Hypnoparenting

Hypnoparenting merupakan hypnotherapi yang secara garis besar berguna untuk meningkatkan komunikasi spiritual orang tua dan anak. Terapis terbaik untuk anak adalah orang tuanya sendiri, karena karakter pikiran anak – anak berbeda dengan orang dewasa. Pikiran manusia terdiri dari alam sadar 12% dan alam bawah sadar 88%.
Skema ini sudah dianut sejak jaman Sigmund Freud. Di dalam pikiran sadar (12%) ada pembatas yang disebut gerbang bawah sadar. Gerbang inilah yg melakukan filter terhadap informasi.

Sejak dalam kandungan sampai sekitar 4 tahun, anak belum memiliki pikiran sadar (conscious mind) seperti orang dewasa. Mulai umur 4-12 tahun, pikiran sadarnya mulai terbentuk, hanya saja ia tidak memiliki gerbang pembatas dengan bawah sadarnya. Saat anak berumur 7-12 tahun, gerbang bawah sadarnya mulai terbentuk sedikit, namun masih rentan dan filter belum bekerja baik.
Artinya, anak dibawah 12 tahun masih sangat mudah menyerap dan diprogram ke dalam bawah sadarnya tanpa filter apapun.
Segala yang ia tangkap di lingkungannya, akan diterima sebagai suatu kebenaran sekalipun itu adalah sesuatu yang salah. Saat anak sejak kecil diajarkan untuk mencuri, sampai dewasa ia akan menganggap bahwa mencuri = perbuatan baik.

Hypnoparenting bekerja langsung pada alam bawah sadar anak sehingga orang tua melakukan pola pengasuhan tanpa paksaan. Respon normal “ular = lari” namun jika orang tua bekerja sebagai pembuat tas kulit ular. Programnya “ular = rejeki – tangkap”. Kedua orang tua harus paham dgn sifat & kebiasaan anaknya, sehingga tidak melakukan sugesti yg bertentangan dengan sifat si kecil. Pikiran manusia sangat simpel terutama dalam kondisi hipnosis, dan tidak dapat menerima kata negasi seperti “tidak-jangan-bukan”. Saat melihat anak berlari, orang tua otomatis memerintahkan “Jangan Lari!”. Apa yang terjadi? Anak justru semakin berlari. Apa bedanya saat anda membaca tweet ini & saya minta agar “Jangan membayangkan seekor kucing belang tiga dgn pita di lehernya”🙂.
Saat kita berkata “Jangan”, fokus justru mengarah pada apa yg harus dihindari. Cobalah mulai sekarang, untuk fokuskan pada tujuan. Fokuskan pada kata–kata positif & hindari penggunaan kata–kata negatif seperti ’nakal’, ‘bandel’, ‘malas’, ‘susah’, dsb. Salah satu cara memprogram ke bawah sadar adalah repetisi. Saat tiap hari anak dibilang “jangan nakal”, programnya adalah “nakal”. Lakukan program yang baik, daripada mengatakan “jangan nakal” lebih baik fokus langsung ke tujuan,”jadilah anak baik”.

Orang tua harus paham betul konsep dasar hypnoparenting, & bukan hanya sekedar “tahu” shg melakukannya tidak sepenuh hati. Ayah-ibu sebaiknya bekerjasama dengan baik mengenai bagaimana cara menerapkan hypnoparenting pada si kecil agar tetap konsisten. Berlatihlah untuk selalu menggunakan kata positif dan fokus pada tujuan dalam bahasa keseharian anda. Buatlah catatan jika perlu. Carilah saat yang paling tepat untuk melakukan penanaman sugesti hipnosis pada anak, yaitu saat ia rileks dan terfokus. Kondisi rileks & fokus anak misal: saat lelah, sakit, saat menyusu, saat hujan, saat sedang bercerita, saat anak sedang tertidur.

