(RESEP) – mplek mplek

Siang ² mendung gini kayanya enak nyeruput kuah yang anget ². Buat gw yang lagi kurang enak badan setelah dirawat kemarin, enak kayanya makan mplek-mplek.
Makanan ini resepnya dari nenek gw alm. yg memang asli orang chinese, hehehe jd ada turunan darah chinese deh sedikit.
Bahannya gampang banget, tinggal di modif isi nya aja, tambah sayuran favorit, cemplung ² jadi deh.
Kenapa kami menyebutnya mplek mplek?karna pas bikin diteken ² istilah kita sih mplek mplek, hehehe.

Bahan mplek mpleknya:
350gr terigu
1 butir telur
Air secukupnya
1sdt Garam+merica
•-» campur semua bahan sampai bisa ditekan dan tidak menempel ditangan

Bahan kuah dan isi :
2 siung bawang putih, haluskan
2sdm minyak goreng
50gr Daging sapi/ayam/ikan potong kecil
Sayuran(bisa kol+pakcoy)
20gr Udang kering(rendam air hangat)
1sdt Kecap asin
1sdt minyak wijen
250ml air/kaldu

Cara :
Tumis bawang putih hingga harum. Masukan ayam/daging/ikan. Tambahkan kecap asin, aduk rata. Masukan udang kering beserta air rendamannya. Masukan air/kaldu. Diamkan sampai mendidih. Masukan mplek mplek nya. Masak hingga mplek mplek setengah matang. Terakhir masukan sayuran, tambahkan garam dan merica. Tutup sampai matang, aduk.
Sajikan.

Untuk 4 porsi.

Bisa juga tambahkan irisan jahe kalo lagi flu enak banget deh dimakan pas masih panas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s