(resep) ayam singkong @sajiansedap

Berhubung lagi mengurangi konsumsi karbo, jdlah setiap belanja selalu banyakin sayuran, soalnya hilang karbo lauk dan sayuran jd banyaaaak, bisa semangkok sekali makan.
Nah kemaren itu liat daun singkong, jadi kepikiran ayam gule di restoran padang, pake sambel ijo dan kuah gule, lalab singkong*nyamiiiiih*
Tanya deh sama @sajiansedap resepnya, perpaduan ayam dan daun singkong. Hasilnya enaaaaak, guriiiih.

Berikut resepnya ya

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
1 ekor ayam, dipotong 8 bagian (gw  ½ aja, 4 potong)
250 gram singkong, dipotong-potong (gw ga digram tapi yang pasti setambru seabrek ² )
4 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
600 ml santan dari 1/2 butir kelapa (gw pake 300ml)
1 batang daun bawang, diiris halus
2 tangkai kemangi, dipetiki
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
7 butir bawang merah
3 buah cabai merah keriting
1 buah cabai merah besar
4 butir kemiri, disangrai
3 cm kunyit, dibakar
1 cm lengkuas
1 cm jahe

Cara Pengolahan :
Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai harum. Masukkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Tambahkan singkong. Aduk rata. Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang.
Menjelang diangkat, tambahkan daun bawang dan daun kemangi. Aduk rata.

sayangnya lupa deh masukin cabe rawit a.k.a cengek kalo ga pasti mantab, direndos di kuahnya*glek*
Buat yang ga makan santan, bisa diganti yoghurt, enak kayanya ada sensasi asem ² nya, atau susu UHT.
Kalo gw berhubung ga makan nasi yang berarti mengurangi kenikmatan dalam bersantap, harus makan yang enak, santan kan gurih ² gt ke masakan. Hahahahaa, yang ada sama ² nimbun lemak ya bok.
Selamat mencoba yaa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s