Gunakan media pendukung untuk melakukan penanaman sugesti seperti suara musik, suara lembut ibu dan ayah, suara detak jam, dsb. Lakukan kontak tubuh secara lembut, berulang & monoton (dapat dilakukan saat ia tertidur) seperti mengusap kepala atau dahinya. Mulailah berbicara dgn niat menanamkan sugesti positif padanya. Gunakan kalimat positif seperti ’anak baik, senang makan sayur”. Lakukanlah pengulangan secara konsisten, ibu & ayah melakukan hal yang sama secara berulang-ulang minimal 5-7 hari berturut-turut. Berhati-hatilah dengan apa yang dapat didengarkan anak saat ia tidur, karena alam bawah sadarnya masih dapat merekam.

Jangan biarkan anak menyaksikan orang tuanya bertengkar atau saling melontarkan kalimat yang negatif, ini akan membekas di bawah sadarnya. Jangan melakukan kekerasan terhadap si kecil, karena ia akan dengan mudah memprogram kekerasan tersebut di jiwa bawah sadarnya. Hindari kata negatif spt ”Besok pagi kamu bangun dan tdk rewel”, tetapi ganti menjadi ”Besok pagi kamu bangun dengan hati senang”.

Sugesti hipnosis pada anak yang diberikan saat ia tidur disebut dengan Pillow Talk. Pillow talk adalah hipnosis dalam, jadi jika ragu2 sebaiknya jangan mencoba daripada salah. Konsultasilah jika belum yakin betul. Pillow Talk adalah metode hypnosleep, yaitu program sugesti yang diberikan oleh orang tua saat anak sedang dalam kondisi tidur.

Gelombang otak dominan pada manusia ada 4, yaitu beta-alpha-theta-delta : terurut dari gelombang paling tinggi sampai terendah. Gelombang otak Beta adalah gelombang otak saat seseorang sedang aktif berpikir. Anak2 mengalami gelombang beta saat marah/tantrum.
Gelombang otak alpha, saat seseorang dalam kondisi tenang, fokus & sadar. Karena itu sugesti hipnosis dapat diberikan disini. Gelombang otak theta, saat seseorang sudah tidur namun pikiran bawah sadar masih bangun sehingga sugesti hipnosis tetap terekam. Gelombang otak Delta, saat seseorang tidur nyenyak sekali sehingga pikiran sadar maupun bawah sadar tidak aktif.
Saat mulai tertidur, gelombang otak akan turun ke alpha, theta – delta.

Gelombang otak utk sugesti hipnosis adalah alpha & theta. Anak-anak cenderung lebih cepat mengalami penurunan gelombang otak dari alpha-theta-delta, apalagi saat ia sedang lelah. Yakinkan terlebih dahulu bahwa anak masih berada di gelombang theta saat kita hendak memberikan sugesti pillow talk. Lebih baik jika orang tua mengetahui modalitas cara belajar anak : visual, auditif dan kinestetik agar pillowtalk lebih efektif .
1-5 menit pertama saat anak baru mulai tertidur, kemungkinan besar masih berada di gelombang alpha menuju theta. Jika kelihatannya anak sudah mulai terlelap, coba goyangkan kepalanya ke kanan dan kiri sampai terlihat ada respon. Respon yang umum yaitu berubahnya pola napas si kecil saat diganggu sedikit. Ini tandanya gelombang otaknya pindah ke theta.
Mulailah proses pillow talk dgn terlebih dahulu menuliskan kata2 sugesti utk anak, karena ini adalah kunci penting keberhasilannya. Belai kepalanya atau bagian tubuh lainnya sambil menyebutkan diri anda (ayah atau bundanya).Katakan,”Adik, ini bunda sedang berbicara dengan adik, kalau adik bisa dengar, gerakkan ibu jari tangan kiri adik”.

