Komunikasi yang efektif dalam pengasuhan anak

Jadi setiap bulan disekolahan kakang itu ada acara parenting. Dulu waktu gw menjabat hoek   sebagai ketua POMG rutin banget. Nara sumbernya ya dari kita2 ibu2 yang punya keahlian yang bisa dishare ke yang lain.

Alhamdulillah tahun ini ganti pengurus acara parenting tetep ada, tapi ya gitu deh isinya lo lagi lo lagi alias kita pengurus lama, dan juga ibu2 orangtua murid lainnya yang mana ibu2 TK B.
TK A nya cuma 3 orang!! Walah, piye iki?

Pengisi acara kemaren adalah Pa Oni Kelana alias Pak Oke.
Langsung aja ya ke materi. Kemarin itu bagus menurut gw materi yang dia bawain, berhubungan banget sama keseharian kita para orangtua yang sulit berkomunikasi sama anak2 kita.

Dalam keluarga penting banget mengadakan kegiatan bersama seperti sarapan dan makan malam. Karena di saat2 itulah kita bisa berkomunikasi dengan anak2 kita, entah soal kegiatannya disekolah, atau apa yang dia lakukan seharian.
Kadang sehari2 kita sibuk sama gadget ketika sedang bersama keluarga. Makanya ada pepatah, gadget, mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.
Komunikasi itu sangat penting. Dari hal kecil aja kita perhatikan anak2 kita.
Dimulai dari keluarga, dalam sebuah keluarga itu kita harus bangun cinta, agar anak2 kita tumbuh menjadi anak yang ceria dan bahagia.

Kita harus jadi orangtua yang narsis. Ko narsis sih?Iya narsis disini bukan #selfie ya, tapi lebih ke percaya diri agar bisa menciptakan generasi yang takwa. Kalau orangtuanya percaya diri, anak percaya diri anak akan memiliki intelegensi yang akan menjadikan anak kompetensi.

Cara anak berkomunikasi adalah dengan 2 cara:

1. Verbal
2. Bahasa tubuh

Bagaimana cara kita berkomunikasi dengan pola pikir anak?karna kalau salah akan terdapat hambatan.
Ini berhubungan dengan otak kiri dan otak kanan. Karna anak usia 0-9 tahun didominasi oleh otak kanan sedangkan kita selalu mengajarkan secara step by step. Ga akan ketemu. Selalu hargai sekecil apapun prestasi anak. Apresi kita sangat penting untuk si anak.

Cara kita berbicara dengan anak :

1. Tidak bicara tergesa-gesa.
Sebab :
– Kemampuan anak menangkap pesan masih terbatas.
– Tidak memberi kesempatan pada anak untuk menganalisa pesan
Akibatnya :
Anak tidak memahami pesan yang disampaikan dan orang dewasa menjadi emosi.

Contoh :
Kita menyuruh anak untuk cepat2 pakai kaos kaki dan sepatu karna takut kesiangan kesekolah, anak belum sarapan.
Yang ditangkap anak hanya kata2 kita yang terakhir. Apalagi kalau anak kita laki2. Karna anak laki2 kemampuan menangkap pesan lebih sedikit dibandingkan dengan anak perempuan.

2. Membaca Bahasa tubuh anak
Sebab :
– Bahasa tubuh tidak pernah bohong
– titik artikulasi belum tepat
– komunikasi belum sempurna
Akibatnya :
– tidak akan memahami anak
– anak akan mudah sekali emosi

Contoh : kita memaksa anak untuk menghabiskan makanan karna takut si anak sakit, padahal bahasa tubuh si anak sudah seperti ingin muntah.

3. Mendengarkan perasaan.
Kalau anak bercerita dengarkan.
Caranya :
– tandai pesan jangkau rasa. Supaya dia bisa menyalurkan emosi. Saluran emosi yang positif akan menjadikan      anak memiliki kemampuan verbal yang meningkat.
– buka komunikasi dengan emosi.
Kita ikut berekspresi terhadap emosi si anak. Kita harus responsif.
contoh : si anak bersemangat cerita kalau tadi dia bikin pesawat terbang dari dus bekas disekolah, ekspresi kita
harus lebih bersemangat dari si anak, maka si anak akan merasa bahwa dirinya dihargai, dan ditanggapi.
Karna di usia golden age saluran otak anak berkembang lebih pesat. Anak sedang masanya mencari tahu.
Tatap matanya, berhadap2an, face to face.

