Archives

Minim empati

Akhir2 ini Dinda jadi trending topic di sosial media, kenapa? Karena statusnya dia yang bikin emak2 yang pernah hamil geram.
Gw ga akan kasih link atau foto capture-an si Dinda, tapi gw ceritain aja sedikit ya.
Jadi si D ini bikin status dia kesel sama ibu2 hamil yang seenaknya minta kursi dikereta, mentang2 hamil jangan seenaknya, kalo mau enak kaya gw dong pergi subuh ngejar kereta demi bisa duduk dikereta.

Di satu sisi dibenarkan sama temen gw pengguna kereta dan tapi dia juga pernah hamil.
Memang kondisi saat pergi dan pulang kerja dikereta itu kaya berebut nyawa, berdesak2an dorong2an demi bisa naik kereta dan ga kesiangan kerja.
Tapi yang disayangkan dari si D ini bahasanya itu loh gw yang baca aja ikutan geram.
Ga sedikit loh pada akhirnya yang me- repath momentnya si D ini dan akhirnya dibully rame2, ada yang bikin berbagai macam joke juga, sampe perhitungan akuntan yang dibikin dari pernyataan dinda tentang pengeluaran ongkos yang dia keluarkan sampe tiba dikantor, kenapa ga ngekos aja??? gw salah satunya yang me repath ini

Apa anak jaman sekarang empatinya ga ada ya sama sekitar?
Ibu hamil kan dia bawa2 1 nyawa ya kemana2?
Gw pernah ngerasain soalnya asli rempong banget bawa tas gendong pegangin kakang lagi hamil zazu 5 bulan gede loh perut gw bukan buncit naik bis, banyak aja bapa2 dan mba2 yang masih seger buger duduk manis dan gw berdiri. Cuma bisa elus dada aja sih kalo gw.
Karna karma does exist, ga ngedoain juga yang jelek2 ko, ga ada gunanya cm bikin kita sama kaya mereka dong?

Balik lagi ke D di statusnya itu banyak yang komen perihal yang sama, duh ibu hamil kok manja, pasang earphone pura2 tidur aja, sampe cuekin aja lah.
Dimana ya empati mereka, mereka masih punya ibu ga ya? Walopun mereka udah berjuang untuk dapet tempat duduk di kereta tapi apa hati mereka ga tergerak melihat seseorang yang lebih lemah butuh duduk dari mereka untuk berdiri?

Sebenernya ini hanya masalah hati aja sih, apa mereka masih punya hati sedikit untuk berempati terhadap sesama? Atau udah ga ada sama sekali?

Sekali lagi ini peer gw buat didik kakang dan zazu supaya mereka lebih peduli sama sesama, lebih peduli terhadap lingkungan sekitar.

Advertisements

Masih ada orang baik diluar sana

Pengalaman ketiga motor mogok dijalan. Sialnya kali ini paling apes, karna bukan karna abis bensin tapi karna busi yang tiba2 ga berfungsi.

Jadi sepulang anter kakang ke TPA berbekal iphone yang abis pulsa dan ga bawa uang karna niatan mau ambil uang ke atm depan kompleks yang jaraknya lumayan.
Rencana awal ke pom bensin dalem kompleks buat isi angin karna ban rada kempes dikit.
Lalu abis itu ambil uang dan pulangnya balik lagi ke pom bensin dalam kompleks buat isi bensin.
Ribet banget idup lo chie huahahahaha.

