Indigo

Mau ngerangkum tweetnya @keluargahypno lagi tentang indigo.

Anak #indigo tidak selalu memiliki indera ke-enam atau Extra Sensory Perception, namun banyak hal yg lebih penting tentang mereka. #Indigo diambil dari nama warna, yaitu warna antara biru tua dan ungu yang dikenal dengan warna nila. Warna  #indigo adalah warna aura yang dimiliki seseorang, dimana akhirnya dikenal dengan anak/orang indigo. Aura adalah pancaran energi spiritual seseorang yang bersumber dari 7 pusat energi di tubuh manusia. Pusat warna #indigo terletak di dahi, tepatnya diantara kedua mata (disinilah muncul istilah mata ketiga). Lakukan foto aura untuk memastikan apakah anak anda #indigo atau bukan.. Atau perhatikan karakternya sehari-hari. Anak #indigo banyak bermunculan karena masa ini adalah generasi mereka, yaitu tahun 2000 ke atas. Indigo bukan suatu kelainan dan tidak ada yg perlu diatasi, sebaliknya berbanggalah jika anak anda ternyata #indigo. Indigo adalah anugerah. Anak #indigo membutuhkan pola asuh berbeda, dimana orang tuanya-lah yang harus dapat memahami karakter anaknya. Bimbingan yang salah terhadap anak #indigo akan berdampak negatif pada hidupnya sehingga ia tertekan dan menderita.

Beberapa anak #indigo dianggap autis, beberapa dianggap memiliki ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau hiperaktif, karena masih banyak kesalah pahaman. Penampilan anak #indigo tidak ada yang aneh karena mereka anak2 biasa, tetapi batin-nya berbeda dan lebih tajam intuisinya. Anak #indigo umumnya lebih dewasa dari umur mereka, cerdas sekali dan beberapa memiliki indera keenam yang sangat tajam. Ada 4 tipe anak #indigo yang paling umum, yaitu humanis, konseptual, artis dan interdimensional.
#indigo humanis memiliki karakter yang ceria, ramah, senang bersosialisasi, empati yang tinggi, mudah iba, sensitif.
#indigo konseptual memiliki karakter pemikir, pandai membuat rencana, tidak mudah putus asa, tekun, dan senang hal2 yang rumit.
indigo artis memiliki karakter dengan jiwa seni tinggi, kreatif, senang memikirkan hal baru, mempunyai jalan hidup sendiri.
#indigo interdimensional memiliki karakter dengan indera ke-enam, intuisi sangat tinggi, mampu membaca pikiran, merasakan energi lain.

Terkadang, dalam seorang anak bisa memiliki lebih dari 1 tipe #indigo, bahkan sekaligus memiliki 4 tipe tersebut. Anak #indigo bukanlah cenayang atau paranormal, sebaliknya seorang cenayang atau paranormal belum tentu indigo. Anak #indigo memiliki nilai intelegensia (IQ) di atas 120 jika dilakukan tes IQ. Anak #indigo memang cerdas, tapi bukan berarti mereka akan juara kelas. Bahkan bisa saja mereka tidak naik kelas. Memang belum ada data statistik dan peneliitan yang benar2 valid mengenai #indigo, tapi tidak ada salahnya jika kita paham. Dalam pandangan beberapa agama yang percaya adanya reinkarnasi, mereka beranggapan #indigo adalah reinkarnasi dari orang2 bijak. Seringkali anak #indigo terlihat sibuk atau berbicara sendiri sehingga kadang dianalisa sebagai autis. Perbedaan #indigo dengan autis, anak #indigo bisa berinteraksi dan bersosialisasi secara konsisten dan teratur. Jika anak #indigo terlihat berbicara sendiri, ia mungkin sedang berkomunikasi dengan mahluk lain. Seringkali anak #indigo terlalu cepat berpindah kegiatan dan terlihat aktif, sehingga dianalisa sebagai hiperaktif atau ADHD. Bedanya #indigo dengan hiperaktif, anak #indigo tidak destruktif melainkan konstruktif. Ia mudah bosan, karena ia cepat paham.

Anak #indigo tidak akan menghormati seseorang hanya karena ia lebih tua atau petinggi. Mereka akan hormat jika orang itu layak. Jika anak anda #indigo, anda sebagai orang tuanya harus dapat menunjukkan bahwa anda layak dihormati olehnya. Anak #indigo tidak dapat menerima otoritas absolut sekalipun itu dari orangtuanya sendiri. Contoh : jika anda menyuruhnya makan sayur, tapi ia melihat anda tidak makan sayur, maka ia tidak akan menghormati anda. #indigoAnda tidak bisa menyuruh anak #indigo duduk diam tanpa dijelaskan alasannya sampai ia menerima alasan tersebut. Terkadang, anak #indigo memiliki kemampuan yang muncul sendiri tanpa ia perlu belajar. Umumnya anak #indigo tidak mudah bergaul dengan anak lain seumurnya, ia akan cenderung sangat memilih temannya. Hal ini dikarenakan anak #indigomerasa tidak cocok bergaul dengan anak lain yang dianggapnya tidak dewasa.

