saat weaning datang juga T_T

Tepat hari ini 8 kakang ga nenen. Perjalanan selama 29 bulan berakhir dengan sedikit pengorbanan. Ya gw ga buat weaning itu jd menyenangkan buat kakang, tapi gw punya alasan, knp maksa kakang buat ga menyusu lagi.

Pas umur kakang 2 tahun gw sempet nge-hypno kakang buat berenti pelan ² menyusuinya, tapi gwnya yg shock aja gt, kakang drastis nolak, ga nenen sama sekali, tapi kayanya dia sangat tersiksa, dan gw memang yang blm siap buat nge weaning kakang. Jd lah di hari keempat kakang nolak nenen, kembali gw hypno dengan kata ² positif kalo kakang memang blm siap, gpp nenen lagi, karna bundanya juga blm siap. Labil?banget, hahahahaa, karna jujur gw merasa kehilangan dan ga dibutuhkan. Bondingnya ga dapet gt.
Pernah beberapa kali gw bicarain masalah weaning ini sama ayah, ayah memang kepengen kakang berenti nenen, karna ya itu kakang kalo minta nenen, ga peduli dimanapun, kapanpun. Dan ngaruh juga ke pola makannya.

Alhamdulillah walo dengan sedikit pemaksaan, yang gw sendiri juga hampir ² ga tega denger dia nangis ² merintih kaya kesakitan gt, maaf ya sayang. Hari ini kakang bener ² sudah lepas nenen.
Benefit yang didapet dari kakang berenti nenen:

1. Makannya banyak.
Kalo biasa makan cuma 1sdm nasi putih+sayuran+ikan dan dengan jungkir balik gmn caranya supaya itu makanan abis dimakan kakang.
Skrg porsinya nambah jd 3x lipet, tanpa paksaan, tanpa jungkir balik, habis dan lahap.

2. Bye bye rewel
Bangun pagi, bangun tidur siang, ngantuk dan lapar. 4 hal itu yang bikin kakang super rewel dan maunya nenen melulu.
Skrg 4 hal itu jadi menyenangkan, diawali dengan senyuman, pelukan hangat dan juga ciuman kecil.

3. Tambah jelas dan banyak ngocehnya
Percaya ga percaya atau mungkin memang kebetulan waktunya bertepatan sama berenti nenen, kakang skrg bicaranya semakin jelas, dan makin banyak bisa nyusun kalimat. Bisa diajak ngobrol lah.

4. Minum susu 2x lipat lebih banyak
Kalo dulu minum susu 3-4 dus ultra ukuran 125ml skrg bisa 6-7 dus sehari ukuran yang sama, ga bs dilarang, karna mungkin itu peralihan kakang dari nenen ke susu kotak.

Sekarang kalo nenenin kakang itu udah ga nyaman, kemungkinan karna ASI gw udh mulai habis. Dan kemungkinan kedua kakang cuman ngempeng, cari nyaman doang, dan juga giginya yang karies ngebuat gw tersiksa, jd itu gigi susunya ada jarak ditengah ² nya, nyelip antara gigi atau gmn gw ga ngerti, ampe babak belur deh kayanya nipple gw.

Inget sama melda dan garet yang nyapih odri dan ayska itu pake kunyit. Nah dioles lah kan, nyobain. Awalnya kakang nolak, cuman karna memang kunyit ga ada bau atau rasa yang terlalu tajem, jadi deh dia isep terus, ampe mulutnya pada kuning, hahahahaha. Dan emang ternyata gw yang oon deh, itu bukan kunyit tapi kencur*jedotin kepala ketembok* hahahaha pantesan kakang ga ngaruh ya :p

Inilah perjalanan selama 8 hari meweaning kakang.

Selasa 6 september 2011.
Hari pertama coba terapi kencur.