Eh pas puteran balik ini motor tiba2 mogok ga bisa starter. Mau sms ga punya pulsa, mau isi bensin ga ada uang, mau dorong motor sampe rumah amit2 jauhnya.
Putar otak.
Ada bapa2 sebrang jalan lagi tlf kan, dia ngeliat lama2 gw berenti disitu diem nyelah motor, starter motor tetep motor ga idup juga.
Pertama kali yang ditanya si bapa2 itu
“Abis bensin ga mba?”
Ealah gw juga ga tau deh abis bensin apa belum karna meteran bensin menunjukan kalo bensin masih penuh. Emang rada2 oglek sih meteran ngaco. Buat mastiin gw buka jok motor cek tangki bensin. Oke bensin masih cukup. Jadi apa masalahnya?
“Pak boleh minta smsnya?saya mau nyuruh tukang ojeg aja jemput”
Beruntungnya si bapak punya pulsa. Alhamdulillah. 10 menit. 20 menit si pak kumis belum dateng juga.
Orang kedua yang berenti nawarin bantuan.
“Abis bensin kali mba?”
Kali ini gw jawab, coba bapa cek aja dulu bensinnya masih ada ko.
Dan dia paksa starter dan sempet nyala. Pas dia mau naik ke motornya pessss mesin motor gw mati lagi dong.
Akhirnya turunlah lagi dia. Gw beranikan diri, “bang ada pulsa ga? Pinjem untuk telefon tukang ojeg boleh?”
ada maunya aja manggil abang ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
“Ooo boleh boleh pake aja mba”
Pas gw dial nomer pak kumis datanglah sang ksatria aki2 itu yang ditunggu2.
Tanpa basa basi gw ucapin makasih ke si abang yang bantuin gw tadi dan gw pake motor pak kumis untuk ambil uang ke depan kompleks.

Dan pas gw dateng masih aja si kumis diem diatas motor gw tanpa melakukan apa2.
Sini lah saya dorong coba isi bensin dulu.
Terjadilah percakapan yang ngeselin.
Pak tolong dorongin motornya dong ke pom situ.
Jaraknya cm 10 meter tapi kalo gw dorong kan lumayan yaak beraaaat bok.
Dengan posisi motor yang bannya kurang angin itu aduhai loh.

Begitu selesai isi bensin gw coba starter masih ga nyala juga. Melipirlah gw isi angin. Ada satpam yang td begitu gw masuk pom dia cm cengar cengir dan basa basi “udah deket ya mba mau dibantuin juga”
๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช๐Ÿ˜ช

Akhirnya dibantu juga sama si satpam odong itu. Nah ya kan gw suruh kakang pulang sama pak kumis kan ke rumah, astaga jantung rasanya deg2an abis begitu disamperin sama laki2 lusuh tatoan. Di otak udah baca2 surat2 pendek seingetnya deh supaya dilindungi dari orang2 jahat.
๐Ÿ‘จKenapa bang? Kata orang itu ke satpam pom.
๐Ÿ‘ฎGa tau nih susah starter.
๐Ÿ‘จCoba saya strum yaa.
๐Ÿ‘ฉ ๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ๐Ÿ˜ฆ

Sambil terus menanti pak kumis gw ga berenti liatin si abang2 benerin motor gw setrum tetep ga nyala. Akhirnya dia buka rangka motor dan diambil businya.
Dicoba distarter masih ga nyala.
๐Ÿ‘ฎcoba busi ane nih bang
๐Ÿ‘จ*ngambil tanpa berkata2*
Terus dia coba. Bok dimotornya lengkap peralatan pretelin motor.
Pertanyaannya apakah dia montir motor???
๐Ÿ‘ฉ*sambil bisik2* pa dia kerja dibengkel?
๐Ÿ‘ฎtenang aja teh dia temen saya orang baik ko

Sepertinya si satpam baca gestur gw yang ga nyaman sedikit ga percaya kali yaa.

Alhamdulillah si kumis dateng motor udah nyala.
Daaan si pa satpam ga mau aja diganti uang businya yang dipake di motor gw. Begitu juga sama si abang2 yang benerin motor gw. Ya gw simpen aja di joknya dan gw pulang sambil ngucapin berkali kalo makasih ke satpam dan abang “montir”
Semoga Tuhan balas kebaikan kalian yaa.

Ya allah pelajaran banget deh walopun niatan ga pergi jauh bawa uang dan hp berpulsa itu penting banget loh.
Dan jangan juga pernah takut sama orang yang berniat bantuin kita, karna kalau yang selama ini kita lakuin kebaikan insyaallah dibalas kebaikan ditempat dan waktu yang ga terduga macam gw tadi.

Alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah.

Re-invite bbm

Emang kynya ga ditakdirkan untuk punya gadget canggih. Kalo ga batrenya somplak, ngehang pokonya ga awet lah.
Paling bener balik lagi ke onyx 2. Walaupun trackpad belah, screen protectornya udah ga berbentuk dibuka tutup sama kakang, speaker kadang ada kadang ga kalo teleponan. Tapi satu yang pasti batrenya masih manusiawi lah kalo di abuse 24 jam dipake email2an, bbman, wa-an dsb.

