ber”Qurban”


17 september 2011 itu hari pertama mens terakhir. Harusnya banyak selama 7 hari, ini tanggal 19 september udah abis bis bis bersih banget.
Beberapa hari kedepannya itu mualnya luar biasa, kepala juga pusing. Gejalanya itu persis waktu hamil muda ngandung kakang dulu loh. Ampe tgl 29 september gw pergi ke IGD, dicek lab segala liver gw, karna terakhir masuk RS masalah memang dipencernaan gw, kena radang empedu segala. Pulangnya penasaran belilah gw tespek murah 3000perak, dicek besok paginya negatif.
Ya mungkin gw kecapean, mikirnya gt kan.

Bulan depannya dapet tanggal 10 oktober, ngeflek doang sih, selama 3 hari cuman flek segaris gt doang. Mual dan muntah juga terus berlanjut sampe skrg. Penasaran lagi kan, knp mens ngaco kaya gini sejak sebulan terakhir ini, takutnya memang ada yang nyumbat darah kotor ga keluar jadi penyakit, amit ² banget deh gw ampe mikir kaya gt.

Selasa 12 oktober sekalian gw belanja bahan kue gw mampir ke hermina dulu, kebetulan dokter yang dulu buka IUD gw praktek, dicek deh pake USG trans vaginal, tanda ² nya ada 2 penyebab. Yang pertama rahim memang bengkak karna mau menstruasi, atau yang kedua karna adanya pembuahan, alias hamil. Akhirnya dokter Farah nyaranin buat tes urine di lab, deg ² an setengah mati nunggu hasilnya, hati kecil gw siap ga siap :p

Akhirnya hasilnya lab keluar, ampe keringet dingin bawa ngambil hasil dr tangan si mba ² di lab, dia sempet tanya, “emang udh telat brp lama mba?” gw jawab cm geleng ² doang. Dia lanjut nanya, “anak keberapa?” *mampus gw, dlm hati kan* “ehm anak kedua””selamat ya hasilnya positif” *deg ²*
Sambil gemeter, yang entah knp sebabnya antara seneng dan bingung banget, gw bawa hasilnya kembali ke dokter Farah. “Duh selamat ya mba, positif tuh, bapanya tokcer juga ya, dijaga baik ² ya mba”

Selama perjalanan pulang, asli gw bingung, karna emang semua diluar rencana, rencana awal banget kan nunggu kakang 5 tahun, trs mundur nunggu min 3 tahun. Cm gw juga seneng, berati gw dipercaya sama Tuhan buat dititipin seorang anak lagi, yiaaay, bakalan ada calon anak diperut gw 9 bulan kedepan.
Malem ayah pulang gw ga langsung cerita, masih bingung gmn cara sampein ke ayah kalo gw hamil. Tapi ke kakang gw kasih tau pelan ² kalo kakang mau punya adik.
Penasaran, tespek yang gw beli pas pulang dr IGD bulan lalu gw pake pas pipis dan hasilnya positif. Alhamdulillah, gw hamil beneran*ya iya lah lo pikir boongan apa*

Sengaja itu buku ijo hermina dan tespek gw simpen diatas lemari kakang. Malem pas kita bertiga lagi main ² sambil nonton dvd, gw pura ² minta tolong ayah kecilin ac karna kepanasan, sengaja juga itu remote AC gw simpen diatas hasil lab dan tespek. Huh emang dasar ayah ga peka, dia ambil aja itu remote ac tanpa liat ² *sigh*
Akhirnya gw bisikin pas lagi pelukan bertiga, eh eh eh kakang mau punya adik loh. Ekspresi ayah antara sumringah dan bingung, keliatan tuh campur aduk.

Kegiatan sehari ² kaya bikin cookies dan sempet bikinin bento pesenan mba desti pun gw lakuin, alhamdulillah si adik diperut ga serewel waktu hamil kakang. Dulu waktu hamil kakang buka mata aja udh oek oek. Makan apa muntah, nyium bau apa muntah. Ini gw bulak balik naik motor, ke pasar, bikin kue baik ² aja semua. Alhamdulillah.
Tapi ngidamnya banyak nih yang sekarang, hehehe. Mangga muda lah, soto mie lah, nasi goreng cumi lah, teh leci lah, buanyaaak, hahahaha.

