tdk berubah warna,bau,dan rasa.
Kalo obat mata?salep mata ato tetes mata misalnya,penyimpanan max 1bln sejak kemasan dibuka. Knp 1 bln?
—> krn sediaan mata adalah sediaan steril dan digunakn utk daerah yg sensitif/mata,ujung dr botol/tube salep tdk boleh terkena apapun
Saat menggunakan obat mata pun hrs hati2,agar ujung botol/tube nya tdk lgsg menyentuh mata kita,agar sterilitasnya tetap terjaga.
1 kemasan obat mata,baik tetes mata/salep mata,hanya boleh digunakan utk 1 org saja,jangan bergantian,agar infeksi tdk menyebar.

Biasakan utk menulis di botol ato kemasan obat tgl pertama kali kemasa tsb dibuka,agar selalu ingat umur obat tsb.

Hypnoparenting

Hypnoparenting merupakan hypnotherapi yang secara garis besar berguna untuk meningkatkan komunikasi spiritual orang tua dan anak. Terapis terbaik untuk anak adalah orang tuanya sendiri, karena karakter pikiran anak – anak berbeda dengan orang dewasa. Pikiran manusia terdiri dari alam sadar 12% dan alam bawah sadar 88%.
Skema ini sudah dianut sejak jaman Sigmund Freud. Di dalam pikiran sadar (12%) ada pembatas yang disebut gerbang bawah sadar. Gerbang inilah yg melakukan filter terhadap informasi.

Sejak dalam kandungan sampai sekitar 4 tahun, anak belum memiliki pikiran sadar (conscious mind) seperti orang dewasa. Mulai umur 4-12 tahun, pikiran sadarnya mulai terbentuk, hanya saja ia tidak memiliki gerbang pembatas dengan bawah sadarnya. Saat anak berumur 7-12 tahun, gerbang bawah sadarnya mulai terbentuk sedikit, namun masih rentan dan filter belum bekerja baik.
Artinya, anak dibawah 12 tahun masih sangat mudah menyerap dan diprogram ke dalam bawah sadarnya tanpa filter apapun.
Segala yang ia tangkap di lingkungannya, akan diterima sebagai suatu kebenaran sekalipun itu adalah sesuatu yang salah. Saat anak sejak kecil diajarkan untuk mencuri, sampai dewasa ia akan menganggap bahwa mencuri = perbuatan baik.

Hypnoparenting bekerja langsung pada alam bawah sadar anak sehingga orang tua melakukan pola pengasuhan tanpa paksaan. Respon normal “ular = lari” namun jika orang tua bekerja sebagai pembuat tas kulit ular. Programnya “ular = rejeki – tangkap”. Kedua orang tua harus paham dgn sifat & kebiasaan anaknya, sehingga tidak melakukan sugesti yg bertentangan dengan sifat si kecil. Pikiran manusia sangat simpel terutama dalam kondisi hipnosis, dan tidak dapat menerima kata negasi seperti “tidak-jangan-bukan”. Saat melihat anak berlari, orang tua otomatis memerintahkan “Jangan Lari!”. Apa yang terjadi? Anak justru semakin berlari. Apa bedanya saat anda membaca tweet ini & saya minta agar “Jangan membayangkan seekor kucing belang tiga dgn pita di lehernya” :).
Saat kita berkata “Jangan”, fokus justru mengarah pada apa yg harus dihindari. Cobalah mulai sekarang, untuk fokuskan pada tujuan. Fokuskan pada kata–kata positif & hindari penggunaan kata–kata negatif seperti ’nakal’, ‘bandel’, ‘malas’, ‘susah’, dsb. Salah satu cara memprogram ke bawah sadar adalah repetisi. Saat tiap hari anak dibilang “jangan nakal”, programnya adalah “nakal”. Lakukan program yang baik, daripada mengatakan “jangan nakal” lebih baik fokus langsung ke tujuan,”jadilah anak baik”.

