Sabar ya Z 70 hari lagi..

Ga pernah rasain gimana ketuban pecah, kontraksi alami apalagi lahiran normal. Riwayat kakang dulu ketuban pecah tapi ketahan baby jd kantung ketubannya diatas baby, jd keluar ga deres alirannya alias rember sedikit2 gitu penjelasan dokter budi kemarin.

Nah hari rabu jam 3 pagi eh udah masuk hari.kamis ya berati, itu gw kebangun saking mulesnya. Nongkrong 1/2 jam di toilet eh malahan pup. Sejak itu CD berasa basah terus. Baby Z juga semaleman ga bisa diem banget sampe baru bisa tidur lagi jam 1/2 5 subuh.

Paginya dibangunin ayah ga kerja katanya badannya masih sakit2 pasca jatuh dr motor kmrn, ngajak makan bubur depan kompleks. Pas turun dr motor, eh ko celana berasa basah ya, dan itu pertama kalinya makan bubur fav ga nikmat banget deh was2 pleus mules banget!
Akhirnya belum abis makan bubur langsung pulang kerumah, bbm bidan tutie PMO hermina, tapi ga ada jawaban. CD pun basah banget. Warnanya bening dan ga berbau apa2. Ga amis apalagi ada lendir. Sambil nongkrong di wc kembali gw malah pup akhirnya.

Ayah pun nyuruh gw daftar dokter dan ngajak ke RS saat itu juga.
Sambil nanya di grup whatsapp supermomsid ciri ketuban dan kontraksi kaya gimana disambi googling juga.
Malah tambah bingung ada yang bilang ketuban berlendir warnanya putih dan bau amis. Ada juga artikel yang bilang warnanya bening kaya air dan ga ada baunya.

Aaaaah ga mau nunggu lama sambil bbman sama mayi juga gw berangkat ke hermina. Ayah pun bawa ngebut banget lagi. Eeerrr.
Sampe hermina dimeja repsesionis daftar buat UGD. Akhirnya penasaran dokter kandungan yg lagi praktek siapa aja. Ditlf ke bagian kebidanan kebetulan ditanya gw biasa ke dokter siapa?alhamdulillah dokter budi ada abis bantu lahiran.

Akhirnya suster jaga di bagian kebidanan dateng nyamperin dan bawa kursi roda. Mikir udah aneh2 deh, sambil terus kasih tau apa yg gw rasain gw pun dibawa keruang bersalin dilantai 2 untuk observasi.
Sampe dilantai 2 langsung ke ruang bersalin disana ada 1 ibu2 yang mau melahirkan.
Jantung gw berdegup kenceng banget. Jipeeer bok denger orang mau lahiran. Sebentar dia melenguh, tar jerit2, tar nafas kaya orang kepedesan, stress aja deh pokonya.

Akhirnya direkam detak jantung Z. Kalau gerak adenya dipencet tombol ini ya bu kata suster sambil ngasih gw tombol persis kalo kita dirawat kalo mau manggil suster pake kabel itu loh.
Dan emang Z ga bisa diem tiap berapa detik gw pencet tombolnya, dimesinnya muncul baby movement record. Oooo betapa canggihnya yaa. Hehehe.

image

Ngerti deh gw dikasih yg beginian

Mulai tambah stress pas ayah bilang ga bisa nemenin kakang ga boleh masuk dan suster bawa beberapa peralatan dan lampu gt. Oh my God. Jangan si cocor bebek pikir gw dalam hati.
Lemes deh ah langsung pas kenyataannya suster nyuruh gw angkat pantat dan muter2 baut yg ada di cocor bebek keparat itu.
Lemesin ya bu, tarik nafas panjang. Dan aaaaaarrrggggh sakiiiit bok hahahahaha.
Diambil cairan untuk dicek dilab.

Makin lemes lagi pas dokter dateng. Cek usg hasilnya yang pertama kali gw tanya, ketubannya gmn dok?
Alhamdulillah masih diatas batas normal 5,5cm. Hhhhhhh satu yang bikin super lega.
Baby Z pun posisi bagus, gerakan aktif.
Tapiiiii terakhir cek kan sabtu lalu beratnya masih 1300an gram, subhanallah gw ditanya makan apa aja dek ini 3 hari naeknya 350gram hehehehe skrg beratnya udah 1675gram.
Tetep dokter budi bilang ga usah terlalu dipikirin masalah berat badan baby yang penting nutrisi cukup.

image

Baby Z melotot

image

Berat baby Z dan persediaan ketuban

Hasil lab keluar 2 jam dan gw disuruh nunggu disebelah orang mau lahiran, akhirnya maksa ke susternya buat nunggu dikantin bawah aja.
Ga sampe 2 jam ditlf hasil lab bisa diambil. Dibawa lagi ke atas.
Alhamdulillah hasilnya ga ada yang perlu dikhawatirin, leukosit emang tinggi banget nilai normalnya 1-3 dan hasil lab gw 20-30 katanya itu penyebab gw keluaran cairan. Bakteri yang nyebabin gw keputihan. Hanya disuruh jaga kebersihan aja, harus selalu kering.
Dan mulesnya katanya dari kontraksi palsu. Diliat aja kalo mulesnya teratur baru perlu cepet dateng ke RS.

Mudah2an kita bisa sehat terus ya nak, sampai ketemu diawal maret, kamu bisa lahir spontan dan kita selamat bisa kumpul sama ayah dan kakang, insyaallah.

One thought on “Sabar ya Z 70 hari lagi..

  1. Pingback: Field trip with supermomsid(so much fun) | The adityas

Leave a Reply

