hatiku hancur berkeping2

Duh, ga pernah kepikiran kalo kakang sampe dirawat. Minggu sore pulang dr sukabumi jam 2 siang masih dijln, kakang muntah dan cukup banyak. Ga naruh curiga apa ² sih, karna biasanya kalo perjalanan jauh kadang kakang memang suka mabuk perjalanan.

Memang dirumah mama dari pagi itu cm masuk nasi goreng
beberapa suap aja, siang nya ga masuk apa ², di mobil sempet makan marie regal ½ doang.

Sepanjang jalan sampe bogor seabis muntah itu kakang emang tidur. Bangun ² mampir ke botani square buat belanja bulanan, dan makan. Karna yg praktis dan cocok buat perut laper akhirnya kita putusin makan di hoka hoka bento, kesukaan kakang emang ebi furai, disuapin itu nasi hokben yang semangkok penuh itu hanya nyisa beberapa suap, dan ebi furai sisa 1 dr 4 buah. Muter ² belanja di giant. Sampe rumah, dimandiin, dan anehnya kakang bisa tidur cepet.

Nah mulai senen, 31 oktober subuh ½ 3, tiba ² kakang bangun, duduk, dan muntah, buanyaaak banget. Disusul lagi muntah kedua jam 5 subuh, dan pup cair dan bauuuuu banget*mual*
Jam 7 kakang kebangun gara ² pup cair banget. Langsung dimandiin, trs disuapin sama bubur nasi, 1sdt aja yg bisa masuk, dan minum teh manis anget cm beberapa sendok. Ga lama muntah lagi dan pup lagi, cair dan bau banget.
Feeling udh ga enak, karna kakang udah pernah kan dulu waktu dia 18 bulan, sempet muntah ² dan pup cair gara ² gastroenteritis, cm masih mau minum dan makan setelah muntah/pupnya.

Yang skrg itu apa yg dia makan/minum keluarnya lebih banyak drpd yg masuk, duh ga tega banget deh liatnya, udh terkulai lemes ga berdaya banget. Ga nunggu lama, gw sama ayah langsung meluncur ke hermina, dr rumah udh bawa beberapa potong baju kakang, baju gw dan baju ayah. Dijalan sempet muntah sekali. Sampe rumkit minum air putih langsung dikeluarin lagi, semua, dlm bentuk yg sama.

Masuk ruang dokter dewi amira Dsa, dicek, endebra endebro harus dirawat, jreng jreng. Pasrah, serahin semua sama ahlinya, ga terlalu banyak ² nanya sama orang, feeling gw jalan disini, drpd gw pertahanin kakang diem dirumah, dan berlaku sok tau, sudahlah, mending dirawat aja, soalnya anaknya juga udh beda banget, lemeees banget, mata cekung, kulit kalo dicubit ga balik lagi T_T dan semua tanda ² dehidrasi lainnya.

Setiap kakang sakit yang orang yang selalu gw tanya seputar penyakitnya adalah garet dan vina.
Berikut penjelasan garet yg dishare digrup, langsung gw save di memopad buat panduan.

Dehidrasi ringan: tdak ada gejala mencolok,anak agak lesu,haus,agak rewel

Dehidrasi sedang: 2gejala/lebih,gelisah,cengeng,haus,mata cekung,kulit keriput (kalo dicubit tdk kembali keposisi semula)

Dehidrasi berat: 2 gejala/lebih,kesadaran menurun,lemas luar biasa,terus mengantuk,tdk bisa minum,mata cekung bibir kering,cubitan kulit baru kembali stlh lbh dr 2dtk. Frekuensi bak berkurang (<4x/hari)

Minum: cairan dgn garam (cro),veggie/chicken soup w/ salt.
Tata laksana diare. Dehidrasi sedang: obati dgn CRO
Panduan CRO sesuai BB dlm 4jam pertama: 2-5th berat 12-19kg adalah 900-1400ml/4jam

Cairan tanpa garam: air putih,kaldu,yogurt,air kelapa hijau,teh cair tawar,jus buah segar tanpa gula.
Susu boleh kalo gak bikin muntah,jangan dicairkan/diganti
Panduan CRO sesuai BB dlm 4jam pertama: 2-5th berat 12-19kg adalah 900-1400ml/4jam

Cara pemberian CRO: minum sering,sedikit,no bottle.bila muntah tunggu 10menit-lanjutkan lbh perlahan
Tata laksana diare,dehidrasi berat: ke RS,infus. Evaluasi 1-2 jam,tambahkan cro stlh anak bisa minum. Evaluasi setiap 3jam

Kapan perlu dirawat inap?
Dehidrasi berat,syok,muntah terus menerus,penurunan kesadaran,perlu obat/cairan IV,perlu observasi,disertai sesak nafas,timbul kejang lama/berulang

Yg keliru ttg diare-muntah:
Obat anti diare/muntah: vometa,primperan,smecta:perbaikan bersifat semu/menutupi gejala

Antibiotik (bactrim,seprim): membunuh kuman baik, menyebabkan pseudomembrane colitis

Susu dicairkan,susu rendah laktosa: kalori rendah

Enzim: diare tidak kekurangan enzim,puyer enzim sudah berubah bentuk/rusak/tdk efektif (makanya diare gak butuh lactobacillus karena sudah ada dalam tubuh)

Ya Tuhan dengan keadaan gw kaya skrg, hrs nungguin kakang di RS, liat dia kesakitan diinfus, sempet nyebelin banget kan, ayah ngamuk nunjuk ² susternya, lah gw aja liatnya ampe pingsan*seriusan ini* itu jarum tarik-tusuk-tarik-tusuk. Hellooooo, itu tangan anak kecil loh, anak gw. Dan lucunya lagi kita bayarin loh kesalahan yg dia buat, gilak!!!!

Hari pertama di RS kakang ga ada muntah sama sekali dan pup masih cair 2x.
Besok paginya pup lembek, langsung deh gw keduk buat kasih lab, dicek fesesnya. Nah hari selasa sore itu kakang pup 2x dan cair.
Malemnya anaknya udh ga bisa diem, lari ² dikamar main big truck dari nenek dan main sama si sherly the sheep :p
Besoknya, minta pulang aja deh sama dokter dewi, pemulihannya dirumah aja lebih baik kayanya, paparan virus dan bakteri ga sebanyak di RS kan soalnya.

Yang perlu dilakukan setelah pulang kerumah :

1. Intake cairan harus lebih banyak, dan cairan pengganti kaya pedialyte/renalyte/dehidralyte dan sejenis harus diberikan, air putih aja ga cukup soalnya.

2. Makan masih harus yang lembek, ga berserat, ga asem, ga pedes, pokonya ga memicu muntah/pup lagi.

3. Cuci tangan sesering mungkin yaa, karna kuman cepet berpindah dari tangan yang kotor ke tangan lain/mulut/barang yang disentuh si anak.

3 poin itu yang paling penting dilakuin dirumah, supaya proses recovery cepet.
Sembuh yah kang, jangan sakit. Maafin bunda kamu bisa sampe dirawat kaya gitu, berati bunda ga bs jagain km. Bunda sayang banget sama kakang.*peluk erat kakang*

Kakang 2 tahun 7 bulan 13 hari.

4 thoughts on “hatiku hancur berkeping2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s