Buat mastiin lagi setelah nanya bulak balik dsog yang oke dan pro normal di hermina ke ibu ² aimi bogor, tgl 22 oktober gw balik lagi ke dokter budi susetyo, yg suka disingkat buset sama ibu ², hahahaha bodor. Berati udh 5 minggu usia kehamilan gw. Pas usg ga keliatan apa ², dan dokter minta ijin untuk usg trans vaginal dan blm keliatan apa ² juga. Jadi gw disuruh balik lagi 2 minggu lagi pas usia kandungan 7 minggu dan harus sudah ada aktifitas si janin dan detak jantung dll.

Dan senin 31 oktober 2011 kakang harus dirawat. Rasanya pengen nangis, cape, bete semua dirasa sendiri, karna emang ga ngambil kelas utama tapi ngambil kelas 2 yang mana satu kamar 3 pasien, yg jaga juga maksimal 1 orang dewasa, ya semua itu gw kerjain sendiri, dan malam pertama kakang dirawat, dia cm bisa tidur setelah gw gendong pake jarik, ampe perut rasanya senat senut deh. Sabar ya dek, kasian kakang lagi sakit, sambil gw usap ² perut.
Makan kurang, tidur kurang, pengen pup susah, mandi susah, pokonya ga bs ngapa ² in banget deh kalo kakang ga tidur, kalo tidur pun, gw gerak dikit dia kebangun. Ada ayahnya pun ga laku, tetep gw harus disebelah kakang.

Hari kedua dijenguk sama sari, mba desti dan jo, duh senengnya luar biasa deh, berasa bisa sharing dan ketawa ² walo hati sedih juga*peluk kalian* mana dibawain roti pisang berbagai rasa lagi, hehhee.
Nyusul pas jam besuk abis mitha bawain mie ayam bojoloro, pas banget perut udh ngadain orkes kroncongan deh ah, lapaaaar ruar biasa. Dan ayah gw suruh pulang bawain baju dan suruh istirahat, setelah 2 malem tidur ga bener.
Makasih ya geng aimi bogor dan ceu mitha, means a lot for me*peluk kalian satu ² *

Hari ketiga setelah liat perkembangan kakang makin baik dan udh ga ada muntah dan pup juga udh mulai lembek, akhirnya pagi ² gw sms dokter dewi minta pulang.
Seneng rasanya hati ini pas dibolehin pulang. Kontrol sabtu 5 november bareng sama gw kontrol si adek diperut.
Kamis datang bala bantuan dr sukabumi, iyam the saviour. Karna pulang rabu malem itu badan gw demam dan meriang, otomatis ga bs fokus ke kakang, tp karna pengalaman buruk itu gw jd parno banget, semua peralatan makan kakang gw steam dan semua makanan kakang dan minuman sampe gw nyuapin kakang sendiri, ya emang gw salah selama ini terlalu cuek sama pola makan kakang yg gw serahin sepenuhnya ke si emak*sigh*.

Tibalah waktu kontrol. Jam 2 kita udh sampe dihermina, nunggu dokter dewi. Akhirnya setelah konsul dll ke dokter dewi, tinggal asupan makanan dan minuman kakang dijaga aja. Nunggu dokter buset lamaaa banget ampe kakang bulak balik ga bisa diem dan minta pulang.
Giliran gw kebagian nomer 2. Pas masuk langsung diusg. Dan kesedihan itu dimulai disini. Usg perut ga keliatan tanda ² ada aktifitas janin, kembali si buset minta ijin buat usg trans vaginal. Dan jreng jreng, lewat usg trans vaginal pun ga keliatan detak jantung ataupun aktifitas janin. Dan gw pun dinyatakan blighted ovum, alias hamil kosong. Janin gw ga berkembang. Yang membesar selama ini hanya kantung janinnya dan ketuban aja, makanya knp gw tetep ngerasain mual dan perut gw pun membesar. Dan dokter bilang harus kuret as soon as possible.

Penyebab si hamil kosong ini dokter jelasin beberapa faktor, yang paling gw tangkep sih karna kromosom x ga berhasil ketemu sama kromosom y, sperma dan ovum ga membentuk embrio.
Bagai disamber petir gw merebes mili, tapi ayah tampak ga terjadi apa ², ya gw tau dia orang yg berdarah dingin, sok cuek padahal gw pun yakin dia sedih sih.

