Penyimpanan obat dan kadarluarsanya

Diambil dari tweetnya @diahapt gw ringkes disini ya, penting banget nih. Sumber dari milis sehat.

Biasanya kalo punya anak balita obat yg sering ada dikotak obat itu sirup parasetamol,nah sampe kpn sirup ini bs digunakan?
Penyakit balita tdk jauh2 dr commoncold (CC),gastroenteritis (GE),&simple wound,jd obat d kotak obat ckp sirup parset,oralit,lar antiseptik,NaCl
krn anak2 bs tiba2 demam,jd sedia sirup parset sgt membantu utk membuat mereka nyaman saat rewel,Sampe kpn sirup parset bs digunakan?
—> Kalo sirup blm dibuka samsek,msh tersegel.maka obat bs digunakan sampe masa kadaluarsanya/exp.date.

Bila botol sirup sdh pernah dibuka,maka penggunaannya 2minggu-2bln,yg paling penting amati organoleptiknya.
Apa itu organoleptik?
—> Organoleptik : rasa,bau,warna, bila ada perubahan lebih baik jangan digunakan kembali.

Sirup bs disimpan di suhu ruang,tp tdk boleh terpapar sinar matahari, Obat btk sirup bs disimpan di kulkas,sebaiknya dibungkus kertas ato kantong plastik hitam🙂 . Tp obat tdk boleh disimpan di freezer.cukup di chiller nya aja.
Kalo bentuk suspensi,misalnya sirup antibiotik,max 2minggu,sebaiknya tdk lbh dr 7hr,krn stlh 2mgg efektivitas antibakterinya menurun drastis
Kalo bentuk tablet/kapsul,selama blm terbuka blister ato strip nya boleh digunakan sampe exp.date,dg catatan tdk berubah warna,bau,dan rasa.
Kalo obat mata?salep mata ato tetes mata misalnya,penyimpanan max 1bln sejak kemasan dibuka. Knp 1 bln?
—> krn sediaan mata adalah sediaan steril dan digunakn utk daerah yg sensitif/mata,ujung dr botol/tube salep tdk boleh terkena apapun
Saat menggunakan obat mata pun hrs hati2,agar ujung botol/tube nya tdk lgsg menyentuh mata kita,agar sterilitasnya tetap terjaga.
1 kemasan obat mata,baik tetes mata/salep mata,hanya boleh digunakan utk 1 org saja,jangan bergantian,agar infeksi tdk menyebar.

Biasakan utk menulis di botol ato kemasan obat tgl pertama kali kemasa tsb dibuka,agar selalu ingat umur obat tsb.

2 thoughts on “Penyimpanan obat dan kadarluarsanya

  1. hwuoow…thanks udah dirangkum chie…..berguna bgt nih gue emg penasaran berapa lama emg obat yg udah dibuka itu bisa disimpen. biasanya ditanggalin juga sih kalo beli, untungnya penyakit yang sama biasanya dtg lg lebih dr 3 bln kmudian jd suka beli yg baru aja, wlpn yg lama baru dipake sekali dua kali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s