Simak 21 tweet berikut, dan kumpulkan semua jawaban “Ya” dari pertanyaan2 tsb untuk mengindikasi karakter anak anda apakah #indigo:

1. Apakah anak anda sering bersikap seperti bangsawan?
2. Apakah anak anda merasa bahwa ia pantas diterima dalam lingkungannya?
3. Apakah anak anda merasa bahwa dirinya dapat dimengerti (dan semua orang harus mengerti dia)?
4. Apakah anak anda sulit menghadapi disiplin maupun kekuasaan?
5. Apakah anak anda sering menolak jika disuruh mengerjakan hal2 yang sudah pasti dan tanpa alasan?
6. Apakah anak anda tidak suka mengantri (terutama di dalam barisan)?
7. Apakah anak anda tidak menyukai sistem yang sudah ada, terutama dengan hal – hal berbau ritual (tradisi)?
8. Apakah anak anda memiliki cara lain yg lebih baik dalam mengerjakan sesuatu di sekolah ataupun di rumah?
9. Apakah anak anda tidak mudah diajak berkompromi?
10. Apakah anak anda tidak takut pada ancaman?
11. Apakah anak anda mudah bosan saat melakukan suatu pekerjaan?
12. Apakah anak anda terlihat memiliki gejalan seperti anak Hiperaktif? (mudah bosan, rentang fokus yang rendah, aktif bergerak)
13. Apakah anak anda kreatif ?
14. Apakah intuisi anak anda tajam?
15. Apakah anak anda memiliki empati yang tinggi terhadap keadaan sekelilingnya ataupun orang lain?
16. Apakah anak anda memiliki pikiran yang abstrak dan sering berpikir diluar hal2 yang umum (think outside the box)?
pikiran abstrak:dia gambar matahari warna hitam. Saat ditanya dia jawab,”matahari silau, buatku tdk bisa dilihat, jadi hitam”
17. Apakah anak anda cerdas?
18. Apakah anak anda memiliki indera ke-enam (bakat spiritual)?
19. Apakah anak anda sering berkhayal?
20. Apakah pancaran mata anak anda terlihat seperti orang dewasa?
21. Apakah anak anda memiliki kecerdasan spiritual (bijaksana, dewasa dalam pemikiran2nya)?

Alhamdulillah kakang cuman 9*nyengir*

Hitunglah ada berapa jawaban “Ya” yang mewakili karakter anak anda dari 21 pertanyaan di atas untuk melihat apakah ia #indigoJika jawaban “ya” mencapai 10-14, ada kemungkinan ia #indigo. Cobalah lakukan foto aura atau berkonsultasi dengan ahlinya. Jika jawaban “ya” mencapai 15 ke atas, dapat dipastikan bahwa anak anda adalah #indigo

foto aura bisa dilakukan di @provclinic dengan bpk. Tom Suhalim, lanjut konsultasi dgn dr. Erwin Kusuma SpKJ tlp:02153674555.

Berikut adalah tips untuk membimbing anak #indigo anda :

  • Hargailah mereka karena jika anda tidak menghargainya, maka ia juga tidak akan menghargai anda.
  • Dengarkanlah pendapat mereka, jadilah pendengar yang baik karena mereka harus tau bahwa anda peduli padanya
  • Kembangkan kemampuannya dan biarkan ia berfikir sendiri, memilih, mencari solusi atas masalahnya, dsb.
  • Bekerjasamalah dengannya, dan jangan memerintah. Anak #indigotidak suka diatur tapi mereka mampu bekerjasama dengan baik
  • Mereka mudah frustasi, karena itu bantulah dalam kegiatannya jika mereka mulai terlihat frustasi (misal : pekerjaan sekolahnya).
  • Bantulah mereka agar bisa mengembangkan kreatifitasnya dengan lebih berekspresi. Jangan menghentikan khayalannya.
  • Mengertilah dengan emosi anak #indigo yang kadang ekstrim, biarkan ia banyak minum air putih dan melakukan hal yg membuatnya rileks
  • Berikan penjelasan mengenai segala hal dalam hidupnya. “Mengapa begini… ” “Karena begini….” dsb.

Walau anak #indigo sulit untuk disiplin, bukan berarti tidak bisa. Saat anda mendapatkan rasa hormat darinya, ia mudah menuruti anda. Peluklah anak #indigo sesering mungkin karena ia perlu tau bahwa anda menyayanginya. Anak #indigo juga sangat sensitif terhadap energi anda, sehingga saat anda memeluknya dengan tidak tulus, ia akan sadar. Banyak2lah menghabiskan waktu dengannya karena energi anak #indigo sangat besar sehingga butuh penyaluran energi ke hal yg positif. Metode hypnoparenting adalah salah satu metode paling tepat untuk membimbing anak #indigo anda. Kesimpulannya, anak #indigomemiliki karakter yang berbeda dan mungkin membuat anda pusing dalam membimbingnya, karena mereka sangat unik.

Jika anak anda #indigo, maka anda-lah yang harus banyak belajar, mengerti dan bersikap tenang, bukan mereka yang harus berubah.

Contoh foto dari anak ber-aura #indigo warnanya cenderung biru tua/indigo (yang ini dengan campuran ungu).

Jadi setiap anak intinya memang unik, apapun dia, gimanapun dia, perlakukan secara istimewa ya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s