Orang tua harus paham betul konsep dasar hypnoparenting, & bukan hanya sekedar “tahu” shg melakukannya tidak sepenuh hati. Ayah-ibu sebaiknya bekerjasama dengan baik mengenai bagaimana cara menerapkan hypnoparenting pada si kecil agar tetap konsisten. Berlatihlah untuk selalu menggunakan kata positif dan fokus pada tujuan dalam bahasa keseharian anda. Buatlah catatan jika perlu. Carilah saat yang paling tepat untuk melakukan penanaman sugesti hipnosis pada anak, yaitu saat ia rileks dan terfokus. Kondisi rileks & fokus anak misal: saat lelah, sakit, saat menyusu, saat hujan, saat sedang bercerita, saat anak sedang tertidur.

Gunakan media pendukung untuk melakukan penanaman sugesti seperti suara musik, suara lembut ibu dan ayah, suara detak jam, dsb. Lakukan kontak tubuh secara lembut, berulang & monoton (dapat dilakukan saat ia tertidur) seperti mengusap kepala atau dahinya. Mulailah berbicara dgn niat menanamkan sugesti positif padanya. Gunakan kalimat positif seperti ’anak baik, senang makan sayur”. Lakukanlah pengulangan secara konsisten, ibu & ayah melakukan hal yang sama secara berulang-ulang minimal 5-7 hari berturut-turut. Berhati-hatilah dengan apa yang dapat didengarkan anak saat ia tidur, karena alam bawah sadarnya masih dapat merekam.

Jangan biarkan anak menyaksikan orang tuanya bertengkar atau saling melontarkan kalimat yang negatif, ini akan membekas di bawah sadarnya. Jangan melakukan kekerasan terhadap si kecil, karena ia akan dengan mudah memprogram kekerasan tersebut di jiwa bawah sadarnya. Hindari kata negatif spt ”Besok pagi kamu bangun dan tdk rewel”, tetapi ganti menjadi ”Besok pagi kamu bangun dengan hati senang”.

Sugesti hipnosis pada anak yang diberikan saat ia tidur disebut dengan Pillow Talk. Pillow talk adalah hipnosis dalam, jadi jika ragu2 sebaiknya jangan mencoba daripada salah. Konsultasilah jika belum yakin betul. Pillow Talk adalah metode hypnosleep, yaitu program sugesti yang diberikan oleh orang tua saat anak sedang dalam kondisi tidur.

Gelombang otak dominan pada manusia ada 4, yaitu beta-alpha-theta-delta : terurut dari gelombang paling tinggi sampai terendah. Gelombang otak Beta adalah gelombang otak saat seseorang sedang aktif berpikir. Anak2 mengalami gelombang beta saat marah/tantrum.
Gelombang otak alpha, saat seseorang dalam kondisi tenang, fokus & sadar. Karena itu sugesti hipnosis dapat diberikan disini. Gelombang otak theta, saat seseorang sudah tidur namun pikiran bawah sadar masih bangun sehingga sugesti hipnosis tetap terekam. Gelombang otak Delta, saat seseorang tidur nyenyak sekali sehingga pikiran sadar maupun bawah sadar tidak aktif.
Saat mulai tertidur, gelombang otak akan turun ke alpha, theta – delta.

Gelombang otak utk sugesti hipnosis adalah alpha & theta. Anak-anak cenderung lebih cepat mengalami penurunan gelombang otak dari alpha-theta-delta, apalagi saat ia sedang lelah. Yakinkan terlebih dahulu bahwa anak masih berada di gelombang theta saat kita hendak memberikan sugesti pillow talk. Lebih baik jika orang tua mengetahui modalitas cara belajar anak : visual, auditif dan kinestetik agar pillowtalk lebih efektif .
1-5 menit pertama saat anak baru mulai tertidur, kemungkinan besar masih berada di gelombang alpha menuju theta. Jika kelihatannya anak sudah mulai terlelap, coba goyangkan kepalanya ke kanan dan kiri sampai terlihat ada respon. Respon yang umum yaitu berubahnya pola napas si kecil saat diganggu sedikit. Ini tandanya gelombang otaknya pindah ke theta.
Mulailah proses pillow talk dgn terlebih dahulu menuliskan kata2 sugesti utk anak, karena ini adalah kunci penting keberhasilannya. Belai kepalanya atau bagian tubuh lainnya sambil menyebutkan diri anda (ayah atau bundanya).Katakan,”Adik, ini bunda sedang berbicara dengan adik, kalau adik bisa dengar, gerakkan ibu jari tangan kiri adik”.