Mudah2an restore berhasil yaa, walo memo yang berisi berbagai macam resep ilang, contact yang baru2 ga kesave dan foto2 juga ilang tapi gpp lah drpd ga idup sama sekali.
Kalo kata si ayah
BACK UP bun BACK UP!!!
Apa susahnya sih back up data drpd kamu buka sosmed.
Ini yang namanya sudah jatuh tertimpa tangga, udah bb rusak masih dimarahin juga.
*ga mau kalah*

View on Path

Judulnya “karugrag”

20140404-120758.jpg

Karugrag itu bahasa sunda yang artinya baru sembuh sudah beraktivitas kemudian jatuh sakit lagi dan biasanya lebih parah dari sebelumnya.

Jadi kan si ayah ini 3 minggu yang lalu hari kamis ga kerja karna meriang. Siang2 itu diajak ke dokter diagnosanya hanya batuk flu dan gejala vertigo. Oooouuucch jangan sampe deh ayah kena vertigo. Penyakit yang ga enak banget. Lah mana ada penyakit yang enak yaa??

Nah senin itu masih blm kuat tuh dan ada demam sudah dari hari rabu. Smart. Baru bilang minggu malem kalo meriang demam dari hari rabu malam.
Naaah ke herminalah kita bertiga, gw ayah dan zazu. Kakang gw minta dijemput sama pak kumis.

Nunggu lamaaaa banget di IGD tuh, dari jam 10 baru diperiksa jam 12 aja dong. Lalu disuruhlah cek lab tuh. Ya allah baru liat si ayah pingsan ngegelepak kan tuh. Yang bikin gedeg banget adalah si petugas lab yang badannya tinggi besar ga melakukan apa2 dong!!!!
Malah dia pukul2 paha suami gw dan tarik2 tangan suami gw berusaha dudukin. Stupid banget!!!
Spontan aja dong gw ngamuk.
“Mas punya otak ga ya ada gitu orang pingsan bisa ya duduk sendiri, bantuin dong bego!!!”
Asli emosi, dan dapat diyakinkan kalo gw ga lagi gendong zazu kayanya udh gw tendang itu orang. Stupid, asli stupid!!
Gw ga sempet catet namanya yang pasti petugas lab laki2 bagian administrasi keknya badannya paling besar dan paling tinggi di hermina yasmin bogor.
Mudah2an lo sehat terus ya mas!!!

Ganti topik yaa.
Nah hari minggu mulai enakan tuh si ayah ngajak makan diluar. Pulangnya beli baju tidur ade zazu di baby house. Loh kenapa badan gw berasa gremeng2 yaa. Ga enak banget.
Pulang kerumah bener aja meriang dong.
Senin si ayah pergi kerja, jam 4 udah sampe rumah katanya badannya masih berasa linu dan keleyengan.
Oke berati gw dan si ayah sakit barengan. Kesian anak2.
Selasa masih ga enak juga. Sementara kamis kakang ke ancol. Mulai di sounding tuh kalo kakang pergi berdua mak iyam gimana?
Anaknya sih oke aja.
Rabu mulai enakan dan gw nekat nganter kakang kesekolah. Rabu malem mak iyam dateng. Gw nguplek di dapur tuh setelah siang makan diluar kan. Bikin bekel buat besok di ancol.