Bingung banget, sumpah sepanjang diruangan dokter sampe mutusin mau pulang anter kakang dulu ke rumah, gw cm bisa nangis, dlm hati gw berkecamuk, knp Tuhan, knp bisa kaya gini, kenaaaaapaaa, kalo gw bs jerit ² saat itu pasti gw udh jerit ², sakiiiiit banget rasanya hati ini.
Tlf garet dan beberapa temen gw yang pernah ngalamin kejadian yg sama kaya gw. Akhirnya setelah diskusi sama ayah, gw mutusin langsung kuret aja, mikirnya buat apa cari 2nd opinion kalo ujung ² nya hasilnya sama harus kuret, selain buang ² uang, pun nambah nyayat ² hati gw doang.
Begitu sampe rumah, solat magrib dan makan dulu, gw berdua ayah balik lagi ke hermina, beraaaat banget ninggalin kakang yang sama sekali blm sehat banget.

Sampe hermina, daftar ² dll, naek ke kamar perawatan sembari nunggu dokter kelar prakter dipoli. Deg ² an ½ mampus, karna garet bilang dipasang laminaria itu sakitnya ampun ² an.
Bukan bohong itu cerita, rasanya ga bs diceritain, yang pasti kalo gw boleh minta, jgn pernah gw diposisikan ulang untuk berada dikeadaan kaya gini lagi, sakiiiiiiiiiiiit banget nget nget nget. Ampe pingsan gw.
Sambil terus nangis dan bertanya ² kenapa harus kaya gini, berdua diruangan sama ayah bikin gw sama ayah merenung, “kita harus ikhlas bun, kita berqurban dlm arti sebenarnya” *meweeeek*
“Pasti ada hikmah dan tujuan Tuhan dibalik semua peristiwa yang kita alamin akhir ² ini, mungkin kita dirasa belum mampu buat dititipin lagi, semua pasti indah pada waktunya”
Ya disaat orang ² takbiran sama ² keluarga, gw sama ayah takbiran di rumah sakit, denger gema takbir diluar sana bikin merinding, gw sama ayah berkurban anak sendiri yang dititipin cm 2 bulan dirahim gw besok. Gw ikhlas, insyaallah gw ikhlas.

Besoknya jam 10 operasi kuret dilakukan, ga lama sih, cm 20 menit aja, dan sadarnya pun gw cepet kurang dari sejam udh bisa duduk dan makan. Sempet dijenguk sama bambang sepupu ayah, dan ervina dan ko melki. Makasih ya kalian sempetin jenguk.

Semua kejadian ga lantas bikin gw sedih terus, gw mikir mungkin Tuhan kasih gw cobaan kaya gini karna gw mampu jalanin semuanya, ujian gw buat naek kelas walo dengan hasil yg buruk karna sepanjang ujian gw pun ga luput dari yang namanya ngeluh dan sedih.
Mungkin Tuhan kasih jalan kaya gini supaya gw bisa urus kakang semaksimal mungkin, berkarya semaksimal mungkin dan urus suami semaksimal mungkin.
Alhamdulillah gw udh skrg mulai pulih dan keadaan kakang pun sekarang semakin membaik, dikasih kesehatan, liat suami dan anak sehat dan senang itu cukup buat gw, cukup, ga mau minta lebih dan macem ², sehat paling penitng.
Kesehatan itu ternyata mahal banget harganya ya

12 thoughts on “ber”Qurban”

  1. *peluk* been there teh, pernah ngerasa di kuret juga
    sakit fisiknya ga seberapa tapi hati rasanya disayat ribuan kali
    aq sempet menunggu ‘keajaiban’ siapa tau kehamilannya bisa dipertahanin
    sebelum dikuret aq sampe dibius total teh, dokternya ngeliat kondisi psikologisku belum siap nerima

    butuh 1 bulan recovery dari rasa bersalah. Alhamdulillah Allah ga lama-lama ngasih penggantinya, 3 bulan setelah dikuret aq hamil lagi… insya Allah teteh pun demikian ya (^____^)