4. Mendengarkan aktif
Untuk :
– membangun hubungan sosial.
Sejak kecil apabila kedua orangtuanya pendiam kemungkinan besar si anak pun akan menjadi anak yang pendiam. Karna pada saat usia golden age tidak ada memory tentang hubungan sosial dengan orangtua maupun orang lain yang tersimpan di long term memorynya.
– membangun percaya diri
Anak ekspresif lalu kita merespon, si anak menjadi percaya diri kemudian anak akan berprestasi.
Mulai dari rumah kita harus bangun hubungan sosial yang  baik. Karna kalau tidak anak akan mencari dari luar rumah kenyamanan yang seharusnya didapat dari keluarga.
Kita harus hati2 dengan mendidik anak di era global seperti sekarang ini, betapa dunia maya sangat jahat. Prefrontal cortex anak akan diracuni dengan hal2 seperti pornografi, kemampuan spiritual anak dikikis. Pada saat seseorang mendapatkan kenikmatan/kenyamanan saat menonton film yang berbau pornografi, hormon dopamin dilepas tetapi prefrontal cortex si anak belum tau atau belum bisa memutuskan/siap kalau itu salah atau benar.
Bagaimana anak mau mendengarkan kalau kita bicara? ya bangun komunikasi yang baik sejak anak usia dini.
Caranya :
Menjadi cermin yang memantulkan perasaan anak kemudian anak akan merasa dihargai.

5. Tentukan masalah siapa
Sebab:
– karna tidak semua anak butuh bantuan kita/membutuhkan bantuan yang diperlukan oleh anak.
Akibatnya :
– anak tidak terbiasa mengatasi masalahnya sendiri.
– anak menjadi ketergantungan
– anak tidak memiliki ketahanmalangan
– anak tidak terlatih untuk mengambil keputusan.

6. Gunakan pesan saya.
Untuk : melatih memahami perasaan oranglain.
Caranya misalnya :
Bunda perasaan kita takut kalau kode perilaku anak kakang naik2 ke jendela, karena nanti bisa jatuh konsekuensi yang ditanggung anak.

Apa yang harus dihindari :

1. Memojokan dengan rasa bersalah
Kondisi :
Meminta/membuat anak merasa bahwa dalam posisi orangtua resiko mengucilkan anak2nya dari mereka sendiri.
Harusnya :
membangun komunikasi dengan bertanya alasan dan kenapa, lalu beri dia dukungan. Jadi dia punya alasan kenapa tanpa ada rasa bersalah.
contohnya :
Anak bermain disekolakan, biarkan. Kalau sudah puas, tanya seru ga?dapet ikan?lalu sampaikan kalau disekolan itu banyak kuman, kotor tempat saluran pembuangan, kalau main didalam selokan kumannya bisa bikin sakit perut. Nanti ketika temennya ngajak main lagi masuk kedalam selokan maka si anak sudah tau resiko yang akan dia dapat kalau bermain didalam selokan.

2. Jangan menggunakan kata sarkasme atau sindiran
Kondisi :
Mengatakan hal yang berlebihan
Dampak nya anak akan sakit hati.

3. Menguliahi.
Kondisi : terlalu mengarahkan dan menyetir, anak tidak akan mendengar malah akan melakukan sebaliknya
Dampaknya anak akan kehilangan rasa percaya diri.

 

Jadi intinya dalam membangun komunikasi dengan anak kita harus apresiasikan apapun yang anak lakukan, buat hubungan sosial yang baik, komunikasi yang baik dengan anak agar anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

Allah maha baik (part 2)

Melanjutkan cerita tentang kita semua dikasih bonus sakit sekeluarga, ternyata kesayangan Allah ga cm sampe situ aja.

