Menu Sahur dan berbuka.

Hari pertama puasa karna memang ga biasa buat makan besar pas berbuka, entah dari jaman kapan, kalo puasa buka jarang banget buka sama menu lengkap nasi, lauk pauk dan sayuran. Cukup teh manis dan gorengan aja kenyang sampe waktunya Sahur subuh nanti. Pengen ngumpulin apa aja yang udah gw masak/beli untuk sahur dan berbuka.

Hari pertama 1 agustus 2011

Kolak candil dan Pisang

Resepnya gampang banget nih:

Bahan:

2 buah ubi merah, kukus.
1 sisir pisang kepok
500ml santan kental
100gr sagu tani
25gr terigu
3 gundu(apa ya buletan gt deh) gula merah
2 lembar daun pandan
1 liter air matang

Cara:

Campur ubi, tepung sagu dan terigu, aduk rata, bentuk bulat2. Rebus sebentar. Sisihkan.
Didihkan air sampai mendidih, masukan gula merah dan daun pandan. Masukan pisang yang telah dipotong sesuai selera aja, kalo gw dibagi 2 melintang. Kira2 pisangnya mateng, masukin ubi yang udh dibulet2in tadi.
Masak santan hingga mendidih.

Nah kalo gw ga suka santan dicampur sekaligus di kolaknya, jadi sesuai selera aja nambahin santannya dimangkok terpisah. Tadi batalin pake ini, ya Allah nikmat banget, kakang aja ampe nambah 3 gelas kecil, hehehe. Ga makan nasi seharian dia makannya Ubi.

Dan menu untuk sahur nanti dilema sebenernya, kmrn ada tukang ikan nawarin gurame segede gambreng seharga 30rb, dimasukin ember itu dia penuh banget, embernya ember cat itu loh. Nah secara ga sadar td sore gw nyuruh si bibi ngeluarin buntut sapi, dibikin sop buntut gitu kan. Ealah pas setengah mateng itu si buntut, baru inget udah marinate si gurame, waduuuh gaswaaaat. Akhirnya tadi pas buka maraton manggang gurame sambil masak sop buntut.

Gurame bakar kunyit

Dan tadi ayah pulang makan ini, berhubung gw ga suka sama ikan2an apalagi ikan bakar yang tampak belum matang, tapi komentar ayah, enaaak. Bumbunya cuma kunyit bawang putih dan garam untuk marinate, sebelumnya dibalur sama jeruk nipis dulu selama 1/2 jam. Trs karna ga punya pembakaran ikan, jadilah td manggang pake happycall, dibalur kecap ditengah2 manggang. Pake sambel kecap, irisan bawang sama rawit. Itu liat ga ikannya gede banget dibagi 3, bagian 1/3 ke buntut digoreng garing untuk kakang tadi siang.

Sop Buntut ala ala echie

Dan menu untuk sahur tar adalah sop buntut, yiaaaay, enak kan kalo sahur sama yang kuah2. Bahannya sama caranya standart buat sop lah, cuman gw pake rempah agak banyak, supaya menghilangkan bau manehna, hahahahaha. Rempah yang dipake itu bunga lawang, kapulaga, cengkeh sama bubuk pala.

Ini menuku, apa menumu? :p

*update 3 agustus 2011*

Hari kedua  2 agustus 2011

Pagi ini gw belanja kepasar dan pulangnya mampir ke rumahnya mitha. Semalem ngobrol sama mitha soal menu buka puasa, ternyata suaminya suka banget sama mie aci, kalo disini ternyata namanya mie glosor. hehehe. Akhirnya tadi dipasar beli deh itu mie aci aka mie glosor. Mampir ke jogja beli buah2an ayah request pengen makan sop buah.

Mie Aci a.k.a mie glosor

Bahannya :

Mie glosor
Bawang putih yang dicacah halus
Bawang daun dan seledri(gw ga pake)
Kol dan caesim(gw pake pakcoy sama toge)

Saus:

Kacang dan cabe rawit.

Enak banget ini mie, fav sejak jaman sd. Dan makan ini 3x nambah(tutup muka)

Cara:

tumis bawang putih, masukin sayuran lalu mie, bumbuin aja garem+merica agak banyak, kasir air, tutup sampe matang, aduk rata.
Saus: ulek aja kacang sama cabe rawitnya kasih garam.

Sop Buah jelly

Nemu jelly bentuk mickey mouse dipasar, gw cuci bersih.

Isinya:

Nata de coco
Leci yang gw sayat2(sadih, jadi inget manohara)
Pir
Apel
Buah naga
Anggur
Kuahnya pake gula yang dimasak pake air+susu kental manis.
ternyata rasa si leci mendominasi loh, next ga pake leci ah.

