Belajar dari pengalaman

Yaaa untung banget yaa, gw itu pengalaman sering ditipu sama customer. Kebalik yaa?hehehe.
Sering banget dimaki2 temen2 terdekat yang tau gw orangnya gmn?tolak aja atau jgn dibuatin kl blm bayar!
mau nolak ga tega, eh pas dikerjain susah payah ga dibayar. Emang kebodohan ada di gw sih, percaya gt aja karna sibuk atau entah males yaa ngecek internet banking padahal ga nyampe 5 menit deh, buka laptop, klik shortcut banknya, login, terus cek.
Iya iya doang, oke tar di cek.

Mungkin buat yang mentalnya suka nipu, keenakan kali ya mikirnya oooo enak nih dia bilang iya doang, besok2 gw order lagi deh.
Dulu pernah juga gw posting di multiply ceritanya gmn beberapa kali ditipu sama langganan. Jd deh karna setiap gw buka PO selalu order. Gw pikir anaknya doyan banget ya, alhamdulillah. Abisnya cepet banget 2 minggu ludes 3 toples.
Nah waktu belanja ngecek atm ko kayanya saldo ga sesuai sama orderan yang masuk.

Cek dan ricek ternyata atas nama si pelanggan gw itu ga masuk. Makin penasaran karna bank mandiri internet bankingnya bisa cek 2 bulan kebelakang, dan ternyata ga menemukan transferan masuk dr si pelanggan. Harusnya kan pembayaran yang masuk udh 4x. Dan jumlah yang sama dengan total tagihan pun ga gw temukan.
Oalah, pening kan langsung kepala mamak ini.
Gw langsung kirim bbm minta semua bukti pembayarannya tanpa basa basi. Boook gw percaya gt aja yaaa. Dan hasilnya dia ga bs nunjukin bukti pembayaran, dan alhamdulillah bersedia membayar tagihan yg blm dibayar. Lumayan banget loh diatas 1juta tagihan dia. Eeerrrr. Begitu lunas, maaf semua contact atas nama dia gw delete dan blacklist.

Sejak itu gw makin berhati2 sama customer. Buat syarat dan ketentuan yang ketat banget. Email konfirmasi pembayaran harus sertain juga bukti pembayaran.
Ribet banget sih?biarin, kalo udh kejadian kaya yang udh2 kan yang rugi waktu dan materi juga tenaga kan bukan customer tapi gw.

Nah kejadian hampir aja berulang. Bulan oktober ada yang kirim message di FB, tanya2 soal goodiebag. Bento apa aja sih, harga brp?kirimnya gmn?cookies dikirim pake apa, endebra endebre.
Awal desember dia langsung tanya cara ordernya gimana?gw bilang gw HARUS order via email, soalnya biar satu account aja ngeceknya, ga ribet dan ga akan kelewat juga.
Dan kerempongan dimulai dr sini.
Seharian itu secara hari senin kemaren gw lagi ngerjain pesenan terakhir diminggu tenang itu kan, doi nanya2 terus berkali2 gw minta order via email dan katanya ga bisa, dia minta tolong “mba tolong dong saya diijinin order via FB, saya lupa email saya, dan ga bisa ol kecuali anak2 udah tidur”
Oke secara gw ga tegaan ya bok orangnya. Gw ijinin lah dese order via FB, gw kirim invoice via FB. Jelas pedahal disitu beberapa point penting, ga akan gw bikinin kalo belum transfer.
Dan dia langsung reply, oke mba besok pagi saya transfer yaa. Gw sebenernya minta ditransfer malem itu juga, karna udh mepet banget kan ga nyampe seminggu itu orderan.

Besok paginya pun gw ga inget kalo dia order. Tapi semalem udah gw order kurir untuk hari sabtu.
Kurirnya bilang bu maaf banget kita udh full. Gw bilang ya mas, ini orderannya juga dadakan, orangnya minta tolong, saya boleh minta tolong mas usahain?
Oke dikabarin siang dia bilang bisa diselipin sama orderan yang sejalan. Alhamdulillah gw bilang dlm hati.
Siangnya begitu kelar kerempongan yang lain, gw keingetan, gw inbox via FB ngingetin dan nanya apa dia udh transfer.
Hasilnya gw kirim 2x message ga ada respon.
Akhirnya dihari rabu pagi gw sms, mastiin kalo siang ini pembayaran ga masuk gw terpaksa gw batalin kurir besok pagi.

Kamis pagi gw inbox kalo gw sudah batalin kurirnya dan ga bisa bikinin orderan dia untuk sabtu ini. Kamis siang gw minta maaf berkali2 sama kurirnya kalo orderan sabtu dibatalin. Kepikiran terus kesian kurirnya sih, udah mepetin orderan orang ngatur jam pickup, mikirin estimasi pengiriman brp jam, belum kondisi jalanan kaya gimana. Duh maaf ya mas, mudah2an orderan yg lain berdatangan.

Jadi maaf ya kalo kedepan prosedur gw makin saklek dan rada ribet.
Belajar dr pengalaman cyiiiin.

2 thoughts on “Belajar dari pengalaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s