Kali ini menimpa soal benda. Yaa benda mati yang kami miliki yang bisa membawa kita kemana aja.
Motor. Mobil.
Mereka ga tau tingkat toleransinya tinggi atau sekedar ikut2an. Sigh.
Kebangetan kamu tor, bil*mulai gila*
Kali ini 3 motor, ya 3 motor macam kami ini horaaaang kayaaaah!!!
Sebenernya sebelum nikah gw emang udah punya motor sendiri, ayah pun gitu. Nah yang satu lagi muncul pemberian papa mertua.
2 mobil. Ya 2 mobil. Lagi2 gaya kaya horang kayah yah.
Yang 1 kijang pinjamanpemberian papa mertua, yang 1 timor yang alhamdulillah beli sendiri dari nyokap gw. Complicated yaa.

Nah kelima kendaraan ini tiba2 kompak pengen diobatin juga.
Ish. Kalo si kijang sih sebenernya sejak keberadaan si timor dia mulai ringkih, entah iri atau ga mau tersaingi sama si timor dia mulai sakit2an.
Pun si timor udah mulai ga enak dibawa jalan.
Mio.
Harus ganti mesin. Well biayanya lumayan yaa. 2,5 juta.
MX.
Harus service rutin dan ganti oli.
Scoopy.
Harus ganti aki. Yang mana kalo mau ngidupin kudu diselah. Sekalian bikin paha jadi bonyok kenceng.

Ya segini juga udah uyuhan kalo kata orang sunda mah. Disyukuri aja, tapi abis ini kita cm rencana punya 1 mobil dan 1 motor aja lah, disesuaikan sama kemampuan finasial kita.
Jadi yang 2 mau dijual yang 1 dikembalikan ke yang memberi untuk motor.
Dan yang 1 dipercantik dan yang 1 dikembalikan ke yang meminjamkan untuk mobil.

Doakan terus kami sehat yaa.

Singkong vs keju

IMG_6921.JPG

Punya anak 2 pasti beda sifat juga kesukaan.
Kaya kakang sama zazu.
Kakang :
Suka singkong, makan tutug oncom, lotek, dan makanan tradisional lainnya.
Zazu :
Sukanya pasta, keju dan makanan western lainnya.

Keduanya juga punya perbedaan soal lagu.
Kalo kakang denger orang bersiul atau bersenandung aja dia goyang, entah tangannya, kakinya atau pantatnya.
Kalo zazu kudu denger lagu berbahasa asing atau yang ngebeat baru dia goyang.
Yang lagi fav banget lagu do you wanna build the snowmannya frozen.

Tapi bunda sayang keduanya, cinta keduanya.
Akur terus, jadi anak soleh, kebanggaan ayah dan bunda 😘😘😘

Atraksi lumba2

Field trip kali ini kakang sama sekolahnya nonton atraksi lumba2 di lanud Atang sanjaya.
Ga begitu jauh sih dari rumah, kira2 6km aja. Sebenernya ga perlu ikut juga sih, tapi gw pengen aja ajak zazu nonton lumba2.

Yang mana hari ini ayah juga berangkat ke malang sama paguyubannya.
Jadi deh nunggu ayah pergi baru gw sama zazu berangkat juga nyusul.
Nyampe sana tempatnya yang mana lapangan doang kebayang panasnya terik. Anak2 udah sampe dari jam 8 pagi dan baru dibuka jam 1/2 10 aja.
Tanya kenapa bisa salah datang jauh dari jam buka.
Kesian deh anak2 udah mandi keringet kan panas matahari pagi walopun sehat tetep aja panas cyiiiin.

Begitu masuk juga gerah banget deh dalemnya.
Karna barengan sekolah bayarnya lebih murah drpd kalo kita pergi sendiri.
HTM normal 25rb anak diatas 2 tahun bayar. Zazu amaaan hahahaha.
Berhubung paket sama sekolahan jadi HTMnya hanya 15rb aja buat gw pendamping, untuk kakang 30rb udah sama transportnya.

Langsung selfie kita berdua karna kakang pengennya duduk sama temen2nya di jajaran sebelah.

IMG_6561.JPG

IMG_6556.JPG

Dan kakang duduk sama temen2nya

IMG_6572.JPG

Selama pertunjukan zazu ga begitu rewel padahal keringetan banget.
Daaaan kita foto sama lumba2 looooh.

IMG_6576.JPG

Dan ternyata cetak foto yang harganya 40rb itu cuma selembar aja tanpa bingkai. Kita emak2 rempong Ibu2 protes dong karna pas ditawarin dia nunjukin foto yang udah pakai frame loh. Sudahlah drpd ribut ga jelas kita cetak aja fotonya ke baju hahahaha lebih masuk akal harganya cm 20rb aja. Bahan kaosnya? Ya kaya kaos2 partai lah hahahahaha.

