(RESEP) – donat kentang menal menul

Berhubung masih ada iyam, rumah bersih, kakang tidur, drpd ngemilnya mie goreng lagi, atau nasi lagi, ga bener banget deh pola makan, ngunyaaaaaah mulu kerjaan, ga produktif pulak kan, istirahat, tiduran, makan, tidur*sigh*
Kemaren udah bikin mplek mplek resep keluarga gw, hari ini kayanya kepengen makan donat.
Jadi deh tenaga iyam diberdayakan, hahahaa, suruh giles itu adonan ampe bener ² kalis sekalis kalisnya :p
bahan pun seadanya dirumah, dan ada bahan yg lupa dimasukin, hahahaha.

Bahan:
350gr terigu
1 buah kentang, kukus/rebus, haluskan.
2 butir telur
2 sdm butter
100gr gula pasir
2 sdm susu bubuk(nah ini yg tadi kelupaan)
1 sdm fermipan(ragi instan)
Air secukupnya

Cara :
Campur terigu+fermipan+susu bubuk, aduk rata, sisihkan.
Kocok telur dan butter ampe ngembang. Lalu gula pasir, aduk rata sampai gula larut. Masukan campuran terigu sambil diayak, lalu kentang yg telah dihaluskan, aduk rata. Tambahkan air secukupnya.
Gilas, atau banting ² sekuatnya, makin lama makin bagus ngembangnya dan hasilnya empuk banget. Diamkan selama ½ jam tutup kain sampai mengembang Bentuk pake cetakan donat, berhubung ga punya cetakan donat, td pake tangan dibentuk cincin. Tutup kembali sampai mengembang kedua kalinya.

Tadi sempet gagal pas ngebentuk cincin kurang lebar, akibatnya pas digoreng bulatan ditengahnya nutup jadi kaya odading, hahahaha, tapi enaaaaak banget. Temen minum kopi/coklat panas/teh manis, yummy.

2 thoughts on “(RESEP) – donat kentang menal menul

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s