Menu buka dan sahur(part 3)

Hari kesepuluh 10 agustus 2011

 

Pas kemaren ke pasar beli daun bunga pepaya, bingung cara masaknya, pas googling katanya rasanya pait banget. Keingetan nyokapnya kaka ipar gw orang manado, sms lah minta resep, ealah kaga dibales.
Akhirnya nekat pake resep hasil googling. Gw buat 2x yang satu buat ayah ga pedes sama sekali, yang gw tentu saja pake rawit, cabe merah dan cabe ijo. Slrrruuup. Mengingat difreezer ada ayam, jadilah gw hari ini kayanya mau berbuka ala manado2an. Siayam gw olah jadi ayam woku, extra pedes. Dan dasar suka laper mata, pas minggu kemaren belanja bahan kepasar gw beli kulit pangsit. Googling lah resepnya nemu resep gyoza, cuma resep aslinya dia itu digoreng, berhubung pengennya yang kuah2, jadilah nekat direbus sama kuah kaldu ayam. Buka kali ini gw pengen makan lengkap, hehehe. Trs tajilnya masih ada es blewah yang kmrn. Berikut penampakan dan resepnya ya.

Gyoza rebus :p

Resep diambil dari sini

Bahan:
20 lembar kulit gyoza/pangsit siap pakai
minyak goreng

Adonan Isi:
100 g daging sapi cincang
1 batang daun bawang, iris halus
1 siung bawang putih, parut
1/2 sdt minyak wijen
1 kuning telur ayam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara membuat:
# Jika memakai kulit pangsit, gunting kulit pangsit hingga berbentuk bundar diameter 8-10 cm.

gw pake cetakan fondant

# Aduk semua adoan isi hingga rata.


# Isi tiap lembar kulit gyoza dengan 1 sdt adonan isi. Lipat jadi dua lalu lipat keliling sisi lipatannya hingga berbentuk setengah lingkaran.

lipet 3x jdnya mirip dumpling hokben

 

Ayam Woku

Resep diambil dari sini

Bahan :

* 1 ekor ayam negeri, potong-potong jadi 12 buah(karna gw yang makan sendiri, jd pake 1/2 ekor ayam, jd 5 potong besar)
* air jeruk nipis dari 1 buah jeruk nipis
* 2 buah tomat, diiris(ga pake, karna suka cepet basi)
* 2 btg daun bawang, diiris 1 cm
* 3 lbr daun jeruk, buang tulangnya
* 3 lembar daun pandan, diiris
* 1 lembar daun kunyit, diiris
* 3 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan, diiris halus
* 2 ikat daun kemangi(gw pake 5 iket)
* garam secukupnya
* gula secukupnya
* merica secukupnya
* air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan :

* 10  siung bawang merah
* 2 buah cabe merah keriting
* 6 buah cabe rawit merah
* 1 ruas kunyit, dibakar
* 1 ruas jahe
* 5 btr kemiri

Cara membuat :

  1. Ayam dilumuri garam dan air jeruk nipis, sisihkan.
  2. Siapkan bahan lainnya dan bumbu halus.
  3. Tumis bumbu halus dan sereh sampai harum dan matang.
  4. Masukkan ayam, tambahkan air, aduk rata.
  5. Masukkan irisan tomat, sereh, daun jeruk, daun pandan dan daun kunyit. Aduk rata lalu tutup wajannya, masak dengan api sedang, sampai ayam matang dan kuahnya tinggal sedikit.
  6. Bubuhkan garam, gula dan merica, lalu masukkan irisan daun bawang dan kemangi.
  7. Aduk sebentar, angkat. Hidangkan panas-panas

 

Tumis bunga pepaya

Resep diambil dari sini

Bahan :
150 gram daging ikan cakalang fufu, suwir(gw pake teri nasi 2 bungkus, entah brp gram, beli ditk sayur udh dibungkusin)
200 gram bunga pepaya, siangi, rebus
150 gram daun pakis, siangi(gw ga pake)
3 lembar daun jeruk
1 ruas jahe, memarkan
1 batang serai, memarkan

Bumbu Halus :
5 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt terasi yang sudah matang(gw ga pake)
5 buah cabai merah (dapat ditambahkan irisan cabai rawit jika suka pedas)
garam secukupnya
(gw tambah potongan cabe merah dan cabe hijau)

Cara membuat :
1. Panaskan minyak secukupnya lalu tumis bumbu halus bersama jahe dan serai hingga harum. Masukkan suwiran ikan cakalang, aduk rata.
2. Masukkan bunga pepaya dan daun pakis, masak hingga sayuran layu dan matang.

 

Leave a Reply