IMG_6587.JPG

Pertunjukan ini berlangsung dari 16 oktober s/d 16 november 2014.

Jadi saran aja :
• kalo mau kesana mending pertunjukan paling pagi atau paling sore sekalian. Pertunjukan terakhir jam 5 sore, panas mungkin tapi ga mungkin sepanas siang jam 11-12 lah.
• Bawa kipas buat geber2.
• Bawa minum air dingin sendiri karna dimanapun tukang jualan ditempat kaya gitu harga pasti jadi 2x lipat.
• Pakai baju yang nyerap keringet.
• Kalo pakai jilbab pake yang simple ga usah turban atau shawl yang njelimet deh bisa sakit kepala dibuatnya.
• bawa cemilan sendiri.
• ga perlu pake high heels kalo heelsnya ga mau nancep ditanah yang merah dan basah 😖
• langsung pulang masuk mobil/angkot atau anak lo akan jerit2 banyak mainan diluar pertunjukan.

Allah maha baik

Allahuakbar!
Speechless deh.
Keluarga kami lagi dikasih rejeki bertubi2. Ya gw anggap ini sebagai rejeki, karna Allah sayang sama kita, karna Allah kasih perhatianNya ke kita.

Dari mulai ayah sakit sampe ga masuk kerja 3 hari, lanjut kakang demam 3 hari, lalu ade zazu demam seminggu sembuh 2 hari lanjut diare karna virus, udah gitu pulang kerumah gw yang tumbeng sampe harus diinfus untuk masukin obat, besoknya kakang tiba2 muntah dan diare juga. Subhanallah.

Ikhlas kami terima ya allah.
Tadi malem ade zazu demam lagi semaleman.
Ya Allah kalau memang ada dosa yang udah kami perbuat, tolong jangan anak2 kami yang menanggung sakitnya 😭😭😭
Lalu hal paling krusial dateng juga.
Sempet curhat juga kebingungan sama ayah.
Mungkin kita connect pas bersimpuh sujud pas solat meminta sama2 buat dilancarkan semuanya.

Ya allah merinding deh, doa kami dibayar tunai.
Sampe amazing ngobrol tadi malem sama ayah, ga tanggung2 diluar dugaan kami.

Pagi ini kami bisa senyum sumringah, ade zazu pun insyaallah sehat terus ya sayang.

Jadi, buat kalian yang merasa lagi dikasih cobaan, harus bersyukur. Yakin sama doa kalian sekecil apapun, walo hanya dalam hati dan kalian berbisik, ingat Allah pasti denger, Allah pasti tahu apa yang kita butuhkan, bukan yang kita perlukan.
Disaat semuanya buntu, ingat hanya kepada Allah kita memohon.
Ada istilah ketika tak ada bahu untuk bersandar, masih ada lantai untuk bersujud.

Emang bener dengan kita dikasih cobaan disitu kita dicolek buat lebih mendekatkan diri sama Allah.
Insyaallah bisa jadi insan yang selalu menjalankan hidup sesuai syariat islam. Amiiin.