Dan ayah pulang makan lagi sama gurame bakar, berhubung itu ikan gede banget mungkin baru abis dlm 3 hari.

*update 4 agustus 2011*

Hari ketiga 3 agustus 2011

Karna kolak pisang candilnya masih sisa walo sudah dibagi2 jadilah gw buka sama kolak pisang. Hari ini ga tau kenapa ko pengen makan nasi, berhubung ayah request pengen makan sama sayur asem  dan ikan asin kipas, gw deh bikin sambel tomat.

Sayur asem bumbu

Bahan:

Labu siam
Melinjo dan daunnya
Jagung manis
kacang tanah
Kacang panjang
Lengkuas
Asem jawa
Gula merah

Bumbu halus : bawang merah+kemiri+cabe merah.

Cara: rebus bumbu halus hingga matang, masukin bahan yang empuknya lama, kaya kacang tanah, melinjo, pokonya daun terakhir aja. Bumbunya asem jawa+gula merah+gula pasir dan garam, dikira2 aja sampe rasanya pas sesuai selera.

Dan malemnya jam 11 gw laper lagi aja loh, hahahaha dasar perut karet. Inget mama bawain batagor yang enaaaak banget deh rasanya.

Batagor goreng

Ini batagor seriusan enak banget, tinggal lo goreng cocol saus sambel atau tomat, endes deh ah*ngeces*

*update 5 agustus 2011*
Hari keempat 4 agustus 2011

Buka puasa gw bikin lagi si mie aci pake sambel dan bala2.

Bala2

Bahan:

Kol, wortel, bawang daun, terigu, garem, merica.

Cara:
Campur semua bahan, goreng.

Buat makan malem ayah dan sahur gw buat capcay istimewa, knp istimewa karna pake jamur shitake dan baso kecil import dari sukabumi.

Capcay jamur shitake

Bahan:

JAmur shitake, jamur kancing, kapri, jagung muda, wortel, pakcoy, baso kecil, saus tiram, kecap ikan, kecap asin, bawang putih.

Cara

Tumis bawang putih hingga harum, masukan baso, jamur shitake yang diiris panjang sama jamur kancing yang  dibagi2, hingga matang.Kasih kira2 1sdt kecap asin dan kecap ikan. Masukan wortel tambahkan air secukupnya, tutup. Kira2 wortel 1/2 mateng masukin kapri sama jagung muda, kasih 1sdm saus tiram, garam dan merica. Terakhir masukin pakcoynya, kentelin pake maizena.

 


*update 7 agustus 2011*

Hari kelima dan keenam(dirapel biasa wiken malaaas)

Tiba2 kepikiran sama lontong isi oncom yang pedes banget, maakaaa berhubung si emak lupa sama pesenan gw minta tolong beliin oncom ditukang sayur, jadilah gw yang baru bangun tidur jam 1/2 8 pagi langsung meluncur ke candraloka beli itu oncom, mahal pulak masa yang biasanya 500 perak tiba2 jadi 2000, gara2 langka, huh.

Lontong isi Oncom

Bahan:
Haluskan: Bawang merah dan kencur
Oncom, garam, dan beras.
Daun pisang

Cara:
tumis bumbu halus, masukan oncom, tekan2 sampai oncor hancur, kasih garam. Untuk si lontongnya, masak beras jadi aron, tumbuk sampe halus, ambil adonan beras aron 2sdm atau sesuai selera, isi tengahnya pake oncom, kalo gw oncomnya sepanjang beras aron, tutup kembali pake adonan beras aron, bungkus. Kukus +- 1 jam.

 

Buat makan malem ayah dan sahur gw dan ayah gw masak sop kimlo, anget2 enak dimakan sahur.

sop Kimlo

Bahan:

Ayam potong sesuai selera, sedap malam ikat, jamur kuping, wortel, buncis, kalo ada kembang tahu lebih enak deh, jahe 1 ruas jari, geprek, bawang putih, bawang daun dan seledri.

Cara:

rebus ayam ampe mateng, masukin jahe. Goreng sedap malem dan jamur pake margarine untuk menghilangkan baunya. Tumis bawang putih, masukan kedalam rebusan ayam, masukan wortel lalu buncis terakhir sedap malam dan jamur, ikat bawang daun dan seledri, masukan.

Dan sabtu pagi kemaren gara2 kita anter ayah ke sms masalah kerjaan, di sms cuman batalin sama teh manis panas(sadis bener2 ngepul) sama risoles 1.
Main kerumah cing Ahmad, disuguhin sayur asem betawi, otak2, tempe bacem dan sambel terong, alhamdulillah.

Pulangnya lewat jco ayah pengen beli donat, lah gw latah kepengen beli ayam KFC.

                                                                                                               gambar diambil dari sini

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s