    • Betul banget zie, udah excited sangat kan, ternyata cm dititpin 2 bulan aja. Sedih?luar biasa sedihnya?kecewa?banget! Balik lagi mikirnya, Tuhan pasti tau, pasti punya rencana dibalik semuanya. Ikhlas?harus dong, kalo ga ikhlas kayanya yang susah makin susah aja masalah, ya kan?
      Aku pun hampir ² zie mau nunggu “keajaiban” siapa tau ini dokternya salah, hehehe lah feeling aja udh bilang ko sejak 5 minggu emang udh ga sreg pas usg, pasrah aja, jalanin aja.
      Akupun bius total neng, cm pas pasang alat buat ngebuka jalan lahir, bikin skrg aku mikir buat hamil lagi, hahaha trauma bok, tar ² aja lah kalo mental bener ² siap dan waktunya dari Tuhan tepat. Semua pasti indah pada waktunya kan?*apus air mata*

  2. Y Allah ceuu..nyesek gw bacanya (˘̩̩̩~˘̩̩̩ƪ)‎​..maaf y gw g bs jenguk lo..pas bgt idul adha..kita silaturahmi ke rumah nenek gw di jakarta..

    Sabar y ceu..gw tau betapa senengnya lu hamil lagi..mudah2an lu cepet pulih..pulih fisik n pulih hati..

    mungkin kita akan hamil berjama’ah taun depan🙂..jangan sedih lagi yaa..mari kita adakan lagi selasa jjs..ngobrol ngalor ngidul..salam buat si ayah n kakang y ceu🙂

    • Gpp ceu, lo udh support gw selama ini, itu cukup ceu, doain aja semoga gw cepet “pulih” yaa*peluk*
      Hihihihi, iya kayanya harus hamil bareng ² ya biar serunya juga bareng ².
      Alhamdulillah fisik mah seminggu juga udah sehat, ini loh yang didalem susah sembuhnya, hehehe*ikhlas ga sih?* ahahahhaha.
      Iya ceu, nanti kita JJS lagi yaa.

  3. Pingback: Alhamdulillah(glad to see you back) | The adityas

  4. turut sedih ngedengernya,,saya bisa ngerasainya juga bu,,hari senin kemarin aku juga baru pertama usg dikehamian kedua ini,kata dokter udia 7wek 2 day tapi kasusya sama,embrio nya ga berkembang dan cuma keliatan kantung rahim yg membesar aja,,sedih,kecewa campur aduk jadi satu,dokter masih ngasih harapan dan nyuruh dateng usg 2 minggu lagi,semoga embrio nya udah keliatan,,aku udah siapin mental dr sekarang dan mencoba ikhlas apapun yg terjadi nanti,,aku yakin itu jalan terbaik yg allah pilihkan untuk saya,walau ga tega ngecewain ka2 nya yg udah seneng banget begitu tau akalan punya adik,,hiks,,hiks,,hiks

    • Duuuh, mudah2an sehat terus yaa calon babynya mba. Itu rasanya kaya apa ga bisa dijelasin sama kata2, apalagi dinanti2 kehadirannya ya.
      Saran saya kalo nanti 2 minggu lagi itu berati udah masuk 9 weeks ya mba dan masih belum ada perkembangan, cari 2nd opinion ya, banyak ternyata kasus serupa dan menunggu sampai usia kandungan diatas 2,5 bulan alhamdulillah anaknya lahir sehat.
      Nyesel ga nyesel sih aku kuret kmrn, ikhlas aja jalaninnya walo masih suka sedih bayanginnya, manusiawi. Kirim doa buat mba dan calon baby ya, semoga rejeki mba dan disehatkan, amin. *peluk*

  5. Iya mbk skrng sy 9 w hitungan dri hpht ,tp diperiksa dkter kmren uk nya 6w ya allah sprti dismbar petir dnger kenytaan gini ,,smga ada keajaiban dri allah untuk janin yg sngat ak nanti2kan ,ktanya makan kurma smga sja bisa berkembang 2 minggu lgi sya usg lagi ,,doain ya mbk hiks hiks 😭😭😭

  6. Sma mbak sy juga uk 9w dri hpht perkiraan sya di usg trnyta 6w ya allah sedihnya ,2 minggu lgi dilihat perkembanganx klu msh g ada pergerakan mau dikuret kta dkter ,ya allah smga ada keajaiban aamiin

Leave a Reply