Seputar diare dan muntah

Hidup ini tidak lepas dari cobaan dan ujian, bahkan cobaan dan ujian merupakan sunatullah dalam kehidupan. Manusia akan diuji dalam kehidupannya baik dengan perkara yang tidak disukainya atau bisa pula pada perkara yang menyenangkannya. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. al-Anbiyaa': 35). Sahabat Ibnu ‘Abbas -yang diberi keluasan ilmu dalam tafsir al-Qur’an- menafsirkan ayat ini: “Kami akan menguji kalian dengan kesulitan dan kesenangan, kesehatan dan penyakit, kekayaan dan kefakiran, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan.” (Tafsir Ibnu Jarir). Dari ayat ini, kita tahu bahwa berbagai macam penyakit juga merupakan bagian dari cobaan Allah yang diberikan kepada hamba-Nya. Namun di balik cobaan ini, terdapat berbagai rahasia/hikmah yang tidak dapat di nalar oleh akal manusia.
Sakit menjadi kebaikan bagi seorang muslim jika dia bersabar
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sungguh menakjubkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua urusannya merupakan kebaikan, dan hal ini tidak terjadi kecuali bagi orang mukmin. Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur dan itu merupakan kebaikan baginya, dan jika mendapat kesusahan, maka dia bersabar dan ini merupakan kebaikan baginya. (HR. Muslim)
Sakit akan menghapuskan dosa
Ketahuilah wahai saudaraku, penyakit merupakan sebab pengampunan atas kesalahan-kesalahan yang pernah engkau lakukan dengan hati, pendengaran, penglihatan, lisan dan dengan seluruh anggota tubuhmu. Terkadang penyakit itu juga merupakan hukuman dari dosa yang pernah dilakukan. Sebagaimana firman Allah ta’ala, “Dan apa saja musibah yang menimpamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. asy-Syuura: 30). Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Tidaklah menimpa seorang mukmin rasa sakit yang terus menerus, kepayahan, penyakit, dan juga kesedihan, bahkan sampai kesusahan yang menyusahkannya, melainkan akan dihapuskan dengannya dosa-dosanya. (HR. Muslim)
Sakit akan Membawa Keselamatan dari api neraka
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya,” Janganlah kamu mencaci maki penyakit demam, karena sesungguhnya (dengan penyakit itu) Allah akan mengahapuskan dosa-dosa anak Adam sebagaimana tungku api menghilangkan kotoran-kotoran besi. (HR. Muslim)
Oleh karena itu, tidak boleh bagi seorang mukmin mencaci maki penyakit yang dideritanya, menggerutu, apalagi sampai berburuk sangka pada Allah dengan musibah sakit yang dideritanya. Bergembiralah wahai saudaraku, sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sakit demam itu menjauhkan setiap orang mukmin dari api Neraka.” (HR. Al Bazzar, shohih)
Sakit akan mengingatkan hamba atas kelalaiannya
Wahai saudaraku, sesungguhnya di balik penyakit dan musibah akan mengembalikan seorang hamba yang tadinya jauh dari mengingat Allah agar kembali kepada-Nya. Biasanya seseorang yang dalam keadaan sehat wal ‘afiat suka tenggelam dalam perbuatan maksiat dan mengikuti hawa nafsunya, dia sibuk dengan urusan dunia dan melalaikan Rabb-nya. Oleh karena itu, jika Allah mencobanya dengan suatu penyakit atau musibah, dia baru merasakan kelemahan, kehinaan, dan ketidakmampuan di hadapan Rabb-Nya. Dia menjadi ingat atas kelalaiannya selama ini, sehingga ia kembali pada Allah dengan penyesalan dan kepasrahan diri. Allah ta’ala berfirman yang artinya, “Dan sesungguhnya Kami telah mengutus (para rasul) kepada umat-umat sebelummu, kemudian Kami siksa mereka dengan (menimpakan) kesengsaraan dan kemelaratan, supaya mereka memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri. (QS. al-An’am: 42) yaitu supaya mereka mau tunduk kepada-Ku, memurnikan ibadah kepada-Ku, dan hanya mencintai-Ku, bukan mencintai selain-Ku, dengan cara taat dan pasrah kepada-Ku. (Tafsir Ibnu Jarir)
Terdapat hikmah yang banyak di balik berbagai musibah
Wahai saudaraku, ketahuilah di balik cobaan berupa penyakit dan berbagai kesulitan lainnya, sesungguhnya di balik itu semua terdapat hikmah yang sangat banyak. Maka perhatikanlah saudaraku nasehat Ibnul Qoyyim rahimahullah berikut ini: “Andaikata kita bisa menggali hikmah Allah yang terkandung dalam ciptaan dan urusan-Nya, maka tidak kurang dari ribuan hikmah (yang dapat kita gali, -ed). Namun akal kita sangatlah terbatas, pengetahuan kita terlalu sedikit dan ilmu semua makhluk akan sia-sia jika dibandingkan dengan ilmu Allah, sebagaimana sinar lampu yang sia-sia di bawah sinar matahari.” (Lihat Do’a dan Wirid, Yazid bin Abdul Qodir Jawas)
Ingatlah saudaraku, cobaan dan penyakit merupakan tanda kecintaan Allah kepada hamba-Nya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah ta’ala jika mencintai suatu kaum, maka Dia akan memberi mereka cobaan.” (HR. Tirmidzi, shohih). Ya Allah, anugerahkanlah kepada kami keyakinan dan kesabaran yang akan meringankan segala musibah dunia ini. Amin.