Tunggulah respon anak setelah anda mengucapkan kalimat perkenalan. Jika ia belum merespon dengan gerakan, tunggu 30 detik & ulangi. Cobalah 2-3 kali sampai anak memberikan respon berupa gerakan (bisa gerakan jari, kepala, dsb) agar yakin ia berada di theta. Jika sampai 2-3 kali belum ada respon, coba ganggu sedikit dengan menggoyangkan tubuhnya agar gelombang otaknya naik. Jika anak tetap belum merespon, mungkin ia sudah masuk ke delta, tetapi tidak ada salahnya dicoba berikan sugesti saja :). Beberapa anak tidak sensitif dengan gerakan ideomotor, jadi kemungkinan respon gerakan tubuh akan kecil bahkan tidak terasa. Ideomotor : gerakan yg diperintahkan dari alam bawah sadar. Saat kita minta anak gerakkan jari, perintah datang dr bawah sadar.Jika anak memberikan respon berupa gerakan, sebenarnya semakin kecil responnya semakin dalam kondisi hipnosisnya. Segera berikan anak sugesti hipnosis dengan kalimat – kalimat sugesti yang sudah anda persiapkan dan yakin benar.

Hipnosis bukan proses yang instan, karena itu orang tua butuh kesabaran yang besar dan konsistensi saat melakukan pada anak.
Contoh:”Mulai sekarang, adik senang makan dan makan banyak, karena makanan itu enak dan sehat, apalagi sayur, adik suka sekali”. Contoh sugesti tersebut punya 3 tujuan:1. anak senang makan 2.makan banyak 3.suka sayur. Gunakan susunan sugesti yang berhubungan. Ulangi sugesti anda sebanyak 5 kali berturut-turut dengan inti sugesti yang sama persis dan tidak berubah agar repetisi konsisten. Lebih baik jika selama memberikan sugesti, ayah/bunda tetap melakukan belaian pada si kecil untuk membuainya dalam hipnosis. Setelah selesai melakukan sugesti, lakukan terminasi. Jika anda mengerti untuk melakukan post hypnotic suggestion, akan lebih baik.

Proses pillow talk yg lebih detil dari tahap induksi awal, cara penerapan, sugesti post hypnotic, terminasi dibahas pada workshop. Terminasi adalah proses mengakhiri pillow talk dengan memberikan sugesti agar anak tidur lelap. Lakukan proses terminasi dengan hati-hati karena ini adalah sugesti hipnosis juga dengan aturan kalimat yang sama. Akhiri proses pillow talk dengan mengecup anak anda, tutup dengan doa. Lakukan sugesti yg sama minimal 7 hari berturut-turut. Kadang anak menunjukkan hasil dlm 1-2 hari, kadang butuh lebih dari 7 hari. Tidak peduli siapa yang melakukan sugesti, selama makna sugesti masih sama. Jadi boleh ayah/ibunya secara bergantian. Jika anda tidak dapat melakukan secara konsisten, lakukan lebih dari 7 hari berturut2, bahkan mungkin sampai 2 minggu.

Setiap manusia dan anak2 mempunyai karakter pikiran bawah sadar yang berbeda, karena itu tidak bisa diramalkan kapan ada hasilnya. Jika lebih dari 7 hari belum ada hasilnya, cobalah terus sampai 2-3 minggu sambil lakukan sugesti2 saat ia sedang sadar. Ingat! Saat anda melakukan sugesti pada anak, jangan ngotot dan terlalu memaksa karena energi anda pun ikut berbicara padanya. Tips : Yakinkan bahwa sugesti yang anda berikan adalah langsung pada sumbernya, dan bukan mengobati gejala. Misal memberikan sugesti anak batuk, jangan mensugesti agar batuknya hilang, sugestikan agar sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Kreatif dan berpikirlah lebih detil mengenai setiap kondisi unik dan negatifnya anak anda, buatlah kalimat sugesti yang sesuai. Tetaplah mencari bantuan medis maupun psikologis yang handal untuk membantu anak saat dibutuhkan. Hipnosis adalah penunjang. Jangan melakukan pillow talk saat anda masih ragu, karena kesalahan dalam pengucapan akan berakibat buruk pada rekaman anak.

Semoga bermanfaat ya.

Sumber: @keluargahypno Hypnobirthing by Eva