Gw oles ² puting pake kencur, baunya yang khas dan rasanya yang kecut kecium, setiap kali kakang minta nenen. Prosesnya lumayan juga, pas mau tidur siang aja dia nenen sekali, dan tidur malemnya sangat gelisah, ga pake nangis tapinya. Biasanya kakang ampe skrg umur dia yang 29 bulan, masih aja kebangun malem, walo cuman nenen 3 isep ² doang. Nah menjelang subuh pas kakang minta nenen, buru ² lah gw oles itu kencur kan, langsung deh ditolak kakang, dan yang bikin bahagia, dia minta peluk gw.
Weaning hari pertama berhasil 85%

Rabu 7 september 2011
Hari kedua terapi kencur

Mulai dr bangun pagi, kakang ga minta nenen, karna gw tegesin juga susu bunda udh asem dan pahit, duh maaf ya sayang, kamu harus ikhlas, sudah besar, sebener ² nya kakang udah ga perlu nenen, yang kakang cari dari nenen adalah kenyamanan doang, bunda yang ga nyaman, selain km itu selalu minta nen dimana aja, kapan aja, pun bunda ngerasa kesakitan, ihiks sedih sih bayanginnya, selama 29 bulan kamu menyusu ke bunda, pelukan, tatapan mata, usapan tangan kamu itu yang buat bunda berat banget buat weaning kamu kang*mewek*. Mudah ² an Tuhan kasih kelancaran ya dlm proses weaning ini, bunda maupun kakang dikasih keikhlasan, dikasih kekuatan, dikasih kesabaran, terutama bunda yang ga kuat liat kamu nangis pas minta ² nenen.
Kaya malem tadi, kamu merintih nangis minta nenen, duh jujur ya kang, pengennya bunda, buka bra, sodorin nenen ke kamu dan peluk kamu. Cuman bunda pikir sayang udh jalan lebih dr 24 jam kamu bisa ga nenen, kita terusin aja ya sayang, bunda yakin kakang bs ngelaluinnya.

Gilaaa, gw ngeliat anak gw sendiri kaya yang sakau, ya sakau ASI :p *amit ² jangan yang lain*. Hari ini full dari melek sampe merem malem kakang ga nenen sama sekali. Penyiksaan itu bermula saat kakang kebangun malem, tiba ² dia nangis, nendang ² dan mukul gw. Duh kang, itu udh cukup buat bunda tersiksa banget liat km nahan ga nenen, dan bunda ga mau perjuangan km beberapa jam terakhir untuk ga nenen jd sia ², besaaaar banget kepengen buat nenenin kamu, karna hal terindah yang bunda lewatin adalah proses menyusui kamu dari kamu lahir sampe skrg kamu umur 29 bulan. Ga mudah buat bunda kang, jd kita kerja sama ya sayang, mdh ² an Tuhan lancarin semua prosesnya tanpa “sakit”.
Beberapa kali kakang nangis, mintanya gw gendong, kebetulan ayah juga pas kakang bangun udh pulang kerja, tapi teteup aja kakangnya ga mau digendong selain sama gw.
Disitu gw keluar, gw oles kencur, kalo ² kakang maksa, dia bisa rasain ga enak nenennya.
Entah knp, gw tiba ² sodorin nenen ke kakang, dan dia iseeeeep. Langsung deh gw lepasin, dan doktrin, kang udah yah, nenennya pait, skrg kakang bobo aja. Alhamdulillah dia tertidur pules sampe subuh.
Weaning hari kedua berhasil 90%
(Nenen beberapa sedot malem hari)

Kamis 8 september 2011
Hari ketiga terapi kencur.

Bangun pagi ini kakang kebablasan ngompol. Ya udh beberapa bulan terakhir ini kakang memang udah ga pernah gw ajak pipis lagi kalo malem, karna malem full tidur, kebangun 2x nenen, bangun pagi langsung ngacir ke kamar mandi.
Langsung aja sekalian mandi. Kelar mandi emang biasanya dia nenen, nah pagi ini dia rada merengek minta nenen nih, tapi ayahnya belom pergi kerja kan, ya udh kita alihin berdua, gw ajak nonton :p
Karna siang ini mau ketemuan sama temen ² gw, kesian juga kalo gw tinggal kan, dia lagi proses weaning dan gw ga ada, yang mana 3 hari ini nempel terus sama gw.
Alhamdulillah disana kakang bersahabat, dan ga cranky atau ketakutan seperti biasa. Malah senyum ² digodain sama tante ² cantik.
Nah perjalanan pulang baru deh ngamuk jerit ² nangis walo sesekali dia ketawa gw becandain, untung tuh yah ditengah ² kemacetan kota jakarta masih ada delman, jd cukup menghibur kakang dan mengalihkan perhatian kakang dari nenen.
Sampe rumah kakang masih tidur sejak dr mobil, digantiin bajunya kebangun, gosok gigi lalu tidur lagi, dan ajaaaaibnya bablas ampe subuh.
Weaning hari ketiga berhasil 95%

