Story behind baby Z birth

Seperti yang gw ceritain, senin 11 feb kemarin jadwal untuk cek panggul dan ketebalan luka irisan bekas sectio dulu.
Kesiangan super rusuh anter kakang dulu sekolah. Ayah juga udah dapet tlf dr hermina kalo dokter minta jangan lebih dr jam 9 pagi ini.
Alhamdulillah perjalanan lancar cm 15 menit dr sekolahan kakang ke hermina.
Super deg2an sepanjang proses usg.

Ternyata allah berkehendak lain. Luka irisan kurang dr 3mm, yaitu 2,9mm. Sesek banget dada ini ya allah setelah tau buat lahiran normal sekarang tinggal mimpi doang. Pengen nangis jerit2 rasanya. Kenapa ya allah kenapa.
Rasanya saat itu jd orang yang paling ga bisa bersyukur deh.
Dipikiran terlintas ini ga adil, disaat udah optimis banget bisa lahir normal, berfikir kakang pun udah mau 4 tahun kenapa ga bisa?

Diperjalanan pulang pas ayah turun beli minum nangis sambil jejeritan ngeluapin emosi yang nyesekin dada. Rada plong sih.
Dan ayah pun berusaha nguatin gw. Ngajak jalan, ngajak makan.

Sampe rumah pun disambut kakang dengan.pertanyaan “bun apa kata dokter?adik kapan.lahir?”
Sesaat gw terpaku, ya allah kang peluk kakang aja deh biar sesek di dada ini terobati.

Setelah tenang dan otak mendingin ngobrol sama ayah, “apapun prosesnya sama saja perjuangan juga. Yang paling penting kan gimana kita bisa mendidik anak2 dengan baik sampe besar nanti kan. Mau normal ataupun caesar semua ada resiko dan semua mulia, ga penting lah kalo ada yang bilang bukan perempuan kalo ga melahirkan normal.”
Dan gw pun merenung. Iya juga sih. Baiklah mari kita bulatkan tekad, tenangkan diri, pasrahkan dan ikhlasan hati buat operasi senin besok.

Minggu udah siap2 sengaja mandi sore2 biar keramas bersih. Jam 7 kita berangkat ke rumah sakit. The hardest part adalah pas dadah2 sama kakang, gw peluk erat dan kakang malah usap2 gw “bun jangan sedih kakang doain yaa” sukses mewek sepanjang perjalanan ke rumah sakit.
Daftar ulang, terus makan disebelah rumah sakit.
Jam 10 udah naik kekamar dan istirahat.

18 februari 2013
mandi subuh dan solat. Diinfus juga skin test. Ooo i hate that. Jam 7 udah digiring ke ruang operasi. Bismillah. Perjalanan akan dimulai.

Memang bukan rejeki gw juga ngerasain IMD. Zazu dibawa paksa dengan alasan biru karna kedinginan. WTF. Semua orang juga tau fungsinya IMD bagus banget. Dalam keadaan ga berdaya gw jerit2 anak saya mau dibawa kemana, heeei kesiniin. Kayanya kalo tangan ga diiket udah berusaha bangun. Sampe diruang pemulihan gw nangis sejadi2nya cerita ke ayah.

image

Baby Z yg tengah

Ya sudahlah anak2 ga ngerasain IMD T_T
Begitu liat zazu nemplok didada rasanya nyes banget walo cm semenit doang.

image

Operasi selesai jam 1/2 9 dan baru ke ruang pemulihan jam 9 setelah dibersihin segala macem.
Sejam setelah operasi gw disuruh susternya buat miring kiri miring kanan supaya cepat pulih. Sesakit apapun gw berusaha supaya bisa cepet pindah kekamar dan ketemu baby Z.
Jam 12 pindah keruangan dan setiap 15 menit gw panggil suster nanya bayi saya tolong kesiniin sus! Alesannya tetep sama: masih diobservasi bu. Ngehe.
Baru jam 3 ketemu sama baby Z, plek2 kakang banget mukanya.

image

Dan ada tragedi air rembes ke jaitan. Gara2 suster yang nyuruh gw mandi bebas. Padahal dokter udah wanti2 ke setiap suster yang jaga pasien operasi ga boleh mandi dan harus dibantu di lap. Yang terjadi apa?gw disuruh mandi sendiri, dia ngeliatin tanpa bantu gw gosok2. Boook 12 jam baru aja gw dioperasi disuruh jalan sendiri, mandi dan gosok2. Setan. Udah gt macam baru pertama kali operasi aja kau chie. Operasi SC yang kedua ini jadi operasi ke 8 gw padahal. Tau deh kok nurut disuruh mandi ko ya mandi.
Yang rugi siapa deh?jelas gw, sakit, nambah biaya datengin dokter jaga, ganti perban dan nambah dosis tahan sakit dan antibiotik. Eeerrr.

Cerita baby Z lagi deh, nyusunya pinter plek nempel ke PD langsung nemu puting. Tapi sayang ASI gw blm keluar padahal udah keras kaya batu. Meriang lah 2 hari dirumahsakit. Udah sempet didatengin sama ketua aimi bogor mba desti hihihi sama inda. Makasih ya udh sempetin dateng dan kasih ASIP buat Z walo si ASIP akhirnya ga kepake dan harus dibuang hiks nyeseknya ampe ke ubun2 mba des, maafkan yaa.

Hari ketiga pagi baru deh ASI ngalir lancar walo produksi masih berlebihan dan zazu nyusunya juga blm banyak2 banget.
Hari kedua dijenguk kakang. Ya ampun kangennya udh di ubun2 sama kakang.

image

Excited banget kakang. Sedih banget jdnya alesan2 dia ogah ngapa2in dirumah karna ga ada adik sama bunda dirumah. Nangis deh gw dasar cengeng.
Untung pas mau pulang kakang pules tidur jadi ga ada drama pengen pulang sama adik dan bunda. Soon ya sayang soon.

Hari kelima setelah visit dokter diijinin pulang. Yiaaaay.
Sampe rumah disambut kakang yang sumringah banget adik dan bunda pulang.

image

Akur terus sampe selamanya ya anak2 ganteng. Jadi anak2 soleh, pintar berguna bagi sesama, selalu bertindak sesuai jalan Allah dan menjauhi segala laranganNya ya sayang2ku. I love you both, to the moon and back.

4 thoughts on “Story behind baby Z birth

  1. chie,ternyata dirimu 2x sc? wah…gw lebih parah lagi ngerasain yg nmanaya mules induksi 24jam x tu..ky mau mati aja..ehh ujung2nya sc,tau gitu dr awal mau sc gw req tanggal lahiran deh..tp apadaya ya…:) yg penting liat anak sehat

    • Iyoo 2x SC huhuhu. Yang pertama malah udah induksi dan diruang bersalin 3×24 jam aja dong, ngok!
      Yang zazu ini kepengen banget normal eh kudu SC jg, sebenernya mungkin bisa ya diusahakan normal, curiga dokternya komersil pisan deh hahahaha. Soalnya yg ke dia semua SC deh T_T.

  2. Mbak kalo boleh tau pake dokter siapa? Rumah sakitnya hermina bogor ya? Kebetulan saya lg hamil anak pertama dan pengeeeeen banget lahirnya normal…

    • Sorry ya mba baru reply, aku pake dokter budi susetyo, iya praktek dihermina bogor, aku lahiran juga disana. Ehm dia pro normal sih sebenernya, tp entah kenapa yang lahiran bareng aku semuanya SC, hiks ga tau kebeneran atau gmn deh. Coba aja ya. Mudah2an bisa normal, semangat ya mba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s