Dikasih hati minta jantung

Holaaa udah lama ga ngeblog yaa, mau cerita sedikit tentang asisten gw. Masih inget postingan gw yang ini tentang asisten gw yg dulu sempet “cuti”.
Nah skrg doi cutiiii lagiii bok.
Ceritanya gini.
Diawal dia pertama kali kerja disini dateng sendiri nyari kerja, disepakati kalo gajinya diambil setiap akhir minggu. Tahun 2011 bulan apa ya lupa deh, januari kalo ga salah, disepakati gajinya perminggu 60rb, kaget sih, pasaran disini ko.murah banget, itu udah nanya ke 4 tetangga gaji pembantu pulanh hari rata2 segitu semua, dan memang untuk sabtu dan minggu requestnya ayah pengen ga ada orang lain dirumah, ngerjain kerjaan rumah gw sendirian bareng2.

Itupun udah jd konflik antar persekutuan pembantu karna pembantu lain dengan  gaji segitu ga ada libur. Sadis kalo kata gw sih.
Dan kerjaan rumahnya lumayan rapi awalnya, mau dengerin perintah, cepet tanggap dan bisa diajarin. Tapi kalo urusan sigep mah jauuuh, kerjanya klemar klemer kaya putri solo, tapi gw sangat bersyukur  karena kakang ada temennya, karna dia bawa anaknya umur 5 tahun, perempuan. Dan gw pikir si emak dan gw bakalan ga terlalu repot lah.

Dan dia punya kelebihan yang lagi2 gw syukuri, dia bisa bawa motor, jd belanja ke bogor kalo gw ga mood nyetir dia yang setirin.
Daaaan yang paling kepake ya dia cepet banget gw ajarin bikin kue, gw lepas cetak kue, lama kelamaan dia bisa hias cookies hias. Makin ringan lah kerjaan gw.

Ga sampe 6 bulan kerja gajinya udah gw naikin 45%. Dan itu diluar lembur atau kalo nyetir ke bogor. Kalo kakang jajan apa, tanpa gw tanya anaknya gw beliin, ya gw tegesin kalo sama gw asal lo jujur aman deh, soal jajan, makan atau butuh apa tinggal bilang aja. Waktu anaknya ulang tahun ke5 gw bikinin cake hias butter cream dan gw kasih uang untuk ulang tahun.
Gw selalu curhat masalah ini sama @vinasumitro yang senasib sama gw, sama2 dibully pembantu*sigh*.
Waktu banyak banget pesenan kukis hias disambung bazaar MKH gw kasih sebulan itu tiap minggu kadang 150rb, kalo lemburnya sering gw kasih 250rb. Sementara disini pasaran gaji pembantu nginep tanpa hari libur aja range nya 400-450rb.
Intinya kalo soal uang gw ga itungan deh.
Dan ini yang bikin si emak suka sirik.

Nah lama kelamaan setelah “cuti” yang kemaren itu kinerja nya kurang bagus, cucian selalu numpuk, setrikaan seminggu udah ngegunung, kadang gw suka manggil tetangganya dia yang jobless buat setrika. Pokonya lambaaaat banget deh, dia bener2 cuman bantu bikin kue tok.

Dalam sebulan dibulan april kemaren itu, setiap minggu dia pasti ijin deh setiap senin ga masuk, dan alesannya aneh banget bikin gw buat keputusan gajinya harus dipotong sehari dia ga kerja, ya emang dasar ga tegaan.dipotongnya juga cuma 5rb, kenapa sih ko harus dipotong?gw ga mau hal itu jd kebiasaan dan dia jadi seenaknya.
Minggu pertama bulan mei dia ga masuk senin- rabu karna anaknya sakit yang berati dia kerja hanya 2 hari dalam seminggu, apa gajinya gw potong? Ga dong.
Miss com terjadi disini.
Gw sms dia nanya, saya kasih kamu uang brp? Soalnya gw inget gw baru ambil uang di atm. Dan jawaban dia ga sama dengan jumlah yang gw kasih ke dia. Akhirnya besok paginya dia sms dengan jumlah yang sama kaya yg gw kasih ke dia.
Minggu sore tiba2 dia sms, saya cuti dulu ada urusan dikulon(dirumah orangtuanya).

Karna penasaran senin pagi gw tlf suaminya ada apa sih sebenernya. Tau2nya mereka berantem hebat sampe si ida ini pulang kerumah orangtuanya, ya ampun gara2nya simpel banget, suaminya ga suka kalo dia ngapain bilang dengan jumlah yang kurang ke gw, dan si ida ini emang karakternya anak manja, dan masih egois nya tinggi banget. Jadi si suami ini sering gw suruh bawa mobil kalo gw ada acara di weekday di jakarta dst. Sering curhat lah si suaminya ini perihal kelakuan istrinya yang boros, banyak maunya, susah diatur, ga mau denger apa kata suami.

Dan di kamis sore si ida ini sms gw kalo dia cuti seminggu ini, ya gw masih berfikiran positif, gpp lah dia libur sementara dulu seminggu doang ini, itung2 dia refreshing dulu.

Dipikiran gw berati senin masuk dong? Dan minggu sore gw sms nanya dia dimana?
Dan si suaminya reply teh idanya sakit udah 4 hari, kayanya blm bisa masuk.*sigh*
Dan akhirnya gw tegesin tanya jadi sebenernya mau kerja lagi apa ga? Dan direply ga. Oke lo-gw- end.

Padahal ya si ida ini sering cerita ke si emak kalo sekarang banyak cicilan, anaknya mau masuk SD dan kerja disini ngebantu financial mereka banget, karna gaji suaminya ya bisa dibilang pas2an. Ya mudah2an mereka selalu diberkahi rejeki yang bisa mencukupi mereka yaa.

Inti cerita gw disini adalah disaat kita percaya banget sama orang, udah sayang sama orang tiba2 orang itu bertindak seenaknya, jd serba salah ya bok, terlalu baik salah juga. Ya kita mah berbuat baik aja dah terus toh Alloh juga ga tidur kan.

2 thoughts on “Dikasih hati minta jantung

  1. Kakang, seandainya deket kamu bisa main ama abang sementara bundabu bantu bunda cetak dan ngemilin kue bunda…..
    Ya Allah buuun elo mah kesabaran, tar amit-amit jangan sampe kejadian kaya gw bun.. Duh sial amat sih kita ber-3 soal pembantu yah –“

    • Iyaaaa bun, gilaaaak kata pina juga gw super sabar, knp coba?karna butuh bun, dan dese tau kl gw sangat butuh dirinya, jdnya ngelunjaaaaak.
      Iya ih amit2 nih, bertiga sama si opak yaaa?*gruphuuuuug*

Leave a Reply