Tunggulah respon anak setelah anda mengucapkan kalimat perkenalan. Jika ia belum merespon dengan gerakan, tunggu 30 detik & ulangi. Cobalah 2-3 kali sampai anak memberikan respon berupa gerakan (bisa gerakan jari, kepala, dsb) agar yakin ia berada di theta. Jika sampai 2-3 kali belum ada respon, coba ganggu sedikit dengan menggoyangkan tubuhnya agar gelombang otaknya naik. Jika anak tetap belum merespon, mungkin ia sudah masuk ke delta, tetapi tidak ada salahnya dicoba berikan sugesti saja🙂. Beberapa anak tidak sensitif dengan gerakan ideomotor, jadi kemungkinan respon gerakan tubuh akan kecil bahkan tidak terasa. Ideomotor : gerakan yg diperintahkan dari alam bawah sadar. Saat kita minta anak gerakkan jari, perintah datang dr bawah sadar.Jika anak memberikan respon berupa gerakan, sebenarnya semakin kecil responnya semakin dalam kondisi hipnosisnya. Segera berikan anak sugesti hipnosis dengan kalimat – kalimat sugesti yang sudah anda persiapkan dan yakin benar.

Hipnosis bukan proses yang instan, karena itu orang tua butuh kesabaran yang besar dan konsistensi saat melakukan pada anak.
Contoh:”Mulai sekarang, adik senang makan dan makan banyak, karena makanan itu enak dan sehat, apalagi sayur, adik suka sekali”. Contoh sugesti tersebut punya 3 tujuan:1. anak senang makan 2.makan banyak 3.suka sayur. Gunakan susunan sugesti yang berhubungan. Ulangi sugesti anda sebanyak 5 kali berturut-turut dengan inti sugesti yang sama persis dan tidak berubah agar repetisi konsisten. Lebih baik jika selama memberikan sugesti, ayah/bunda tetap melakukan belaian pada si kecil untuk membuainya dalam hipnosis. Setelah selesai melakukan sugesti, lakukan terminasi. Jika anda mengerti untuk melakukan post hypnotic suggestion, akan lebih baik.

Proses pillow talk yg lebih detil dari tahap induksi awal, cara penerapan, sugesti post hypnotic, terminasi dibahas pada workshop. Terminasi adalah proses mengakhiri pillow talk dengan memberikan sugesti agar anak tidur lelap. Lakukan proses terminasi dengan hati-hati karena ini adalah sugesti hipnosis juga dengan aturan kalimat yang sama. Akhiri proses pillow talk dengan mengecup anak anda, tutup dengan doa. Lakukan sugesti yg sama minimal 7 hari berturut-turut. Kadang anak menunjukkan hasil dlm 1-2 hari, kadang butuh lebih dari 7 hari. Tidak peduli siapa yang melakukan sugesti, selama makna sugesti masih sama. Jadi boleh ayah/ibunya secara bergantian. Jika anda tidak dapat melakukan secara konsisten, lakukan lebih dari 7 hari berturut2, bahkan mungkin sampai 2 minggu.

Setiap manusia dan anak2 mempunyai karakter pikiran bawah sadar yang berbeda, karena itu tidak bisa diramalkan kapan ada hasilnya. Jika lebih dari 7 hari belum ada hasilnya, cobalah terus sampai 2-3 minggu sambil lakukan sugesti2 saat ia sedang sadar. Ingat! Saat anda melakukan sugesti pada anak, jangan ngotot dan terlalu memaksa karena energi anda pun ikut berbicara padanya. Tips : Yakinkan bahwa sugesti yang anda berikan adalah langsung pada sumbernya, dan bukan mengobati gejala. Misal memberikan sugesti anak batuk, jangan mensugesti agar batuknya hilang, sugestikan agar sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Kreatif dan berpikirlah lebih detil mengenai setiap kondisi unik dan negatifnya anak anda, buatlah kalimat sugesti yang sesuai. Tetaplah mencari bantuan medis maupun psikologis yang handal untuk membantu anak saat dibutuhkan. Hipnosis adalah penunjang. Jangan melakukan pillow talk saat anda masih ragu, karena kesalahan dalam pengucapan akan berakibat buruk pada rekaman anak.

Semoga bermanfaat ya.

Sumber: @keluargahypno Hypnobirthing by Eva

2 thoughts on “Hypnoparenting

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s