jd lebaran kapan?

Rame banget di twitter dari kmrn lebaran kapan sih?kayanya jd ribut dan banyak perbedaan.
Barusan liat TLnya @Ayah_air lumayan jd jelas kenapa diIndonesia menetukan 1 syawal itu jatuh tgl 31 agustus 2011. Kenapa ko Arab saudi lebarannya hari ini sih, 30 agustus 2011?
Sebenernya gw juga ga ngerti sih gmn caranya nentuin hilal, liat bulan dan nentuin bulan baru, tgl 1 nya kapan.
Dibulan masehi kan ada 12 bulan, 1 bulannya 30 hari, kalo bulan ditentuin dari hilal, berati ada bulan yang jumlah harinya bisa 29 hari, 30 hari, 31 hari atau mungkin lebih. Kenapa setiap bulan ga dihitung atau dicari berdasarkan hilalnya? Mungkin ada yang jawab, yaa ga bisa bulan ² selain 1 syawal itu udah pasti. Lalu kenapa yang dipermasalahkan itu hanya penentuan kapan 1 syawal itu muncul?

Kutip dari tweetnya @Ayah_air

Rasulullaah said,”If d hilal is behind d cloud [and you cannot see then], make d month 30 days and make d next month consists of 29 days”
Rasulullaah also said,”If Ramadan comes, fast for 30 days except you see the hilal”.Thus,first,intend to fast for 30 days,except u see hilal
Jadi kalo Rasulullaah itu maunya simpel aja.hilal keliatan atau nggak,thats it.Walopun diitung ada tp mendung ,tetep dianggap gak kliatan.
NU tdk pernah mutusin waktu lebaran jauh-jauh hari sebelumnya. Karna rukyatul hilal baru bs dilakukan ketika masa pergeseran bulan.
Yg mutusin lebaran tgl 30 mendasarkan diri pd perhitungan hisab. Tp hadist jelas, perintah puasa dan batal puasa berdasar munculnya bulan.
Pada akhirnya islam itu soal bisa pertanggungjawaban atas keputusan yang kita ambil. Tuhan tahu dan paham bahwa manusia banyak salahnya.

Dan ini penjelasan yang masuk akal buat gw :
Temans,kalo ada yg bingung kenapa penentuan lebaran itu menunggu detik2 trakhir dan ga dr jauh2 hari,itu krn emg syariatnya begitu.
Perintahnya emang disuruh perhatikan bulan (dlm wujud hilal),kliatan apa nggak.kl ga kliatan ya puasa sampe 30 hari.
Dan kliatan apa nggaknya ya memang umumnya di hari ke 29 nentuinnya. Ga bs di tanggal 27 atau 20 (sprti usulan ssorang td,10 hr sblmnya).

Umara juga ga sembarangan kali nentuin 1 syawal jatuh pada hari apa di bulan masehi, bebannya berat loh :p
Lalu kenapa banyak yang mempermasalahkan kalo hari ini masih banyak yang puasa?buat gw kita dikasih rejeki satu hari lagi buat berpuasa dan melakukan hal ² baik dibulan penuh berkah, saatnya hari ini, ayoo perbanyak amal.
Alhamdulillah, terima kasih ya Allah, masih ENGKAU izinkan hambamu ini melaksanakan ibadah puasa 1 hari lagi di bulan yg selalu kami nantikan, berikanlah hamba2MU yg berpuasa pada hari ini pahala sebesar ibadah selama seribu bulan yg ENGKAU janjikan ya Allah RA, aamiiin!
Rejeki hari ini sahur dan berbuka dengan menu lebaran.

Selamat hari idul fitri buat yang lebaran hari ini “Taqabbalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Ja’anallaahu minal aidin wal faidzin,mohon maaf lahir dan batin”
Dan selamat menjalankan ibadah puasa dihari ini bagi yang masih berpuasa, semoga amal ibadah kita puasa hari ini diterima oleh اَللّهُ SWT.

Lebaran hari ini atau besok, sama saja🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s