Kamis subuh gw udah mandi tuh siapin baju anak2 baru mandiin anak2.
Di bis mulai ngerasa mual banget. Nyampe ancol perut berasa ada twisternya ya allah krubuk2 melilit ga jelas deh. Kentut sama sendawa terus2an. Dipaksain aja terus jalan. Ade zazu tidur lama banget di gendongan.
Waktunya maksi juga ga enak banget perut ga bisa diisi deh. Jam 3 makin ga enak akhirnya beli baksonya planet bakso bikin yang pedes banget.
Jam 5 perjalanan pulang, nyampe rumah jam 1/2 8 deh. Langsung diare. Muntah2 kentut sendawa ga berenti. Sampe jam 4 subuh total pup dan muntah udah 5x. Pagi2 bangun juga ga berenti pup dan muntah. Gongnya pingsan karna udah lemes banget. Dikasih teh manis anget pun keluar lagi. Akhirnya dibawa ke hermina sama si ayah.
Dan dokter pun nyaranin rawat inap. Karna di IGD pun pup udah 3x dan air doang.
Lalu dibilangin kalo masih punya anak yang masih asi. Akhirnya di observasi di IGD lewat infusan. Mana pake salah tusuk pulak.
“Sus kalo saya ga lemes ini saya udah marah2 deh sus sakit tau ga”
Akhirnya ganti suster baru ketemu.
Abis 2 infusan obat lambung dan pencernaan, tetep ga ada perubahan, lalu diputuskanlah rawat inap. Sepanjang malem keingetnya zazu terus2an. Dapet laporan dari iyam anak2 alhamdulillah soleh banget
Sabtu malem diperiksa dokter alhamdulillah minggunya boleh pulang tapi setelah dokter visit.
Sehat itu mahal banget, tapi sakit lebih mahal yaa, jadi lebih baik mencegah daripada mengobati, hati2 kalo jajan, jangan kecapean makan jangan telat.
#selfreminder banget!

>

20140404-121304.jpg

Cobaan lewat rejeki

Dari awal bulan februari alhamdulillah dapet orderan banyak. Mulai dari cake, cookies hias dan bento.
Dalam hati *ya allah alhamdulillah banget dikasih kerjaan banyak dapet penghasilannya juga banyak*
Kebeneran punya cita2 membahagiakan anak2 pengen ngerayain ulang tahun zazu 1 tahun dan kakang 5 tahun.
Ya allah mudah2an semua berjalan lancar.

Memang ga boleh suudzon apalagi sama Allah. Sempet terlintaaas dikipikiran “kok tiba2 banyak orderan yaa, biasanya adaa aja cobaan deh tiba2”
Bener aja 2 hari ini zazu demam, maunya digendong terus. Muntah dan rewel ada batuk pilek sih, untungnya anak ini masih mau makan. Tapi berkurang porsinya sih, yang penting perutnya ga kosong.
Harusnya selalu husnudzon sama Allah sang maha pencipta. Harusnya percaya saja, kalau setiap apapun yang diberikan untuk kita itu pasti baik.

Panik dan ga tenang melanda gw 2 hari ini. Mikirin buruk2nya gimana kalau AMIT2 zazu harus dirawat, gmn kalau ga bisa selesaiin bentonya? Bukan jumlah yang sedikit juga.

Tapi begitu membebaskan pikiran sama hal2 yang sebetulnya ga perlu dipikirkan dengan terlalu alhamdulillah banget sore kmrn zazu udah ga demam, malem pun ga demam. Alhamdulillah.

Jadi kalau ada orang yang selalu menganggap cobaan yang Allah kasih itu seperti ga punya uang, kena musibah kecurian, buat gw cobaan terbesar adalah pada saat kita dikasih rejeki lebih sama Allah.
Mudah2an gw selalu jadi orang yang bisa bersyukur apapun yang Tuhan kasih buat gw, semoga bisa juga mengemban amanah dari Allah lewat rejeki yang dikasih karena sebagian harta kita adalah milik kaum miskin dan yatim piatu.

Kadang suka lupa zakat tiap bulan. Suka dirapel brp bulan gt ๐Ÿ˜–๐Ÿ˜–๐Ÿ˜–
Etapi ya masih jadi pertanyaan gw simpang siur antara ustad satu dan yang lainnya tentang zakat.
Pertanyaan gw adalah apakah kalo untuk korban bencana alam kaya gunung kelud yang meletus itu kita niatkan untuk berzakat harta dan penghasilan?
Ada yang jawab ga bisa karna zakat itu haknya kaum miskin dan yatim piatu.
Ada juga yang jawab bisa aja, karna korban bencana alam juga sedang kesusahan seperti orang miskin dan yatim piatu.
Jawaban yang gw ambil adalah jawaban imam gw ๐Ÿ˜๐Ÿ˜
“Niatin aja untuk korban bencana alam itu sedekah dan zakat seperti biasa aja ke lembaga pengatur zakat. Zakat itu kan sebenarnya harus ada akadnya”
Sepakat?

menghitung hari

Sabtu kemaren cek baby Z. Setelah nanya ini itu, kenapa ini itu. Jawaban dokter emang masuk akal. Baby Z udh ga punya ruang gerak lagi didalem perut gw, jd gerakan dia sedikit aja bisa kerasa banget sama gw. Sesek nafas juga biasa. Oooh oke jd semua emang wajar2 aja. Mules yang selama 2 minggu terakhir ini juga masih normal, asal ga intens dan ada jeda sama 10 menit sekali its oke. No problem.