Source here

Sebulan ini berasa banget disayang Allah. Berturut2 mulai dari kakang, ayah, ade zazu lalu gw.
Ayah sakit flu berat sampe ga bisa kerja dan harus istirahat dirumah, kakang juga sampe demam. Kemudian ade zazu mulai demam seminggu, sembuh 3 hari lanjut diare dan muntah yang mengharuskan ade untuk opname. Subhanallah.
Lalu setelah kepulangan ade zazu kerumah gremeng2 itu udah gw rasain sejak pertama kali dateng ke rumah sakit. Cm namanya ibu perkasa ya ga dirasa, telat makan pun cuek bebek. Ternyata perabot tua ini ga kuat juga. Pulang kerumah malah meriang makin menjadi, kurang tidur, masuk angin pun campur aduk jadinya.

Ditambah lambung yang kambuh, menyebabkan diare dan muntah2 juga sakit kepala hebat. Sabtu masih bertahan diem dirumah, segala obat yang bisa dibeli bebas diapotik dibeli sama ayah dan ditenggak langsung. Hasilnya? Ga ada perbaikan.

Yang sedih hari sabtu kakang mogok manasikan, maunya ditemenin sama bunda. Huhuhu. Mana neneknya ngejar kereta pagi kudu dianterin ke stasiun pulak. Rasanya pengen membelah diri.
Alhamdulillah setelah prosesi yang panjang dan sogokan yang dijanjiin sama ayah akhirnya kakang mau ngikutin semua rangkaian manasik tapi ga mau pakai baju ihram. Ternyata ini yang bikin kakang ga mau ikutan, karna pas latihan disekolah diledekin sama temen2 perempuannya dikelas kalo pake baju ihram keliatan keteknya. Ya ampun nak, kamu malu yaa*peluk erat*

Dikirim foto sama kepala sekolahnya kakang.

IMG_6237-2.JPG

Dan Hari minggu ini seharusnya kami sekeluarga hadir diacara pernikahan adik sepupu kami endah. So sorry ya teh we can’t make it. Hiks. Udah bikin seragaman padahal kita.

Huhuhu. Jadinya hari minggu pagi kita malah balik lagi ke hermina. Bundanya diinfus masukin obat sempet muntah pas dimasukin obat.

IMG_6220-0.JPG

Alhamdulillah ga perlu rawat. Pulang kerumah masih sempet muntah dan masih mencret. Tapi setelah minum obat mendingan bisa masuk makanan.

Jadi merenung dosa kami banyak dan Allah begitu baik meluruhkan dosa2 kami yang lalu. Mungkin dalam kehidupan sehari2 kami banyak menyinggung perasaan sesama, lupa bersedekah dan masih banyak lagi dosa yang kami perbuat mohon dibukakan pintu maaf yaa.

Dan sore ini kakang mulai muntah udah 4x dan mencret. Ya allah mudah2an hanya hari ini aja ya allah hamba mohon, dan berikan lah kami sekeluarga kesehatan. Amiiin.
Hiks.

Brotherhood

Kadang kalo kakangnya ga ada adenya cari2, dan gitu juga sebaliknya.
Kakangnya itu keliatan sayang banget sama adenya, tapi suka rese deh ganggu adenya, ditambah adenya pun jahil luar biasa. Ga jarang malah kakangnya yang dibikin nangis hahahaha.

Ceritanya kakangnya jenguk ade yang dirawat si RS, begitu liat nampan makanan adenya “bunda aku lapar”
Hahahhaa. Dan habislah itu makanan adenya cm sisa nasi lembek aja, ternyata pas ade bangun ditawarin makaroni mau aja hahahaha.
Jadi request menunya sop makaroni mangkuk besar.

Lalu datanglah cemilan makaroni saus sosis gt deh, langsung deh kakang mangap2 ade juga. Lucu deh malah adenya nyuapin kakang dari dalem crib.

IMG_6177-1.PNG

Akur terus selamanya ya boys 😘😘😘
I love you to the moon and back!!!