Roti manis, semanis yang buat*eeeeaaaa*

Sore2 pesenan cookies udah berjejer rapi didalem oven, sementara dioven masih ada space kosong. Dari kapan tau kepengen bisa buat roti, soalnya kakang dan ayahnya suka banget sama roti. Langganan S*ri roti yang setiap pagi lewat depan rumah. Jadi serem semenjak garet bilang kalo dia keluapaan makan rotinya selama 2 minggu ga jamuran. Itu artinya, banyak banget pengawet yang dipake kan, hehehe itu teori sok tau gw aja kok.

Malemnya kakang minta dibuatin cupcake, entah kenapa ko ya males kalo buat cupcake itu, males buat buttercream ataupun krimcisnya. hihihihihi. Akhirnya tanya mbah google resep rotinya. Ketemu lah resepnya disini

Bahan: 500 gr teribu selfraising, 1 bungkus yeast, 2 sdm susu bubuk, 5 sdm gula pasir, 1/2 sdt garam, air hangat secukupnya, 1 butir telur, 80 gr mentega, 1 kuning telur utk olesan.

Cara:
bahan2 kering dicampur rata, masukan mentega & telur, adk sambil masukan air sedikit2 sd adonan jadi tidak terlalu kering & tidak terlalu basah
Uleni sampe tangan pegel krn saya ga pake mesin roti. diamkan di tempat hangat (krn bikinya musim dingin gini deket2 aja dg verwarming) sd mengembang 2x, kempeskan, bagi adonan sesuai keperluan isi dg isian, diamkan lagi sd mengembang 2-3x
Beri olesan kuning telur. Panggang di oven (ukuran 5 di ovenku) selama 15-20 menit 

adonan sebelum mengembang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

jadinya cantik banget, nyembul2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

udah jadi dibelah liat isinya, full keju

 

 

 

 

 

 

 

 

 

beginilah kira2 kalo dijual, hahhaah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Semalem gw bikin cuma 1/2 resep, takut gagal. Lumayan lama sih prosesnya, cuma karna ga ditungguin jdnya ga kerasa.

Hasilnya enaaaak banget, beneran deh ga narsis, gw bukan pencinta roti, bisa bilang enak*ehem*. Yang bikin gw bahagia, kata kakang : enak banget budaaa. Trs gw tanya kan, kang enak mana sama abang2 motor?enak ini dong *sambil acungin jempol, merem melek*
Kata si emak: enak banget neng. lembut pisan.
Kata ayah: enak bun, cuman selainya manis banget(ga masuk itungan ga enak ya, kan bukan rotinya :p)

Alhamdulillah, jadi kepengen buat dengan isian lain, kayanya isi tuna atau daging sapi kecap enak kayanya ya. HIhihihihihi.

Tips:(dari diah re) katanya biar cepet proses pengembangannya, tutup plastik cling wrap, masukin oven.

Kalo tips dari gw, kudu sabar dan butuh tenaga gede buat nguleni ini adonan, jangan kaget ya kalo pas ngaca tangan lo gede sebelahm berorot macam ade rai*sungguh ini lebay*

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s