Cek plasenta, alhamdulillah ga ngehalangin jalan lahir.
Posisi kepala Z alhamdulillah sudah nunduk, makanya 2 minggu terakhir ini ga bisa dapet gambar yang oke :(. Posisi nunduk tinggal masuk panggul aja.
Jumlah air ketuban alhamdulillah masih bagus dan cukup
Semua organ alhamdulillah normal dan sudah positif berzakar hahahahaa.
Lilitan yang semula dikhawatirin gw dan ayah alhamdulillah udah lepas sejak 2 minggu terakhir.

Senin depan cek panggul, dan ketebalan bekas luka parut. Mudah2an udah tebel banget yaa bekasnya jd ga akan ada resiko pecah pas ngeden nanti. Panggul juga mudah2an bisa dilaluin sama baby. Ukurannya lebih dr cukup, amiiiin.

Sekarang tinggal siapin mental buat ngadepin hari senin besok, karna konon katanya ngecek ketebalan luka parut kalo ga keliatan via usg kudu cek dalem*glek*

Mudah2an bismillah baby Z lahir cukup usia kandungan, semua normal, bisa spontan, ngeden sekali langsung brojol, emaknya ga cengeng, dan semangaaaaat!!!!
Minta doanya ya temen2.

1,2,3 hap hap hap senaaam hamil

“Salah satu tujuan dari senam hamil adalah diharapkan lahiran nanti bisa spontan alias normal seperti kodratnya wanita. Wanita hamil itu orang sehat, tidak ada wanita hamil dikategorikan sebagai orang sakit, makanya kenapa diperlukan senam hamil, tujuannya untuk relaksasi, bukan sepeti aerobik yang tujuannya membakar kalori, jd cukup diulang2 dirumah sebanyak 2-3 kali rutin setiap hari, masing2 6 hitungan saja. Diharapkan untuk usia kandungan diatas 37 minggu baby sudah bisa dibantu masuk panggul dengan senam hamil.”

Begitu sapaan bidan kepada ibu2 hamil sebelum memulai sesi senam hamil.
Gerakannya simple sih, dirumah juga bisa. Cuma karna orangnya pelupa ya bok dan pemalas kalo sendirian, jd deh dipaksain senam hamil di rumah sakit.

Disitu diajarin teknik pernafasan kalo mules dateng, gerakan pinggul-pantat-paha, relaksasi, teknik supaya kaki ga bengkak, teknik supaya baby masuk panggul, menghindari sungsang, dan biar baby muter kalo emang sudah diatas 37 minggu blm muter kepala dibawah dan menghadap ke punggung kita.

Dan kebanyakan ibu2 usia kandungannya diatas 33weeks, kayanya cm gw doang yg usia kandungannya masih dibawah 30weeks dan perut ga kalah besaaar, hahahahaha.
Tadi kaget banget kan pas masuk ruangan senam, ada ibu2 badannya kecil dan perutnya juga kecil, dalam hati, asik nih ada temen senam lama sampe bareng lahiran, gw tanya kan, brp weeks mba?
“33 weeks” hahahaha langsung liat perut sendiri dikaca.

Dan serunya setiap habis acara senam hamil selalu dikasih cemilan dan teh manis anget, kayanya gw doang yg dengan semangat 45 nambah, heuheuhue.

Harusnya ada foto2nya ya step by step jd kayanya postingan ini bermanfaat buat semua. Nanti deh kalo sempet gw foto step by stepnya, jd buat yang males atau ga sempet ikutan senam hamil dirumah sakit bisa tau step by step sesuai kebutuhan.
Next postingan yaa. Mudah2an ga males*cross finger*