Jumat, 9 september 2011
Hari keempat terapi kencur(+jeruk nipis)

Ayahnya bangun pagi banget, karna mau basket rsama temen ² kantornya. Pas gw mau keluar kamar beresin bajunya ayah, kakang kebangun, dan minta nenen. Langsung aja gw keluar kamar dan oles ² si kencur ituh, daaaan tau ga dia isep aja, ga nunggu lama gw dorong kepalanya kakang, bilang gak enak kan kang nenennya?pait kan?jawab kakang, iyaa. Langsung aja gw bawa keluar kamar, nemenin ayahnya pergi kerja, masih jam ½ 6 sih, gpp, jd nanti kakang tidur siang lebih cepet dan tidur malem lebih cepet juga.
Drpd gw ajak tidur lagi, mendingan ketukang sayur aja deh, naek motor bertiga si emak.
Karna kemaren di PI gw beliin mainan manic martians udah beli sama batrenya sekalian, eh entah nyelip dimana itu dimobil ga ketemu, dan mobilnya dibawa ayahnya kerja, jd kecandraloka pagi ² jam ½ 7, untung udah buka deh tuh si warung MG, hehehehe, udah gt disebrang ada tukang nasi uduk, beli deh buat sarapan, dan enaaak nasi uduknya :p
Sampe rumah kakang main ² di kebun samping sama si emak.
Sampe malem kakang ga ngerengek minta nenen loh, hehehhee, sampe bangun pagi. Sempet minta malem ² langsung dioles air kencur campuran sama jeruk nipis, pas mangap, kena, langsung ditutup mulutnya, bilang ih pedes, ahahahahaha.
Weaning hari keempat berhasil 100 % yiiaaay *joged barney, joged patah ², joged kayang, joged ala uut*

Sabtu, 10 september 2011
Tanpa kencur dan jeruk nipis

Bangun tidur ga minta nenen, siang makan lahap banget, tidur siang lama, tanpa nenen, bangun tidur siang jam 5 sore minta susu kotak, mandi sore, main ² sampe malem, jam ½ 10 tidur malam sendiri tanpa minta nenen.
Weaning hari kelima berhasil 100 % completed

Minggu, 11 september 2011
Terapi jeruk nipis tanpa kencur

Sama seperti kmrn, hari ini dr bangun sampai tidur ga nenen samsek. Berhubung kita jalan sore ke ace hardware, dijalan kakang sedikit rewel minta ² nenen jerit ², tapi untung sama ayah, jdnya kita alihin sama yg lain.
Weaning hari keenam berhasil 100 %

Senin, 12 september 2011
Tanpa kencur dan jeruk nipis

Karna ini hari ketujuh, pelan tapi pasti kakang udah ga minta ² nenen. Dan lagi ² gw dibuat takjub, dari yang on banget lagi main, jam ½ 3 disuruh tidur dan merem, tanpa perlawanan kakang pun tidur. Begitupun dengan tidur malam, ga pake berantem, ga pake nangis, dipeluk dan tidur.
Weaning hari ketujuh berhasil 100%

Selasa, 13 september 2011
Tanpa kencur, tanpa jeruk nipis

Seperti 3 hari sebelumnya pelan tapi pasti kakang udah ga minta nenen. Makan banyak, minum susu jagoan, ampe stock buat sebulan habis seminggu ini*tepok jidat* hehehhee.
Weaning hari ke 8 berhasil 100 %

Alhamdulillah perjalan bunda-kakang 29 bulan berakhir ga begitu mudah sih sebenernya, cuman skrg gw lebih tega dibanding weaning sebelumnya. Semoga kakang jadi tambah pinter, tambaj soleh, makannya banyak, nurut sama bunda dan ayah ya sayang.

2 thoughts on “saat weaning datang juga T_T

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s